Foto Viral! Intip Reaksi Seekor Koala yang Berduka Usai Kehilangan Temannya saat Kebakaran di Australia

Sabtu, 18 Januari 2020 | 10:20
AFP

Foto Viral! Seekor Koala yang Berduka Setelah Kehilangan Temannya Pada Kebakaran Australia

WIKEN.ID -Sebuah gambar memilukan menunjukkan saat koala berduka setelah kehilangan temannya.

Gambar-gambar itu memperlihatkan koala yang tampak mengubur wajahnya dalam kesedihan, sementara tubuh temannya yang tak bernyawa berada tak jauh dari sungai.

Seorang penyelamat hewan dari Humane Society International terlihat bergegas untuk mengambil koala yang terluka dengan handuk dan membawanya ke tempat yang aman.

Baca Juga: Depan Hotman Paris, Artis Lawas Ini Blak-blakan Ngaku Dirinya Matre Hingga Pengeretan: Harta Dulu Baru Cinta!

Gambar diambil pada hari Rabu (8/1/2020), di Pulau Kanguru, selatan Adelaide, di mana sekitar 37.000 koala telah tewas dalam kebakaran hutan.

Lebih dari sepertiga pulau itu telah terbakar habis, meninggalkan tanah yang ditutupi dengan tubuh binatang yang hangus.

Kelly Donithan, spesialis senior HSI dalam respon bencana, mengatakan setiap kali mereka menemukan seekor hewan hidup rasanya seperti keajaiban.

Baca Juga: Murka Usai Disebut Operasi Kelamin, di Depan Boy William, Lucinta Luna Nyaris Tonjok Barbie Kumalasari!

Kelly mengatakan kepada One Green Planet, ini adalah beberapa adegan terberat yang pernah ia saksikan sebagai penyelamat hewan.

"Tapi ketika kita berangkat setiap hari untuk mencari dan menyelamatkan, kita masih menemukan hewan hidup, terluka, linglung atau trauma, dan sungguh melegakan untuk dapat memberi mereka bantuan penyelamatan langsung," ucapnya.

Baca Juga: Tidur di Kamarnya Sendiri, Ternyata Anak Angkat Sarwedah Simpan Benda Milik Thalia, Dipergoki Ruben Onsu

Para ahli di pulau itu telah meramalkan ada sekitar 46.000 koala di pulau itu sebelum kebakaran hutan mulai merusak habitat alami mereka.

Steven Selwood, pemimpin Manajemen Darurat Veteriner Australia Selatan, diperkirakan hanya 9.000 hewan yang tersisa.

Dia mengatakan angka itu sangat menghancurkan.

Baca Juga: Berbeda dari Biasanya, Hewan ini Tak Bisa Melompat Setinggi Kucing Normal dan Kulitnya yang Mudah Memar, Ini Penjelasannya

AFP

Foto Viral! Seekor Koala yang Berduka Setelah Kehilangan Temannya Pada Kebakaran Australia

Ia juga menambahkan bahwa kebakaran itu sangat ganas dan bergerak cepat yang membuat banyak satwa liar terbakar.

Menteri Lingkungan Hidup Australia, Sussan Ley, mengatakan koala bisa terdaftar sebagai terancam punah untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Bandingkan Suaminya dengan Bambang Trihatmodjo, Mayangsari Justru Berikan Jawaban Menohok: Harus Ada Jam Terbang!

Meskipun ada upaya luar biasa dari penyelamat untuk menyelamatkan koala sebanyak mungkin, kobaran api terus membakar habitat mereka.

Hal itu telah membuat mereka dalam posisi yang sulit.

Terutama membawa mereka untuk kembali pulih.

Baca Juga: Mantap Nikahi karena Ingin Balas Dendam Hingga Mampu Rebut Hati Artis Senior Ini saat Masih Punya Pacar, Terkuak Ternyata Ini Sosok Mantannnya: Eh Jangan, Udah Hijrah!

Pulau Kanguru adalah satu-satunya daerah di negara di mana populasi koala bebas dari klamidia, yang berakibat fatal bagi hewan.

Ini berarti menyelamatkan hewan-hewan di pulau itu sangat penting karena mereka telah lama dilihat sebagai tempat bebas untuk koala tinggal. Menurut NASA, diperkirakan 600.000 mil persegi pulau terbesar ketiga di Australia itu telah terbakar.

WWF-Australia memperkirakan bahwa 1,25 miliar hewan liar telah mati di Australia selama krisis di samping kehilangan ternak, yang pemerintah perkirakan akan melebihi dari 100.000 hewan.

Baca Juga: 8 Restoran Cepat Saji Dinilai Belum Tepat Mengolah dan Menggunakan Hewan untuk Bahan Makanannya, Diduga Tumbuh Dengan Cepat

(Mega Khaerani)

Editor : Amel