Tak Lagi Jadi Duda dan Sebentar Lagi Ahok Resmi Jadi Bos Pertamina dengan Gaji Rp 3,2 Miliar, Intip Berbagai Kekayaan Properti Mantan Gubernur DKI Jakarta!

Sabtu, 23 November 2019 | 12:00
Instagram Basukibtp

Tak Lagi Jadi Duda dan Sebentar Lagi Ahok Resmi Jadi Bos Pertamina dengan Gaji Rp 3,2 Miliar, Intip Berbagai Kekayaan Properti Mantan Gubernur DKI Jakarta!

WIKEN.ID -Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok resmi diumumkan sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina.

Hal tersebut diungkapkan Menteri BUMN, Erick Thohir melalui wawancara yang dilakukan Kompas TV pada Jumat (22/11/201).

Dengan masuknya Ahok menjadi komut Pertamina, maka ia menggantikan posisi Tanri Abeng yang sebelumnya menjabat.

Baca Juga: Anak Muda di Negaranya Tak Bisa Gunakan Kondom Impor dari Tiongkok, Menteri Kesehatan Zimbabwe Protes: Terlalu Kecil!

Baca Juga: Paus Beluga Ini Sukses Selamatkan Handphone yang Tenggelam ke Laut dan Berhasil Membawanya Kepermukaan, Aksinya Menggemaskan!

Tak sendiri, Ahok pun akan ditemani Budi Gunadi Sadikin yang akan menjadi Wakil Komisaris Utama Pertamina.

"Insya Allah sudah putus dari beliau, Pak Basuki akan jadi Komut Pertamina. Ahok akan didampingi pak Wamen Budi Sadikin jadi Wakil Komisaris Utama," kata Erick di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Seperti yang WIKEN.ID kutip dariKompas TV, Sabtu (23/11/2019) per bulannya, Ahok bakal terima gaji sebesar Rp 3,2 miliar!

Jika dihitung-hitung, mengutip dari Kompas.com, Ahok akan terima gaji dan imbalan sebesar 47,23 juta dolar atau sekitar Rp 661 miliar dalam satu tahun sebagai Komut PT Pertamina.

Baca Juga: Ngamuk Usai Geram Permohonan AJB Rumah Miliknya Tak Kunjung Usai, Pria Penyandang Disabilitas Ini Nekat Bakar Kantor Desa Sambil 'Live' Facebook

Baca Juga: Kabar Bahagia Datang Bertubi-tubi, Kini Ahok Menjabat Sebagai Komisaris Utama Pertamina!

Kendati pemilihan Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina adalah murni ide sang menteri, kabar itu rupanya telah sendiri menimbulkan banyak pro dan kontra di tengah masyarakat.

Namun, enggak banyak yang tahu kekayaan properti miliknya!

Dilansir dari Tribun Jambi,Adalah kabar soal kekayaan Ahok yang disebut bakal bertambah setelah bebas.

Rupaya Ahok tidak berdiam diri saja di penjara. Dia juga tetap memupuk pundi-pundi pendapatan dengan usaha yang ia rintis.

Baca Juga: Dulu Hatinya Ditaklukan Mantan Anak Punk, Ini Dia Sosok Pacar Putri Tanjung yang Kini Sukses Menjadi Pengusaha Hingga Staf Khusus Presiden Jokowi

Baca Juga: Bermodalkan Dendam, Putri Tanjung Sukses Bangun Perusahaan Besar Tanpa Melibatkan Sosok Sang Ayah, Pengusaha Terkaya di Indonesia!

Sebelum terjun ke dunia politik, Ahok dikenal merupakan seorang pengusaha.

Berbagai perusahaan dibangun Ahok beserta Veronica Tan, saat masih menjadi istrinya, di kampung halaman Ahok di Belitung.

Lalu bisnis apa yang sudah dibangun Ahok selama 20 tahun berumah tangga?

1.CV Panda (PT Timah)

Setelah menamatkan pendidikannya dan mendapat gelar Sarjana Teknik Geologi (Insiyur geologi) pada tahun 1989, pria 55 tahun ini pulang kampung halamannya.

