Viral Video Penampakan Pendaki Gunung Lawu Membludak Demi Bisa Rayakan HUT RI ke-75, Fiersa Besari Langsung Beri Sindiran Menohok: Maksa!

Senin, 17 Agustus 2020 | 19:10
Instagram/Fiersabesari & pendakilawas

Viral Video Penampakan Pendaki Gunung Lawu Membludak Demi Bisa Rayakan HUT RI ke-75, Fiersa Besari Langsung Beri Sindiran Menohok: Maksa!

Viral video penampakan pendaki Gunung Lawu yang membludak demi bisa rayakan upacara HUT RI ke-75, Fiersa Besari langsung beri sindiran yang menohok.

WIKEN.ID -Mendaki gunung di tengah pandemi Covid-19 sepertinya jadi pilihan banyak masyarakat.

Selain melepas penat di rumah saja, muncak juga seperti mencari udara segar di saat semua orang mesti menggunakan masker.

Tapi, yang terjadi di Gunung Lawu tak seindah yang Anda bayangkan.

Bukannya menemukan kesunyian di atas gunung, para pendaki malah dikejutkan dengan berjubelnya antrian jalur pendakian.

Baca Juga: Rizky Billar Dibuat Mati Kutu Saat Tabiat Aslinya Dikuliti Habis-habisan oleh Dinda Hauw di Depan Lesty Kejora: Kamu Sabar-sabar Ya!

Video yang memperlihatkan berjubelnya para pendaki yang akan masuk ke Gunung Lawu mendadak viral di media sosial.

Lewat video yang dibagikan oleh akun Twitter @sociogeeks_ tampak para pendaki membanjiri pintu masuk pendakian Gunung Lawu jalur Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur pada Minggu (16/6/2020).

Tampak jelas mereka tidak menjaga jarak dan berdesak-desakan satu sama lainnya dan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Presiden Indonesia Ini Ternyata Pernah jadi Paskibraka Saat Upacara di Istana Negara, Siapa Dia?

Dilansir dari Tribun Seleb, Ketua Paguyuban Giri Lawu (PGL), Miko Wicaksono memberikan klarifikasinya soal video tersebut.

Dirinya membenarkan jika video tersebut benar dan terjadi di pintu masuk Gunung Lawu, Cemoro Sewu, Magetan.

"Benar video diambil di pintu masuk Cemoro Sewu (Minggu) pagi. Videonya dari unggahan teman di basecamp," ujar Miko.

Miko melaporkan, kondisi di kawasan tersebut masih ramai pengujung hingga Minggu malam.

Baca Juga: Kena Tipu, Nenek Penjual Jajanan Pasar Sentuh Hati Presiden Jokowi, Dapat Bantuan Langsung Diantar Ajudan ke Rumahnya

Sedangkan, jam registrasi yang dibuka sejak 08.00 pagi sudah ditutup pukul 17.00 WIB.

Ditanya soal berjubelnya para pendaki yang tidak menjaga jarak, Miko memberikan jawabannya.

Miko mengaku, pihaknya kewalahan mengatur pendaki yang membludak.

Padahal, sebelumnya dari PGL sudah memberikan imbauan dan mensosialisasikan tentang protokol kesehatan lewat media sosial.

"Aturan protokol kesehatan, persyaratan naik dan sebagainya, dari pihak perhutani dan kami sudah sosialisasikan."

Baca Juga: Keterlaluan, Sedang Bawa Pasien Anak Kritis, Ambulans di Garut Malah Dihalangi Mobil Kijang, Pasien Meninggal

"Juga sudah menyiapkan tempat cuci tangan di pintu masuk Cemoro Sewu tapi ketika pendaki berdatangan kita kewalahan untuk mengatur."

"Kita hanya bisa mengimbau lewat pengeras suara, kita sudah berusaha untuk menertibkan," tegas Miko.

Miko juga menginformasikan, kuota 800 pendaki hari ini sudah penuh.

Terakhir, dirinya meminta para pendaki untuk menerapkan dan mentaati protokol kesehatan yang ada selama mendaki Gunung Lawu.

Baca Juga: Bukan Sekedar Permainan, Ternyata Inilah Makna Tersembunyi Lomba 17 Agustus, dari Makan Kerupuk Hingga Panjat Pinang

"Untuk para pendaki imbauannya tetap patuhi protokol kesehatan."

"Tetap safety, jaga kebersihan, patuhi apa yang sudah menjadi peraturan setiap basecamp," tandasnya.

Disisi lain, penulis sekaligus pemusik Indonesia, Fiersa Besari ikut memberikan komentarnya terkait video viral Gunung Lawu diserbu para pendaki, Minggu (16/8/20202) kemarin.

Menurut pria yang juga hobi naik turun gunung ini, para pendaki tidak perlu berdesak-desakan.

Baca Juga: Berbeda dengan Tahun Sebelumnya, Mendagri Malah Imbau Masyarakat agar Tak Gelar Lomba Ini karena Berpotensi Tularkan Covid-19

Apalagi memaksakan diri untuk bisa merayakan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia di puncak gunung.

"Enggak perlu memaksa desak-desakan. 17-an bisa di kota masing-masing. Selain membahayakan satu sama lain, juga membahayakan kelestarian alam."

"Kawan, bendera yang kau kibarkan di halaman rumahmu sudah jadi bukti rasa cinta pada negeri. Toh puncak gunung enggak akan ke mana Smiling face with smiling eyes," tulis Fiersa di akun Twitter pribadinya.

Baca Juga: Billy Syahputra Ceritakan Masa Lalunya Bersama Susan Sameh Hingga Sebut 'Legit', Amanda Manopo Tak Kuasa Menahan Amarah: Jangan Sentuh Aku

Fiersa kemudian membagikan pengalamannya selama ini.

"Share pengalaman, ya. Sudah dari 2014 lalu saya tidak mendaki gunung komersil untuk 17 Agustusan. Kalaupun harus ke alam, pilihannya gunung yang sepi (biasanya kurang terkenal), atau bumi perkemahan. Saya sendiri ke gunung nyari damai, bukan ramai. Tapi, ya tiap orang beda niatan

Saya sadar, sebagai pegiat alam bebas yang notabene bikin dokumenter naik gunung, memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan pegiat alam lainnya. Pengibaran bendera di gunung sebagai bentuk nasionalisme itu enggak salah kok ... kalau enggak beramai-ramai dan enggak pandemi :)

Tapi situasinya berbeda. Kita sedang diwajibkan untuk jaga jarak. Mau itu di gunung, di stasiun, di rumah Kang Somad, tetap harus mematuhi protokol yang berlaku. Ingat, merdeka enggak ada artinya kalau enggak disertai rasa tanggung jawab pada sesama dan lingkungan. Gitu ya. Mwah," ujar Fiersa. (*)

Baca Juga: Kedekatan dengan Lesty Kejora Dituding Pansos, Rizky Billar Tanggapi Santai, Raffi Ahmad: Kita Enggak Bisa Nutup Mulut Orang!

Editor : Agnes

Sumber : Twitter, tribun seleb

Baca Lainnya