Efektif dan Efisien Saat Memakai Zoom, Ini Cara Supaya Bisa Menghemat Data Internet Walau Sering Rapat Online

Rabu, 02 September 2020 | 08:00
/urcourses.uregina.ca

Ilustrasi : aplikasi zoom

WIKEN.ID - Masa pandemi covid-19 ini masyarakat lebih banyak melakukan aktivitasnya secara virtual, apalagi mereka yang bekerja dari rumah dan harus tetap melakukan tatap muka.

Ada banyak aplikasi video telekonferensi tersedia, yang populer adalah Zoom Meetings.

Meski sempat menuai kontroversi soal keamanan data pengguna, aplikasi ini tetap menjadi pilihan untuk melakukan rapat virtual.

Baca Juga: Sandang Status Janda Hingga Ngaku Ketagihan Kencan Online, Kini Artis Catherine Wilson Diamankan Polisi Karena Terkait Narkoba

Sayangnya, semakin lama durasi menggunakan Zoom, kuota data yang dimakan juga semakin besar.

Untuk menekan penggunaan kuota data, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama menggunakan Zoom.

Berikut adalah sejumlah cara untuk menghemat kuota saat menggunakan Zoom sebagaimana dikutip dari KompasTekno, Senin.

1. Matikan kamera jika tidak dibutuhkan.

Cara ini bisa dilakukan ketika Anda bergabung di dalam ruang rapat yang sekiranya tidak terlalu resmi atau bersifat non-formal.

Untuk mematikan kamera, Anda cukup memilih opsi "Turn Off Camera" ketika awal bergabung ke dalam ruang rapat. Jika Anda menjadi host, Anda juga dapat menonaktifkan fungsi kamera partisipan lain untuk mengurangi koneksi internet yang terpakai.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Mahasiswa Pencari Sinyal Provider Ponsel Hingga Harus Berjallan Kaki Ratusan Meter DEMI membanggakan orang Tuanya

2. Mengaktifkan tampilan video dalam resolusi HD (High Definition) dapat menguras lebih banyak penggunaan kuota internet. Berikut cara untuk menonaktifkan kualitas video HD saat bergabung di dalam rapat:

- Klik menu "Settings" atau Pengaturan

- Lalu pilih opsi "Video" yang berada di sebelah kiri menu Pengaturan

- Pada bagian "My Video", nonaktifkan centang pada kolom opsi "Enable HD"

selain itu Gunakan fitur Share Screen hanya jika dibutuhkan Pastikan untuk berhenti membagikan layar (sharing screen) ketika Anda tidak perlu lagi menampilkan presentasi.

Anda juga bisa meminta partisipan lain untuk mematikan opsi berbagi layar ketika presentasi sudah selesai.

4. Manfaatkan platform dokumen online Pengguna juga bisa memanfaatkan platform dokumen online apabila ingin membagikan sesuatu, misalnya presentasi. Ada sejumlah layanan yang bisa digunakan seperti yang paling populer saat ini adalah Google Sheet, Docs, atau layanan lainnya.

Baca Juga: Jadi Dudanya Salmafina Diumur 21 Tahun, Mantan Menantu Sunan Kalijaga Ini Galang Dana untuk Pria yang Pernah Tertabrak Mobil 3 Kali, Kondisinya Bikin Hati Miris!

Halaman Selanjutnya....

Editor : Alfa

Baca Lainnya