Follow Us

Merawat hewan peliharaan, Kucing Juga Butuh Minum

Alfa - Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:33
Saat merawat hewan peliharaan, salah satu yang diperhatikan adalah masalah kesehatannya termasuk asupan makanan dan minuman.
WIKEN.ID

Saat merawat hewan peliharaan, salah satu yang diperhatikan adalah masalah kesehatannya termasuk asupan makanan dan minuman.

WIKEN.ID - Merawat hewan peliharaan memang menyenangkan.

Apalagi jika anda memang penyuka binatang, Merawat hewan peliharaan sudah layaknya seperti memiliki teman.

Saat merawat hewan peliharaan, salah satu yang diperhatikan adalah masalah kesehatannya termasuk asupan makanan dan minuman.

Namun, tidak sedikit pemilik kucing yang gemar merawat hewan peliharaan tahu seberapa banyak air yang perlu diminum oleh anabul kesayangan mereka. Lantas, seberapa banyak air yang harus diminum oleh anjing dan kucing setiap hari?Air minum merupakan kebutuhan esensial bagi semua makhluk hidup, termasuk kucing . Air tidak hanya mencegahnya kucing dari dehidrasi, tapi juga menjaga kesehatannya. Kucing dapat bertahan hidup dengan jumlah air yang lebih sedikit daripada hewan lainnya serta memiliki dorongan rasa haus yang rendah sehingga tidak sering untuk minum.Meski demikian, bukan berarti tidak perlu memperhatikan dan memberikan air pada kucing peliharaan. Bagaimana pun air merupakan kebutuhan penting bagi kucing. Dikutip dari Kompas dan disadur dari Hill’s Pet, , kekurangan cairan pada kucing bisa menyebabkannya dehidrasi dan mengalami sejumlah masalah kesehatan. Perlu diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan masalah kandung kemih dan penyakit saluran kemih, termasuk penyakit ginjal dan penyakit saluran kemih bagian bawah. Selain itu, peradangan kandung kemih atau sistitis, tumor, kandung kemih pecah, dan batu. Batu kandung kemih merupakan kondisi yang mengancam jiwa karena menyebabkan penyumbatan uretra.Ada beberapa cara mengetahui apakah kucing peliharaan mengalami dehidrasi atau tidak, salah satunya mencubit kulitnya sembari menariknya dengan lembut ke atas. Apabila kulitnya tidak kembali ke posisi normalnya dengan segera, kemungkinan sahabat bulu mengalami dehidrasi. Kemudian, perhatikan pula tanda-tanda kucing seperti terengah-engah, depresi, kurang nafsu makan, mata cekung, mulut kering, lesu meningkat, serta peningkatan detak jantung.Jumlah air yang dikonsumsi kucing peliharan bergantung pada ukuran, tingkat aktivitas, kesehatan, dan dietnya. Namun, umumnya jumlah air yang dibutuhkan kucing berada pada kisaran 147-295 mililiter per hari.Dikutip dari akun Instagram @dokterhewan, dalam sehari, mereka perlu minum sekitar 50-100 mililiter air per kilogram berat badannya. Jika anjing atau kucingmu kurang minum air dari jumlah yang dianjurkan, sebaiknya berikan asupan air lebih banyak melalui makanan maupun asupan nutrisi yang lebih banyak mengandung air.Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat merawat hewan peliharaan agar bisa mendorong kucing rajin minum atau minum lebih banyak seperti lokasi tempat minum. Taruh beberapa mangkuk air di sekitar rumah dan area dengan lalu lintas manusia yang rendah. Jangan taruh mangkuk air di dekat kotak pasir karena dapat membuat sahabat bulu merasa tidak nyaman serta berhenti makan, minum, dan menggunakan kotak pasir.Beberapa kucing sangat memperhatikan jenis air yang diminumnya, Jika kucing peliharaan suka air dingin, letakkan beberapa es batu atau tuangkan air es ke dalam mangkuknya. Namun, apabila kucing tidak suka rasa airnya dan menggunakan mangkuk plastik, cobalah mengganti material mangkuk ke logam, keramik, atau kaca. Selain itu, ganti air minum kucing setiap hari agar airnya tidak terasa berbau. (*)

Baca Juga: Usai Puas Wisata Malam Solo, Saatnya Coba Kuliner di Pagi Hari, Berikut 5 Warung Soto yang Jadi Langganan Presiden Jokowi dan Pejabat!

Baca Juga: Merawat Hewan Peliharaan, Inilah 5 Alasan Kucing Ogah Makan Makanan Keringnya Lagi, Apa Saja?

Editor : Alfa

Baca Lainnya

Latest