Tips Berlari Sehat saat Ikut Lomba OfflineLari Marathon Semua Kategori

Jumat, 08 Juli 2022 | 12:05
adityabirlacapital.

Sebelum berlari sehat, biasakan melakukan pemanasan sebelum mulai berlatih dan pendinginan setelah selesai masuk finish selesai berlari sehat

WIKEN.ID - Banyak manfaat saat melakukan hobi berlari sehat.

Orang yang tak sering melakukan olah raga fisik seperti berlari sehat rentan terhadap penyakit jantung koroner.

Sebaliknya, olahraga berarti jantung yang lebih sehat sebab mengurangi beberapa risiko kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi.

Dengan menjadikan fisik aktif, mental Anda menjadi kuat dan menjadi bantalan untuk menghadapi stres, kecemasan, dan bahkan depresi.

Hobimelalkukan olahraga teratur seperti berlari sehat membuat kamu awet muda, aktif, dan mengurangi ketergantungan dengan orang lain.

Olahraga secara teratur seperti berlari sehat dapat membantu kamu mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Saat melakukan berlari sehat akan membantu menguatkan tulang dan otot. , sangat bagus dalam mempertahankan massa tulang dan melindungi tubuh dari kerapuhan tulang.

Hobi berlari sehat termasuk dalam kategori olahraga kardiovaskular yang sempurna.

Di mana ketika malakukan olahraga berlari sehat, seseorang dapat membakar banyak lemak, paru-paru dipaksa menghirup banyak oksigen, otot-otot jantung terlatih, termasuk bisa meredakan stres yang dialami.

Kamu sering disarankan berolahraga, terutama berlari sehat untuk mengikis lemak di perut kamu.

Hobi Berlari sehat merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan dan murah meriah karena tidak membutuhkan peralatan apapun selain sepatu olahraga.

Hobi berlari sehat dapat dilakukan di mana saja.

Bahkan hobi berlari sehat merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

Olahraga berlari sehat efektif dalam membakar lemak sekaligus melatih jantung.

Karenanya, banyak orang memilih olahraga berlari sehat untuk membantu menurunkan berat badan.

Kini acara ajang marathon sudah mulai banyak digelar secara offline di Indonesia. Memang selama pandemi kegiatan lomba lari diselenggarakan secara online.

Buat kamu yang ingin mengikuti acara marathon baik ikut kategori lari jarak 5K, 10K, Half Marathon maupun Full Marathon harus tetap mematuhi tip sederhana ini agar kamu tetap sehat baik saat berlari maupun usai berlari.

Meski lari adalah salah satu jenis olahraga termudah dan paling sederhana, ada persiapan yang harus dilakukan dengan matang. Kata dr. Sophia Hage, yang sedang mendalami spesialisasi kedokteran olahraga yzng dikutip dzri kompzs.com.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengikuti lomba lari, yaitu:

Pertama Lakukan emanasan dan pendinginan

Sebelum berlari sehat, biasakan melakukan pemanasan sebelum mulai berlatih dan pendinginan setelah selesai masuk finish.

Pemanasan yang mencakup peregangan otot dimaksudkan untuk meningkatkan suhu tubuh serta otot-otot, tendon dan ligamen, agar jaringan-jaringan lunak ini lentur/ tidak kaku dan siap untuk berfungsi maksimal.

Selain itu dimaksudkan agar cairan sendi dikeluarkan lebih banyak sehingga fungsinya sebagai pelumas sendi dapat lebih baik. Demikian juga pendinginan yang juga mencakup peregangan otot, dilakukan agar otot-otot yang telah bekerja berat dilemaskan kembali.

Kedua Gunakan pakaian yang sesuai.

Baju olahraga yang dipakai tidak boleh terlalu longgar atau terlalu sempit agar olahraga dapat dilakukan dengan nyaman.

Jangan memakai pakaian olahraga dari bahan yang dapat menahan suhu tubuh, sehingga menghasilkan keringat yang berlebihan. Sebaiknya gunakan pakaian yang terbuat dari katun dan berwarna cerah.

Ketiga memakai Pakai sepatu yang sesuai

Pakai sepatu yang khusus untuk berlari sehat dan ukuran sepatu harus pas sesudah memakai kaos kaki, jangan terlalu longgar atau sempit.

Pilih sepatu yang solnya cukup tebal dan tidak terlalu keras agar fungsinya sebagai shock absorber (peredam getar) sewaktu melompat atau lari dapat terjadi dengan baik. Ganti sepatu bila sol sudah aus atau miring.

Kaos kaki cukup tebal agar dapat membantu berfungsi sebagai peredam getar dan mencegah lecet.Keempat perhatikan asupan makanan

Makan karbohidrat dalam jumlah banyak 7 hari sebelum perlombaan, tetapi hindari makan besar 1 – 2 jam sebelum perlombaan.

Kelima, Tetap minum Berhati-hati saat olahraga dilakukan saat cuaca panas (siang hari). Bila panas yang dihasilkan tubuh tidak dapat dikeluarkan dengan baik dapat menyebabkan sengatan panas (heat stroke).

Minum air yang cukup sebelum, selama dan sesudah olahraga pada cuaca panas. Satu gelas 1 jam dan 10 menit sebelum start, juga setiap 10 - 15 menit selama melaksanakan olahraga.

Air yang diminum cukup dingin, boleh ditambah gula tetapi tidak terlalu manis dan tidak perlu ditambah garam. Air yang terlalu manis tidak cepat meninggalkan lambung, sehingga ulu hati terasa penuh dan memberi perasaan tidak enak.

Keenam Tetap Hati-hati dan sadar alarm tubuh saat berlari

Jika merasa pusing, sakit kepala, mual, kulit terasa dingin dan disorientasi segera berhenti. Segera cari tempat teduh untuk beristirahat dan minum.

Hati-hati bila melakukan olahraga dilapangan yang permukaannya tidak rata, becek atau licin, karena mudah terjadi sprain/strain (keseleo) atau terjadi kram otot.

Selamat mencoba tip berlari sehat ini. (*)

Baca Juga: Pelari Harus Tahu, Berikut Beberapa Hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Olahraga Berlari, Apa Saja Nih?

Baca Juga: Selalu Awali dengan Berjalan Lambat, Berikut Beberapa Tips Buat Kamu yang Lagi Mulai Olahraga Berlari!

Editor : Alfa

Baca Lainnya