Follow Us

COVID-19 Menyebar dengan Cepat dan Luas, Bagaimana Perkembangan Vaksinnya?

Gita Laras Widyaningrum - Rabu, 15 April 2020 | 10:10
Virus corona.
via PCMA

Virus corona.

WIKEN.ID - Pada 11 April, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mempublikasikan daftar terbaru mengenai upaya pembuatan vaksin, menunjukkan sejumlah besar perusahaan yang berusaha keras melawan virus corona.

Mengingat virus semakin berkembang, menginfeksi lebih dari 1,9 juta orang dan menewaskan lebih dari 110 ribu orang di seluruh dunia, para peneliti telah berlomba-lomba untuk mengembangkan vaksin.

Menurut WHO, setidaknya 70 vaksin potensial virus corona sedang dikembangkan, tiga di antaranya sedang pada tahap uji klinis.

Upaya-upaya penelitian tersebut melibatkan berbagai organisasi, mulai dari perusahaan farmasi raksasa, perusahaan kecil, pusat akademik, hingga kelompok nirlaba.

Baca Juga: Para Ilmuwan Ini Ubah Virus Corona Menjadi Instrumen Musik Indah

Mengembangkan vaksin baru biasanya membutuhkan biaya mahal, serta proses yang rumit, dan panjang. Perlu ratusan juta dollar serta waktu bertahun-tahun untuk menguji apakah vaksin tersebut aman dan efektif.

Meskipun pandemi saat ini merupakan wabah corona ketiga pada abad ke-21--sebelumnya SARS dan MERS--tapi masih belum ada vaksin yang bisa melawan virus tersebut. Para ahli kesehatan dan farmasi berharap bisa memotong waktu pembuatan mengingat keparahan situasi yang terjadi saat ini.

Halaman selanjutnya>>>>

Source : Science Alert

Editor : Gita Laras Widyaningrum

Latest