Baca Juga: Kini Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi, Ternyata Hati Putri Tanjung Pernah Ditaklukan Mantan Anak Punk yang Usianya Beda 13 Tahun, Begini Curhat Kisah Cintanya!

Baca Juga: Ngebet Punya Anak dari Istri Barunya, Mantan Istri Artis Lawas Ini Justru Tak Bisa Hamil karena Idap Penyakit pada Rahimnya!

Ahok menetap di Belitung dan mendirikan perusahaan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah.

Menggeluti dunia kontraktor selama dua tahun, Basuki menyadari betul hal ini tidak akan mampu mewujudkan visi pembangunan yang ia miliki.

Karena untuk menjadi pengelolah mineral selain diperlukan modal (investor) juga dibutuhkan manajemen yang profesional.

Baca Juga: Dalam Waktu 4 Mingggu, Berat Badan Turun Drastis Hanya dengan Lakukan Diet Ini, Berani Coba?

Baca Juga: Viral Nasib Pilu Artis Cantik Ini yang Terpaksa Batal Nikah, Aib Calon Suami Terbongkar Setelah Sholat Istikharah!

Lalu, Ahok memutuskan kuliah S-2 dan mengambil bidang manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta.

2. PT Nurindra Ekapersada

PT ini didirikan Ahok pada tahun 1992.

Perusahaan Ini dirikan bergerak di bidang pengolahan pasir kuarsa.

Baca Juga: Barbie Kumalasari Bongkar Kejadian Aneh yang Dialami Usai Disantet, Mbah Mijan Bongkar Ciri Sosok Pelakunya: Tapi Ditolak Barbie!

Baca Juga: Ngaku Disantet, Barbie Kumalasari Ungkap Tubuhnya Kini Dipenuhi Bintik Hingga Ratusan Belatung Dikamarnya yang Tak Kunjung Hilang!

Lalu, Ia juga mendirikan pabrik pengolahan di Dusun Burung Mandi, Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Pabrik pengolahan pasir kuarsa tersebut adalah yang pertama dibangun di Pulau Belitung, dan memanfaatkan teknologi Amerika dan Jerman.

Lokasi pembangunan pabrik ini adalah cikal bakal tumbuhnya kawasan industri dan pelabuhan samudra, dengan nama Kawasan Industri Air Kelik (KIAK).

Baca Juga: Sekujur Tubuhnya Bentol-bentol Karena Autoimun yang Diderintanya, Ashanty Justru Ungkap Bisa-bisa Diceraikan Hanya Gara-gara Hal Ini!

Baca Juga: Belum Menikah, Peramal Kondang Ini Justru Ungkap Pernikahan Artis Cantik Ini akan Ada Pelakor Hingga Dimadu: Enggak Penting dan Musyrik!

Ilustrasi Kamar Hotel

3. Hotel di Belitung Timur

Selain di pertambangan, Ahok diketahui memiliki bisnis perhotelan. Hotel tersebut bernama Hotel Purnama Belitung.

Letaknnya berada persis di belakang rumah keluarganya dan

memiliki 12 kamar.

Baca Juga: Artis Cantik Ini Biarkan Penyakit Tumor Payudaranya Selama 3 Tahun, Makanan Ini Wajib Jadi Pantangannya!

Baca Juga: Meski Usianya 17 Tahun, Berbagai Cara Sudah Dilakukan Demi Taklukan Keluarga Primus, Begini Gelagat Nafa Urbach saat Bertemu Langsung Jihan Fahira

Kabarnya, hotel itu berawal dari garasi mobil.

Sebelumya ayahnya meninggal, pernah berpesan bahwa garasi tersebut dapat digunakan sebagai tempat penginapan.

4. Properti

Ahok juga memiliki beberapa aset properti sebagai investasi, seperti laporan yang dirilis KPU pada 2017 lalu.

Ahok diketahui diketahui mempunyai 16 harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang kebanyakan terletak di Kabupaten Belitung Timur.

Baca Juga: Dijuluki Pasangan Serasi di Tahun 90an, Siapa Sangka Mereka Harus Korbankan Perkawinannya Hingga Hanya Gara-gara Hal Sepele Ini: Enggak Bisa Diundur!

