Tetap Aktif saat Pausa, Fakta Minum Air Kelapa untuk Berbuka

Selasa, 19 April 2022 | 14:07

Air Kelapa

WIKEN.ID -Bulan ramadhankini jadi yang paling dinanti umat muslim.

Dalam kondisi apapun, kita dituntut untuk tetap aktif saat puasa.

Ada banyak menu takjil untuk buka puasa yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

Namun salah satu menu yang jadi favorit adalahair kelapa.

Ya, air kelapa, apalagi jika disajikan dingin atau es kelapa muda.

Dibalikkesegaran air kelapa, ternyata ada manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi orang yang sedang berpuasa.

Saat berbuka puasa, air kelapa bisa mengisi peran memulihkan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Dijelaskan dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, spesialis gizi klinis, kandungan cairan yang tinggi pada air kelapa dapat memberikan cairan yang cukup untuk tubuh saat sahur dan berbuka puasa.

“Air kelapa kaya akan potasium, potasium dan magnesium, serta serat yang tinggi. Jadi kalau kita konsumsi, banyak sekali manfaatnya.” dijelaskan di Pati pada lamannbcnews.my.id(2/4/2022).

Kandungan serat yang tinggi dalam air kelapa juga diketahui dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tidak turun.

Oleh karena itu, air kelapa menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa bagi yang mencari minuman segar dan sehat.

Lantas apa saja khasiat yang akan di dapat dari minum air kelapa saat berbuka puasa?

Baca Juga: Jadi Andalan Saat Berbuka Puasa, Ternyata Inilah Cara Menghangatkan Kolak agar Tidak Basi dan Tidak Lembek

Dilansir daribbcgoodfood.com, berikut manfaat yang bisa didapat dari minum air kepala muda:

1. Sumber mineral alami

Air kelapa adalah sumber mineral alami, termasuk kalium, magnesium, kalsium, dan natrium.

Banyak dari kita tidak mendapatkan cukup mineral elektrolit penting ini.

Padahal sumber mineral tersebut memainkan peran kunci di seluruh tubuh, termasuk untuk kesehatan jantung dan fungsi rangka dan otot.

Faktanya, beberapa orang mengklaim air kelapa setara dengan keseimbangan elektrolit yang ditemukan di banyak minuman isotonik.

Ada banyak makanan kaya potasium lain yang mungkin lebih murah dan lebih banyak bersumber secara lokal daripada air kelapa.

2. Mungkin memiliki sifat antioksidan

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa mengandung senyawa yang memiliki efek antioksidan pelindung.

Dua dari fitonutrien yang dikenal dalam air kelapa yang memiliki efek ini adalah asam shikimat dan asam caffeic, dengan manfaat dalam penelitian pada hewan mulai dari penurunan penanda kolesterol hingga peningkatan kesehatan hati.

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian pada manusia untuk mereplikasi temuan ini, jadi terlalu dini untuk mengatakan apakah manfaat yang sama dapat dinikmati.

Baca Juga: Tetap Aktif saat Puasa, Makan 4 Buah Ini saat Sahut Bikin Kuat Puasa Seharian

3. Membantu mengontrol kadar gula darah

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi efek merusak dari stres oksidatif yang terkait dengan kondisi seperti diabetes.

Menjadi sumber magnesium juga dapat berkontribusi pada manfaat air kelapa, karena magnesium membantu mengatur kadar gula darah, terutama di antara mereka yang menderita diabetes.

Meskipun penelitian pada hewan tampak menggembirakan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efek ini pada manusia.

4. Membantu mencegah batu ginjal

Asupan cairan yang cukup penting untuk menghindari pembentukan batu ginjal.

Studi menunjukkan bahwa minum air kelapa tidak hanya mengurangi jumlah batu, tetapi juga mencegahnya menempel pada ginjal dan saluran kemih.

5. Dapat mendukung kinerja atletik

Telah disarankan bahwa mengkonsumsi air kelapa dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja atletik.

Ini karena mengandung karbohidrat dalam bentuk glukosa (gula sederhana) yang dikombinasikan dengan mineral elektrolit natrium dan kalium – dua komponen utama yang juga ditemukan dalam minuman olahraga komersial.

Satu studi menemukan bahwa minum air kelapa sebelum berolahraga meningkatkan kapasitas untuk berolahraga di lingkungan bersuhu tinggi.

Studi lain menemukan bahwa air kelapa yang diminum setelah berolahraga membantu rehidrasi dengan cara yang mirip dengan minuman olahraga karbohidrat-elektrolit, tetapi tidak memiliki dampak signifikan pada kinerja olahraga.

Sebagai sumber elektrolit yang baik, air kelapa dapat menjadi minuman yang bermanfaat setelah berolahraga; namun, mengingat penelitian hingga saat ini tidak konsisten, sebagian besar olahragawan rekreasi cenderung memperoleh manfaat sebanyak mungkin dari air biasa.

Studi lebih terkontrol yang melibatkan manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi banyak dari sifat-sifat ini.

Tetapi jika kita ingin meningkatkan hidrasi sambil menambahkan sumber potasium tambahan ke dalam makanan, air kelapa mungkin merupakan tambahan yang berguna.(*)

Baca Juga: Biar Tetap Aktif Saat Puasa, Hindari Berbagai Jenis Menu Ini Saat Makan Sahur Yuk

Editor : Dewa

Sumber : GridHEALTH

Baca Lainnya