Keterlaluan, Sedang Bawa Pasien Anak Kritis, Ambulans di Garut Malah Dihalangi Mobil Kijang, Pasien Meninggal

Senin, 17 Agustus 2020 | 14:30
Freepik

Ambulans Covid-19 berhenti beroperasi akibat tak ada BBM dan biaya insentif belum cair

WIKEN.ID - Sejatinya, ambulans salah satu kendaraan yang mendapatkan Prioritas.

Hal ini sesuai Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Nomor 22 tahun 2009.

Berikut adalah golongan yang mendapat prioritas di jalan raya.

Ini seperti yang tertulis di dalam pasal 134, pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan, sesuai dengan urutan.

Baca Juga: Berbeda dengan Tahun Sebelumnya, Mendagri Malah Imbau Masyarakat agar Tak Gelar Lomba Ini karena Berpotensi Tularkan Covid-19

Namun Tak semua paham hal ini krena ada kejadian yang tak pantas, mobil ambulans malah dihalangi.

Berdasarkan Unggahan status di akun Facebook bernama Fauzi, yang belakangan diketahui adalah seorang relawan pengawal ambulans, menjadi perbincangan hangat warganet.

Dalam statusnya, Fauzi menceritakan soal aksi seorang pengendara mobil Kijang yang diduga menghalangi secara sengaja ambulans yang dikawalnya dari Puskesmas Leles menuju RSUD dr Slamet, Garut.

Dalam statusnya, Fauzi menyebut kendaraan tersebut dengan sengaja malah mengajak balap ambulans yang dikawalnya sehingga ambulans tidak bisa menyalip kendaraan itu sampai beberapa kilometer.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Presiden Indonesia Ini Ternyata Pernah jadi Paskibraka Saat Upacara di Istana Negara, Siapa Dia?

Hingga pasien di dalam ambulans yang diketahui seorang anak yang kondisinya kritis karena pecah pembuluh darahnya meninggal dunia tidak lama setelah tiba di RSUD dr Slamet, Garut.

Muhammad Fauzi (20), pemilik akun Facebook yang pertama kali mengunggah kisah tersebut, dikutip dari Kompas.com kompas.com menceritakan, pada Jumat (14/8/2020), dia pulang dari Bandung menuju Garut menggunakan sepeda motor.

Baca Juga: Berkali-kali Gagal Berumah Tangga, Nia Daniaty Akui Sempat Perang Batin: Mencoba Kuat Tapi Enggak Bisa

Saat melintas di Leles, dirinya melihat ambulans dari Puskesmas Leles yang akan ke rumah sakit membawa pasien gawat darurat hingga Fauzi pun langsung mengawal kendaraan tersebut.

"Awalnya perjalanan normal, kendaraan lain memberi jalan ambulans," katanya. Namun, begitu sampai di kawasan Tutugan Leles, ada mobil Kijang yang menghalangi laju ambulans.

Fauzi pun meminta agar pengemudi ambulans tersebut memberi jalan dengan menepi sebentar.

Namun, pengemudinya tetap tidak mau memberi jalan.

"Dia keukeuh enggak mau ngasih jalan," katanya.

halaman Selanjutnya....

Editor : Alfa

Baca Lainnya