Jadi Momen Hangat, 4 Tips Asik Buka Puasa Sederhana Bersama dengan Keluarga

Jumat, 29 April 2022 | 20:45
SHUTTERSTOCK/Odua Images

Ilustrasi berbuka puasa bersama keluarga

WIKEN.ID - Bulan Ramadhan dikenal dengan ciri khas yang selalu dilakukan antara lain seperti ngabuburit, serta iftar atau buka bersama (bukber).

Tak hanya itu saja, biasanya bulan Ramadhan menjadi waktu yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga serta kerabat terdekat demi mempererat tali silaturahmi jelang hari raya.

Maka dari itu, saat berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk bersama keluarga dan kerabat dekat.

Untuk menikmati buka bersama tak harus di restoran ataupun kafe, cukup di rumah saja untuk menyantap sajian berbuka sudah terasa nikmat.

Namun, sebagai pemilik rumah harus menyiapkan menu berbuka, aktivitas pelengkan, dan juga membangun ambiance khas yang nantinya dapat membuat acara buka puasa bersama di rumah jadi semakin seru dan spesial.

Melansir dari Parapuan.co, simak tips berikut ini yang bisa kamu coba lakukan ketika berbuka puasa di rumah.

1. Persiapkan agenda sejak awal

Acara buka puasa bersama membutuhkan persiapan khusus walaupun hanya dilakukan di rumah saja.

Beberapa hal perlu kamu perhatikan, mulai dari kebersihan rumah, siapa saja tamu yang diundang, jumlah perlengkapan makan yang dibutuhkan, hingga peralatan rumah tangga seperti kursi dan meja untuk sesi iftar.

Tak hanya itu saja, sangat disarankan untuk membagikan agenda buka puasa bersama beberapa hari sebelumnya agar para tamu dapat meluangkan waktu sejak awal.

Tips tambahan, pastikan juga apakah para tamu membawa kendaraan pribadi agar kamu dapat mempersiapkan area parkir dalam rumah atau memberikan rekomendasi area parkir terdekat.

Persiapan yang baik tentu menambah kenyamanan sesi buka puasa bersama bagi para tamu dan tuan rumah.

2. Warnai iftar dengan konsep spesial

Agar sesi makan bersama jadi lebih unik, kamu bisa menambah kejutan dengan mengusung dresscode khusus bagi para tamu, menambahkan dekorasi khas Ramadhan, serta menyajikan kudapan berbuka dengan gaya bersantap ala bancakan atau liwetan.

Kemudian kamu juga bisa menggunakan tema potluck, di mana setiap tamu dapat membawa sajian berbuka untuk disantap bersama.

Selain membuat sesi buka puasa bersama menjadi tidak biasa dan penuh kejutan, kedua konsep ini juga tentu semakin merekatkan tali silaturahmi di bulan Ramadhan.

3. Sajikan menu berbuka yang praktis dan variatif

Sebagai agenda utama dari acara buka puasa bersama, makanan yang disajikan bagi para tamu tentu harus dipersiapkan dengan baik.

Salah satu tips sederhana yang bisa dilakukan adalah mengombinasikan kudapan manis dan asin sebagai menu berbuka agar selalu ada pilihan alternatif bagi para tamu.

Supaya makin semarak, kamu juga bisa melengkapi variasi kudapan dengan menu vegetarian, serta makanan khas negara tertentu.

Contohnya seperti western food yang terkenal praktis dan mengenyangkan.

4. Padukan dengan aktivitas bersama yang menambah kedekatan

Di tengah berbagai kesibukan, waktu berkumpul pada sesi buka puasa bersama dengan sahabat atau kerabat menjadi momen penting yang harus dimanfaatkan dengan maksimal.

Selain agenda iftar, kamu dapat mempersiapkan beberapa kegiatan bersama yang menambah keseruan dan kekompakan.

Misalnya bermain game online yang sedang populer.

Kamu juga bisa membawa kembali board game lawas, seperti ular tangga atau monopoli yang tak kalah seru untuk dimainkan bersama.

Kamu juga bisa menambah sesi ibadah bersama dan mendengarkan kultum sebelum berbuka sebagai agenda untuk menambah kehangatan saat acara.

(*)

Baca Juga: Tetap Aktif Saat Puasa dengan Buat Hidangan Berbuka yang Lezat, Ternyata Begini Cara Buat Bakwan Jagung Tetap Renyah

Baca Juga: Tetap Olahraga Meski Sedang Puasa, Ternyata Berlari Memiliki Segudang Manfaat Lho, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Kematian dari Penyakit Ini!

Baca Juga: Tetap Aktif Saat Puasa, Para Orang Tua Bisa Lakukan 4 Kegiatan Asyik Ini Agar Si Kecil Kuat Puasa Sampai Adzan Maghrib!

Editor : Amel

Sumber : Parapuan.co

Baca Lainnya