Bagi Para Orang Tua Wajib Mengajarkan Anaknya Bersepeda untuk Membantu Tumbuh Kembangnya, Berikut Manfaatnya

Minggu, 12 Juni 2022 | 15:32
Freepik

Mengajarkan sepeda pada anak dapat membantu mengasah keseimbangan

WIKEN.ID - Bagi kalian yang gemar melakukan keliling kompleks dengan bersepeda, tentu sangat menyenangkan.

Aktivitas bersepeda selain menyenangkan juga menyehatkan bagi tubuh kita.

Bagi kalian yang kebiasaannya di akhir pekan dengan bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh semua usia, termasuk anak-anak.

Selain itu, rutin bersepeda juga membawa segudang manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Melansir dari sehatq.com yang di kutip oleh Kids.grid.id, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) anak-anak sudah bisa dilatih mengendarai sepeda sejak berumur 3-6 tahun.

Pada rentang usia inilah kemampuan motorik kasar anak sudah bagus dan bisa dikembangkan, sekaligus memenuhi naluri bersosialisasi anak dengan teman sebayanya.

Disarankan bagi anak-anak yang ingin belajar sepeda sebaiknya menggunakan sepeda roda tiga atau empat untuk membantu anak-anak menyeimbangkan diri dan menghindari risiko jatuh dan luka.

Barulah saat sudah lebih pandai menyeimbangkan diri, anak-anak akan mulai dilatih menggunakan sepeda roda dua atau bisa melepaskan roda bantuan di bagian belakang sepeda.

Perlu kamu ketahui sebagai orang tua, sepeda merupakan salah satu media yang dapat mengasah ketangkasan dan keseimbangan tubuh anak.

Simak di bawah ini, beberapa manfaat melatih kemampuan bersepeda bagi tumbuh kembang anak-anak.

Manfaat Kegiatan Bersepeda Bagi Anak-anak

1. Bersepeda bisa menyehatkan tubuh anak, olahraga ini bisa melatih tubuh inti anak dan otot kakinya jadi lebih kuat.

2. Olahraga ini bisa membantu menghilangkan stres, karena bersepeda bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dan meningkatkan mood anak.

3. Bersepeda juga bisa mendorong terjadinya bonding anak dengan orang tua ketika orang tua membimbing anak belajar mengendarai sepedanya.

4. Bersepeda bisa melatih fokus anak, hal ini baik juga untuk membantu anak melatih kemampuan memusatkan perhatiannya ketika melakukan banyak hal lainnya.

5. Bermain sepeda yang dilakukan di luar rumah juga bisa mengajarkan dan memperkenalkan anak pada lingkungan di sekitarnya dengan baik.

6. Bersepeda di tempat yang aman dan asri akan memberikan ruang gerak yang bebas dan polusi bagi anak untuk menikmati pemandangan lingkungan sekitarnya.

7. Tak hanya melatih kemampuan motorik, bermain sepeda akan mendorong anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya yang juga bermain sepeda sepertinya.

8. Aktif berlatih mengendarai sepeda bisa mendorong anak jadi pribadi yang aktif sehingga terhindar dari risiko mengalami obesitas atau berat berlebih.

(*)

Baca Juga: Tak Ada Salahnya Jika Berolahraga Lari Saat Malam Hari, Sukses Menghilangkan Stres Loh!

Baca Juga: Jangan Asal Lari Saja, Berikut Istilah-istilah dalam Olahraga Berlari Beserta Pengertiannya, Pelari Wajib Tahu!

Baca Juga: Rutil Melakukan Olahraga Berlari 5-10 Menit Tiap Hari, Bisa Turunkan Risiko Penyakit Stroke Hingga Jantung Lho, Simak di Sini!

Editor : Hafidh

Sumber : kids.grid.id

Baca Lainnya