6 Manfaat Rutin Bersepeda Sehat, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Mental

Jumat, 22 Juli 2022 | 12:09
Freepik/Wavebreak Media LTD

Rutin bersepeda sehat dapat meningkatkan kesehatan mental

WIKEN.ID - Olahraga yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia dan tak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun mental pun juga, yaitu bersepeda sehat.

Bersepeda selain untuk olahraga, bersepeda sehat juga bisa dijadikan alat transportasi yang baik untuk lingkungan.

Dengan begitu, kamu dapat mengurangi risiko masalah kesehatan yang tekait gaya hidup tidak sehat.

Rutin bersepeda dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit misalnya kanker, mental, hingga radang sendi.

Masih ada beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh yang dilansir oleh Cycling Weekly yang dikutip dari Tribunnews.com.

1. Tingkatkan kesehatan mental

Sebuah studi oleh YMCA menunjukkan bahwa orang yang memiliki gaya hidup aktif secara fisik memiliki skor kesejahteraan 32 persen lebih tinggi daripada individu yang tidak aktif.

Ada banyak cara olahraga dapat meningkatkan suasana hati; ada pelepasan dasar adrenalin dan endorfin, dan peningkatan kepercayaan diri yang datang dari pencapaian hal-hal baru.

Bersepeda menggabungkan latihan fisik dengan berada di luar ruangan dan menjelajahi pemandangan baru.

Bersepeda sendirian dapat memberi kamu waktu untuk mengendalikan kekhawatiran.

Selain itu, bersepeda dapat memperluas lingkaran sosial kamu.

Mantan pemegang Rekor Jam Graeme Obree telah menderita depresi sepanjang hidupnya, dan mengatakan: "Keluar dan bersepeda akan membantu (orang yang menderita depresi)... Tanpa bersepeda, saya tidak tahu di mana saya akan berada."

2. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Dr. David Nieman dan rekan-rekannya di Appalachian State University mempelajari 1.000 orang dewasa hingga usia 85 tahun.

Mereka menemukan bahwa olahraga memiliki manfaat besar bagi kesehatan sistem pernapasan bagian atas, sehingga mengurangi gejala flu biasa.

"Orang dapat mengurangi hari sakit sekitar 40 persen dengan berolahraga aerobik hampir setiap hari dalam seminggu sementara pada saat yang sama menerima banyak manfaat kesehatan terkait olahraga lainnya," kata Nieman.

Profesor Tim Noakes, dari ilmu olahraga dan olahraga di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, juga memberi tahu kita bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dengan meningkatkan produksi protein esensial dan membangunkan sel darah putih yang malas.

3. Bantu turunkan berat badan

Dalam hal penurunan berat badan, 'kalori yang keluar harus melebihi kalori yang masuk'.

Jadi, kamu perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan.

Bersepeda membakar kalori antara 400 dan 1000 per jam, tergantung pada intensitas dan berat pengendara.

Tentu saja, ada faktor lain: peningkatan kalori yang dikonsumsi mempengaruhi frekuensi pengisian bahan bakar, begitu pula kualitas tidur dan tentu saja jumlah waktu yang dihabiskan untuk membakar kalori akan dipengaruhi oleh seberapa banyak aktivitas yang kamu pilih.

4. Membangun otot

Elemen ketahanan dari bersepeda berarti bahwa bersepeda tidak hanya membakar lemak: tetapi juga membangun otot, terutama di sekitar glutes, hamstring, paha depan, dan betis.

Otot lebih ramping daripada lemak, dan orang-orang dengan persentase otot yang lebih tinggi membakar lebih banyak kalori bahkan ketika tidak banyak bergerak.

5. Tingkatkan kesehatan paru-paru

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengendarai sepeda sebenarnya lebih sedikit terpapar asap berbahaya daripada mereka yang bepergian dengan mobil.

Sebuah studi oleh Kampanye Udara Sehat, Kings College London, dan Dewan Camden , melihat detektor polusi udara dipasang ke pengemudi, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute sibuk melalui pusat kota London.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengemudi mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pengendara sepeda, serta tiga setengah kali lebih banyak daripada pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak daripada pengguna bus.

6. Kurangi risiko penyakit jantung dan kanker

Bersepeda meningkatkan detak jantung dan memompa darah ke seluruh tubuh dan itu membakar kalori, membatasi kemungkinan kamu kelebihan berat badan.

Bersepeda adalah salah satu pilihan bentuk olahraga yang direkomendasikan oleh NHS sebagai cara sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit utama seperti penyakit jantung dan kanker.

Bukti baru disajikan dalam bentuk penelitian yang dilakukan oleh University of Glasgow awal tahun ini.

Para peneliti mempelajari lebih dari 260.000 orang selama lima tahun - dan menemukan bahwa bersepeda ke tempat kerja dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau kanker hingga setengahnya.

"Bersepeda semua atau sebagian dari cara untuk bekerja dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih rendah dari hasil kesehatan yang merugikan," kata Dr Jason Gill dari Institute of Cardiovascular and Medical Sciences. (*)

Baca Juga: Bagi Pelari Wajib Tahu ! Pentingnya Merawat Kaki Setelah Usai Olahraga

Baca Juga: Begini Penjelasan Mengenai Rutin Olahraga Lari Baik untuk Tulang Belakang

Baca Juga: Awas! Terlalu Memaksakan Gowes Bisa Berakibat Fatal, Begini Tips Olahraga Bersepeda Agar Aman Dilakukan

Editor : Alfa

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya