Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Seorang Pria Jepang Kembali Terinfeksi Virus Corona, Ini Dia Penjelasan dari Ahlinya!

Selasa, 24 Maret 2020 | 16:30
via Tribunnews

Ilustrasi penanganan pasien Corona

WIKEN.ID - Seorang pasien pria asal Jepang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19, kembali dirawat karena positif terinfeksi lagi virus corona.

Pada 14 Februari lalu, pria Jepang berusia 70 tahun terkena Covid-19 dan dirawat di sebuah rumah sakit di Tokyo.

Setelah sembuh dari penyakit yang menyerang organ paru ini, beberapa hari kemudian dia kembali sakit dan mengalami gejala demam.

Saat kembali ke rumah sakit untuk memeriksakan diri dan melakukan tes, hasilnya, virus corona kembali menginfeksi tubuhnya.

Baca Juga: Perintah Social Distancing Tak Dipatuhi Dengan Serius, Polisi Bakal Ciduk Masyarakat yang Membandel, Ini Hukumannya

Seperti melansir dari BBC Indonesia, Senin (23/3/2020), kasus ini kembali dilaporkan media publik Jepang dan membuat waspada para ahli, peneliti dan ilmuwan.

Sebab, banyak anggapan bahwa seseorang tidak bisa terinfeksi Covid-19 sebanyak dua kali, setidaknya dalam waktu berdekatan.

Namun, beberapa negara seperti Inggris, sempat menerapkan pendekatan herd immunity, sebagai strategi untuk penanganan pandemi virus corona ini.

Melalui pendekatan tersebut, diharapkan sebagian besar populasi dapat mengembangkan kekebalan alami sesudah terpapar virus corona, SARS-CoV-2 ini.

Baca Juga: Miris! Disiplinkan Warga Tentang Social Distancing, Polisi di Pontianak Malah Ditertawakan, Bersumpah Akan Sujud di Hadapan Para Pengunjung Kafe

Kendati demikian, pada kasus pria Jepang, skenario tersebut memunculkan keraguan.

Oleh karena itu, komunitas ilmuwan mulai fokus memecahkan permasalahan tentang seberapa mungkin tubuh dapat mengembangkan kekebalan alami setelah pasien sembuh dari penyakit Covid-19 ini.

Jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 terus meningkat secara global, namun pasien sembuh juga semakin bertambah setiap harinya.

Kendati demikian, ratusan peneliti masih terus berpacu mempelajari dampak virus corona, SARS-CoV-2 ini pada manusia.

Baca Juga: Catat! Simpan 3 Wadah Plastik Ini di Dalam Kulkas Ternyata Bisa Sebabkaan Keracunan Hingga Penyakit Kronis

Salah satunya tentang kekebalan tubuh yang menjadi salah satu faktor penting dalam membantu peneliti memahami perilaku pandemi ini.

Hal ini juga penting dalam upaya pembuatan vaksin yang dapat dibutuhkan untuk memerangi penyakit Covid-19 di seluruh dunia.

Menurut Pan American Health Organization (PAHO) kepada BBC, karena ini adalah virus baru, setiap hari para peneliti masih terus mempelajarinya.

"Saat ini kita tidak bisa mengatakan dengan yakin bahwa seseorang yang pernah terinfeksi dan sembuh, tak dapat terinfeksi lagi," ungkap mereka.

Baca Juga: Tabrak 2 Bocah Penonton Balap Liar, Joki Balap Liar Ditangkat, Usianya Masih 16 Tahun!

Hal senada juga disampaikan ahli virologi Spanyol, Luis Enjuanes yang memastikan ada sejumlah pasien, sekitar 14 persen pasien yang sudah dites negatif virus corona, kembali dites dengan hasil positif.

Peneliti di Dewan Riset Nasional Spanyol (CSIC) ini menjelaskan dalam kasus-kasus ini, kemungkinan virus yang "hidup kembali" alih-alih mengulang infeksi lagi.

Enjuanes menjelaskan di antara beberapa yang mungkin, secara umum virus corona ini memang membuat orang mengembangkan kekebalan tubuh.

Akan tetapi respons kekebalan itu tampaknya tidak terlalu kuat.

Baca Juga: 4 Bus Rombongan Besan dari Wonogiri Dipulangkan Polisi Saat Pesta Pernikahan di Purwokerto,Disemprot Disinfektan Hingga Dikawal Polisi

"Maka ketika respons kekebalan melonggar, virus yang masih ada di beberapa saluran tubuh muncul kembali," ungkap Enjuanes.

Untuk memahami teori Enjuanes ini, perlu diperkirakan bahwa virus corona itu tertinggal di tubuh selama tiga bulan atau lebih.

Menurut dia, standar seseorang yang telah terinfeksi seharusnya menjadi zero positif, atau bahkan semestinya telah mengembangkan kekebalan tubuhnya.

"Dan jika ia telah kebal, virus (Covid-19) seharusnya tidak muncul lagi.

Namun penginfeksinya bisa tetap ada di jaringan khusus yang mungkin tidak terpapar sistem pertahanan tubuh sebagaimana organ tubuh lainnya," jelas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sembuh dari Covid-19, Pria Jepang Kena Corona Lagi, Ini Penjelasannya"

Baca Juga: Jadi Rumah Sakit Darurat untuk Corona, Inilah Sederet Fasilitas yang Ada di Wisma Atlet Kemayoran: Ada Ruangan Khusus Relaksasi untuk Petugas Medis

Editor : Amel

Sumber : Kompas.com, BBC Indonesia