Follow Us

Gempa Mengguncang Nias di Hari Kedua Lebaran2021, Ini Kata BNPB

Alfa - Jumat, 14 Mei 2021 | 20:47
Ilustrasi gempa.
outlookindia.com

Ilustrasi gempa.

WIKEN.ID - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,2 terjadi di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021) atau tepat di hari kedua lebaran 2021 pada pukul 13.33 WIB.

Berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada 0.10 LU dan 96.53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada 0.10 LU dan 96.53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).Apabila ditarik garis lurus, jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan, dan 1.339 km Barat Laut Jakarta.

Baca Juga: Dulu Belasan Tahun Rela Dimadu oleh Kiwil, Meggy Wulandari Tahan Banting Saat Sang Suami Beri Perkataan Pedas IniSementara itu dikutip dari kompas.com, Hiramo melalui keterangan tertulis dari Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, mengatakan jika “Masyarakat panik dan keluar rumah.Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa dan kerugian materiil.Gempa di Nias Barat ini juga dirasakan di beberapa tempat.Warga di sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara merasakan guncangan kuat gempa bermagnitudo 7,2 yang terjadi pada Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB.

Baca Juga: Momen Lebaran 2021, Tampilan Bunga Citra Lestari Kenakan Kerudung Jadi Sorotan

Parameter awal gempa menyebutkan pusat kedalaman berada pada 19 km. Dikutip dari Kompas.com, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menuturkan, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan dari BPBD daerah bahwa masyarakat di beberapa daerah merasakan guncangan gempa tersebut. "Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, mencatat guncangan 2–3 detik yang dirasakan warga Desa Tuapaja, Kecamatan Sipora Utara," kata Raditya dalam rilisnya yang diterima.Sementara itu, warga di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, merasakan guncangan gempa selama 4-5 detik.

Baca Juga: Pantes Rezekinya Mengalir Deras, Melaney Ricardo Pamer Dapet THR Lebaran 2021 dari Raffi Ahmad, Berisi Dua Pasang Sepatu Balenciaga: Dia Enggak Pernah Pelit!BPBD setempat mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi gempa susulan. BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai menginformasikan sejauh ini tidak ada informasi kerusakan akibat gempa. Guncangan juga dirasakan oleh warga di Provinsi Sumatera Utara. BPBD Kabupaten Nias Barat melaporkan warganya merasakan guncangan kuat saat gempa terjadi.

Editor : Wiken

Latest