Banyak Orang Tak Sadar, Berikut Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Olahraga Berlari, Apa Saja?

Minggu, 22 Mei 2022 | 09:33
(Pexels/Daniel Reche)

Ilustrasi Berlari.

WIKEN.ID -Rutin berolahraga bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran bagi tubuh.

Pada masa pandemi Covid-19 ini olahraga yang sering dijalani banyak orang adalah berlari.

Olahraga berlari digemari banyak kalangan karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Meski terlihat mudah dilakukan, ternyata masih banyak lho yang salah kaprah saat berlari.

Baca Juga: Ramalan Gisel Hari Ini: Saat yang Sempurna Bagi Scoorpio Untuk Menghabiskan Saat-saat Tenang Bersama Pasangan!

Bahkan, kesalahan dalam berlari bisa mengakibatkan pelari terjatuh dan cedera.

Jadi sebaiknya sebelum berlari, diperhatikan berbagai kesalahan yang sering dilakukan pelari.

Lalu apa saja sih kesalahan ysng biasa dilakukan saat berlari?

1. Overstriding

Dalam hal bentuk lari, langkah sangat penting untuk diperhatikan.

Baca Juga: Modal Masukan Garam ke Mesin Cuci, Ibu Rumah Tangga Ini Dibikin Syok dengan Hasilnya

Langkah yang tepat adalah jarak horizontal antara kaki/pergelangan kaki dan pusat massa (panggul) saat kaki menyentuh tanah, menurut Michael Conlon, ahli terapi fisik dan pemilik Finish Line Physical Therapy.

“Sederhananya, mendarat di depan pusat massa seseorang alih-alih langsung di bawah adalah definisi overstriding,” katanya.

Overstriding menyebabkan peningkatan waktu kontak dan peningkatan kekuatan putus, yang keduanya berkontribusi pada ekonomi berjalan yang buruk dan peningkatan 'beban' (tekanan pada sendi kita) terutama lutut.

2. Terlalu banyak dan terlalu cepat

Ketika merasakan motivasi baru dengan tanggal perlombaan yang akan datang atau dengan dapat kembali berlari di luar ruangan, kita pasti ingin mulai berlari.

Baca Juga: Dianggap Bersih, Mandi di 3 Waktu Ini Malah Jadi Pemicu Kerusakan Jantung Hingga Kematian, Kok Bisa?

Tetapi “otot, sendi, dan ligamen Anda perlu waktu untuk sesuaikan dengan beban,” jelas Dr. Lev Kalika, pemilik New York Dynamic Neuromuscular Rehabilitation & Physical Therapy di NYC.

Timothy Lyman, Direktur Program Pelatihan untuk Fleet Feet Pittsburgh, setuju: "Lari itu menggembirakan dan memberdayakan, tetapi juga bisa melelahkan dan menguras tenaga."

Terlalu antusias berlari dapat menyebabkan cedera yang akan berdampak dalam jangka panjang.

3. Jadwalkan hari istirahat

Ambil setidaknya satu hari istirahat penuh per minggu, tetapi bukan berarti bermalas-malasan,

Baca Juga: Dulu Atapnya Rubuh karena Dimakan Rayap, Inilah Rumah Mamah Dedeh yang Bernuansa Emas dan Terdapat Banyak Makanan

Pada hari-hari yang bukan hari lari, pertimbangkan aktivitas latihan silang seperti berenang dan bersepeda untuk memberi tubuh stirahat dari aktivitas berintensitas lebih tinggi dan berdampak lebih tinggi seperti berlari.

"Sangat penting untuk memberi tubuh kesempatan untuk bangkit kembali dari aktivitas berat yang tidak biasa dilakukan, jadi waktu istirahat dan kualitas tidur sangat penting," kata Lyman.

4. Berlari dengan cara menyeret kaki

“[Kesalahan] paling umum yang saya lihat sebagai ahli terapi fisik yang bekerja dengan pelari adalah banyak pelari tidak cukup mengangkat kakinya,” kata Ben Shook, ahli terapi fisik dan pendiri Axiom Phys. ioterapi.

5. Tidak mengambil langkah yang cukup per menit

Irama rendah adalah kesalahan umum lainnya yang mungkin dilakukan pelari. “Irama adalah jumlah langkah yang dilakukan seseorang per menit,” jelas Conlon.

Baca Juga: Sudah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad, Nagita Slavina Masih Kekeuh Panggil Yuni Shara dengan Sebutan Ini

“Irama rendah meningkatkan beban sendi, dan biasanya dikaitkan dengan serangan penyembuhan, peningkatan waktu kontak dan/atau overstriding.” Bagi kebanyakan pelari, sekitar 90 langkah per menit adalah tujuan yang optimal.

6. Menggunakan sepatu lari yang salah

“Kesalahan umum para pelari adalah mengenakan sepatu dengan ukuran yang salah atau sepatu yang sudah usang,” kata Lyma.

Ketika sepatu kets telah berputar untuk sementara waktu, lengkungannya mungkin aus, bantalan jari kaki dan tumit mungkin cekung ke bawah, yang mengarah ke alas yang kurang menopang.

Hal ini dapat menyebabkan shin splints dan nyeri pinggul, dan juga dapat menyebabkan pergelangan kaki terguling atau terpelintir, nyeri lutut, dan nyeri punggung karena hentakan berlebih karena berlari di atas fondasi yang aus.

Sepatu yang salah ukuran juga dapat menyebabkan tubuhtidak berfungsi dengan baik. Jika sepatu terlalu kecil, jari-jari kaki akan terjepit dan ini dapat menyebabkan jari kaki terjepit dan bahkan menghitamkan kuku kaki.

Jika sepatu terlalu besar, kita akan melihat tumit tenggelam di dalam sepatu dan ini dapat menyebabkan cedera pergelangan kaki dan lutut. (*)

Editor : Hafidh