Kasus Pasien Positif Corona di Indonesia Bertambah, Perkuat Sistem Imunitas Tubuh dengan Konsumsi 2 Ini Untuk Tangkal Virus Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 | 19:20
Pexels

Ilustrasi virus corona dan para ilmuwan.

WIKEN.ID -Mewabahnya virus corona atau SARS-CoV-2, kini semakin meluas dan cukup mengkhawatirkan banyak orang.

Walaupun ada himbauan tetap di rumah dan hindari keramaian.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh guna menangkal virus corona.

Ahli virus atau disebut juga virologist, dr Mohammad indro Cahyono menyarankan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: 7 Fakta Ibu Suspect Corona yang Terpaksa Dijemput, Mulai dari Pasien Mengaku Sehat Hingga Berbohong Keberadaannya

Menurutnya hal itu merupakan satu di antara upaya untuk menangkal virus corona atau Covid-19 yang kini tengah mewabah.

Melansir tayangan YouTube tvOneNews (19/3/2020), dr Indro mulanya mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih.

Sebab ia mengatakan, bahwa virus corona ketika berada di luar tubuh sangat mudah untuk dihancurkan.

Dr Indro juga mengatakan tidak masalah jika sebagian dari kita tidak memiliki cairan pembersih tangan seperti hand sanitizer.

Baca Juga: Ganti Salat Jumat Menjadi Salat Zuhur, Imam Masjid Istiqlal Ceritakan Sejarah Rasulullah SAW Saat Adanya Wabah

Ia menyebutkan bahwa membersihkan tangan masih bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun.

"Tidak masalah hand sanitizer gak ada," katanya.

Bahkan ia menyebutkan cairan pembersih lantai, detergen, hingga cairan pencuci piring pun bisa digunakan untuk menghancurkan virus.

Sebab dalam cairan tersebut mengandung zat pelarut lemak yang bisa menghancurkan glikoprotein dan protein pada struktur tubuh virus.

Baca Juga: Ngeri! Aji Mumpung Ditengah Wabah Corona, Pabrik Masker ini Daur Ulang Masker Bekas, Terlihat Baru Setelah Disetrika, Dilipat, Lalu Dimasukkan Kotak

"kita masih punya sabun, kita masih punya pembersih lantai, pembersih pakaian, bahkan cairan untuk mencuci piring itu bisa dipakai," tegas dr Indro.

"Apapun cairan yang bisa dipakai untuk menghancurkan lemak, bisa dipakai untuk menghancurkan virus yang diluar tubuh," imbuhnya.

dr Indro mengatakan untuk virus yang terlanjut masuk ke dalam tubuh dapat ditangani oleh antibodi alami yang dimiliki oleh tubuh manusia.

"Sementara yang di dalam tubuh, akan bisa dihandle dengan antibodi,"

Baca Juga: Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Ketiga Pasien Pertama Kasus Corona di Indonesia Ceritakan Apa yang Dialaminya Selama Masa Perawatan: Kamu Enggak Takut Sama Aku?

"Di hari ke-7 (setelah terinfeksi) antibodi akan keluar untuk melawan apa pun yang masuk ke dalam tubuh kita," ungkapnya.

Menurutnya, antibodi di dalam tubuh manusia akan terus meningkat produksinya sejak hari ke-7 hingga hari ke-14 sejak tubuh terinfeksi.

"Dan produksi (antibodi) akan terus meningkat sampai hari ke-14," ujarnya.

Selama masa tersebut, kita bisa membantu meningkatkan produksi antibodi dengan mengonsumsi vitamin.

Baca Juga: Viral Video Anggota DPRD Blora Ngamuk Saat Hendak Dites Virus Corona, Bentak-bentak Petugas Dinas Kesehatan Hingga Sebut-sebut TKW: Kamu Pejabat Enggak?

Vitamin yang dikonsumsi untuk meningkatkan produksi antibodi pun tidak banyak.

dr Indro mengatakan cukup 2 jenis vitamin yang dikonsumsi, yakni vitamin E dan vitamin C.

Menurutnya dua vitamin itu sudah cukup untuk meningkatkan produksi antibodi untuk memerangi virus corona yang masuk ke dalam tubuh.

"Dan jika kita memberikan vitamin E dan vitamin C satu butir sehari, maka antibodi kita kan naik 2 sampai 3 kali lipat dari produksi antibodi yang biasanya," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Wabah Global Dalam Waktu Singkat, Pasien Pertama Covid-19 Akhirnya Ditemukan, Sudah Terinfeksi Satu Bulan Sebelum Disadari Dokter di Wuhan

Ia mengatakan, semakin banyak tubuh kita memproduksi antibodi, maka semakin cepat virus tersebut dilumpuhkan.

"Sehingga semakin banyak antibodi, semakin cepat diproduksi, maka virus akan semakin cepat disingkirkan dari dalam tubuh kita," terang dr Indro.

Dikatakan dr Indro, hal itu juga terjadi pada pasien nomor 1,2, dan 3 yang kini telah dinyatakan sembuh oleh Kemenkes.

"Itu yang terjadi pada pasien nomor 1, 2, dan 3, dan mungkin sekarang sedang terjadi proses kesembuhan untuk jutaan manusia yang ada di Indonesia," ungkapnya.

Baca Juga: Tak Punya Empati Disaat Pendemi Virus Corona, Anggota DPR RI Malah Melancong ke Eropa, Dikabarkan Akan Pulang Tanggal 27 Maret

dr Indro menambahkan, fungsi vitamin E yang dikonsumsi itu untuk membantu tubuh mempercepat sel-sel yang sifatnya harus selalu diperbaharui termasuk sel antibodi yang berguna untuk melawan virus.

"Jadi vitamin E itu fungsinya akan mempercepat produksi sel-sel meristematik (sel muda), sel-sel yang sifatnya harus selalu diperbaharui, misalnya kulit, dan itu juga berfungsi untuk memproduksi sel antibodi," terangnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul "Covid-19 Makin Meluas, Ahli Virus Sarankan Konsumsi 2 Hal Ini untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh"

Baca Juga: Arogansi Anggota DPRD, Tak Hanya Nekat Lakukan Kunjungan Kerja, Rombongan Ini Juga Melawan Saat Diperiksa Kesehatannya

Editor : Agnes

Sumber : TribunJakarta.com