Jadi Solusi Olahraga Saat Musim Hujan, Begini Tips Berlari di Atas Treadmill Bagi Pemula, Apa Saja?

Minggu, 22 Mei 2022 | 10:02
freepik

Berlari di treadmill.

WIKEN.ID -Rutin berolahraga bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran bagi tubuh.

Pada masa pandemi Covid-19 ini olahraga yang sering dijalani banyak orang adalah berlari.

Olahraga berlari digemari banyak kalangan karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Selain berlari di luar ruangan, ternyata berlari di atas treadmill juga sangat menarik untuk dilakukan.

Baca Juga: Banyak Orang Tak Sadar, Berikut Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Olahraga Berlari, Apa Saja?

Hal itu sangat berguna saat cuaca di luar sedang musim hujan.

Selain itu, berlari di atas treadmill juga dapat dilakukan ketika kita sedang menjalani karantina di musim pandemi Covid-19.

Berlari di luar ruangan dan di atas treadmill jelas berbeda.

Tips dan trik diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan alat ini.

Baca Juga: Ramalan Gisel Hari Ini: Saat yang Sempurna Bagi Scoorpio Untuk Menghabiskan Saat-saat Tenang Bersama Pasangan!

Itu karena lari treadmill tidak memiliki hambatan angin, medan yang bervariasi, dan hentakan di permukaan kaku yang memperkuat tulang.

Lari di treadmill menawarkan beberapa hal yang tidak dimiliki lari di luar ruangan.

Berlari di treadmill menawarkan kemampuan untuk mengubah gradien sesuka kita, menyerap gaya reaksi tanah sehingga meminimalkan benturan sendi, dan berlari kapan pun tanpa perlu takut keluar rumah.

Berlari di atas treadmill sangat bagus untuk pelari pemula karena kita dapat mengontrol kecepatan dan medan kita.

Baca Juga: Modal Masukan Garam ke Mesin Cuci, Ibu Rumah Tangga Ini Dibikin Syok dengan Hasilnya

Ada baiknya untuk mulai berjalan sebelum kita mulai berlari, secara bertahap membangun interval lari pendek (seperti berlari selama 30 detik, berjalan selama satu menit), kemudian menambah waktu lari dan mengurangi waktu berjalan.

Pelari pemula harus melakukan 3 sesi treadmill 30 menit seminggu. Setelah beberapa minggu, tambahkan satu hari lagi lari treadmill, dan seterusnya.

“Treadmill mengunci kita dengan kecepatan dan kemiringan yang tepat kecuali Anda mengubahnya,” jelas co-coach The Mother Runners, Laura Norris.

“Lari di luar ruangan mencakup variasi ketinggian dan kecepatan (bahkan yang ringan). Dengan mengubah kemiringan dan kecepatan, Anda meniru lari di luar ruangan.

Ini tidak hanya mengurangi monoton, tetapi juga mengurangi risiko cedera berlebihan dari gerakan berulang.”

Baca Juga: Dianggap Bersih, Mandi di 3 Waktu Ini Malah Jadi Pemicu Kerusakan Jantung Hingga Kematian, Kok Bisa?

Memvariasikan kemiringan juga akan lebih mempersiapkan kita untuk berlari di luar ruangan, membakar lebih banyak kalori, dan meningkatkan kebugaran.

Studi menunjukkan bahwa mulai dari kemiringan 1% paling baik meniru lari di luar ruangan dengan mengimbangi hambatan angin yang bergerak.

Beberapa pelari ibu suka melakukan pemanasan dengan powerwalk di tanjakan super tinggi 10 atau 15, lalu menetap di tanjakan dasar 1% untuk membuatnya terasa lebih mudah.

Cara terbaik untuk berlari di atas treadmill adalah mencoba berlari seperti yang kita lakukan di luar:

- Berdiri tegak, lengan diayunkan ke samping, leher dan bahu rileks, dan tubuh dipusatkan di atas kaki.

Baca Juga: Dulu Atapnya Rubuh karena Dimakan Rayap, Inilah Rumah Mamah Dedeh yang Bernuansa Emas dan Terdapat Banyak Makanan

Lakukan pemeriksaan tubuh secara berkala selama berlari. (Ini adalah kebiasaan yang bagus untuk berlari di luar ruangan juga.)

- Tetap rileks sangat penting saat berlari di atas treadmill, kata terapis fisik dan pelatih lari Janet Yiu, karena ada bahaya yang pasti dari ketegangan kepala dan leher.

“Saat Anda melihat ke atas treadmill, tulang rusuk Anda mengarah ke atas. Ini membatasi mobilitas diafragma—otot yang memungkinkan Anda bernapas,” jelas Yiu.

"Ini dapat meningkatkan ketegangan leher dan bahu dan bahkan membatasi latihan lari Anda karena Anda tidak dapat mengatur napas."

- Cara terbaik untuk menghindari ini adalah dengan berlari seperti yang dilakukan di luar. Di luar kita memvariasikan pandangan dengan melihat ke depan dan ke bawah ke tanah.

Baca Juga: Sudah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad, Nagita Slavina Masih Kekeuh Panggil Yuni Shara dengan Sebutan Ini

Lakukan ini dengan mengarahkan mata ke atas dan ke bawah layar. “Ini membantu menghindari ketegangan diafragma dan mengacaukan pernapasan Anda,” kata Yiu.

- Tahan keinginan untuk bersandar ke samping dan pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Memulai dan menghentikan treadmill secara tiba-tiba meningkatkan risiko cedera. (*)

Editor : Hafidh