Baca Juga: Mantap Dekati Janda Anak Satu, Artis Tampan Ini Sampai Rela Jadi Selingkuhan, Terkuak Ini Dia Sosok Pacar Ussy Saat Itu!

Salah satunya lima bidang tanah seluas masing-masing 18 ribu meter persegi, yang diperolehnya dari hasil sendiri dari tahun 1999 hingga 2001.

Sebidang tanah tersebut ditaksir bernilai Rp 180 juta atau jika ditotal mencapai Rp 900 juta.

Masih di Kabupaten Belitung Timur, ia juga mempunyai tanah seluas 1.245 m2 dengan harga jual sekitar Rp 58,5 juta.

Ada juga tanah seluas 1.850 m2 senilai Rp 86,95 juta dan sebidang tanah 292 m2 dengan harga jual Rp 10,5 juta.

Kepemilikan tanah tersebut sama-sama berasal dari 2000 sampai 2001.

Baca Juga: Pergoki Suami Selingkuh Hingga Ditabrak, Penyanyi Dangdut Ini Justru Mengaku Tak Trauma Hingga Beberkan Persyaratannya!

Baca Juga: Pernah Batalkan Pernikahannya dengan Artis Cantik Lewat SMS, Intip Kehidupan Zumi Zola yang Kini Terpaksa Jualan Kue Hingga Hijab untuk Menyambung Hidup

Sedangkan tanah seluas 130 ribu meter persegi dan bangunan sebesar 168 m2 diperolehnya dari hasil sendiri pada tahun 1999 hingga 2001.

Nilai jual aset properti ini cukup fantastis mencapai Rp 1,5 miliar.

Ia juga tercatat mempunyai tanah 650 m2 dan bangunan 63 m2 di Belitung Timur seharga Rp 66 juta.

Baca Juga: Sudah Lamaran Hingga Sebar Undangan dengan Gubernur Jambi, Pernikahan Artis Cantik Ini Dibatalkan Sepihak Hanya Lewat SMS

Baca Juga: Syahrini Selalu Dituding Operasi Plastik, Paranormal Kondang Ini Sebut Ada Kecantikan Tak Alami di Wajah Istri Reino Barack!

Selain itu, ada juga tanah 333 m2 dan bangunan 42 m2 senilai Rp 46,1 juta, tanah seluas 297 m2 yang dibandrol Rp 84 Juta, hingga tanah selebar 720m2 dan bangunan 63 m2 seharga Rp64,2 juta.

Keempat properti itu diperolehnya sejak tahun 2001 dan dibelinya dari hasil sendiri, bukan berasal dari hibah atau warisan.

Ahok juga diklaim sebagai pemilik sah atas bangunan sebesar 60 m2 di wilayah Jakarta Utara, yang dibelinya tahun 2009 dengan dana pribadi.

Baca Juga: Beda Nasib dengan Sang Adik yang Kini Hidup Bahagia, Penyanyi Dangdut Ini Harus Cerai Setelah 3 Bulan Menikah Hingga Ditabrak Sang Suami!

Baca Juga: Disebut Pansos karena Pacari Kekeyi Putri, Model Tampan Ini Berhasil Bongkar Misi Rio Ramadhan: Kayak Itu Biar Apa Sih?

Nilai properti ini disebut memiliki harga jual Rp 678 juta.

Selain di Belitung Timur, rupanya ia juga piawai berbisnis properti di sisi utara Jakarta.

Baca Juga: Kalahkan Rekor Pernikahan Ayu Ting Ting yang Hanya Bertahan 20 Hari, Pencipta Lagu Ini Ceraikan Istri Usai Malam Pertama Hingga Mengaku Dibohongi!

Baca Juga: Istri Pelawak Eko Patrio Kepergok Sedang Asyik Mengupil, Siapa Sangka Kebiasaan Ini Ternyata Bahayanya Tak Main-main!

Terbukti, Ahok dilaporkan pernah memiliki tanah selebar 200 m2 dan bangunan 272 m2 yang diperolehnya dari tahun 1991 sampai 1995, dengan harga jual Rp 2,3 miliar.

Di tahun 2011, Ahok kembali membeli tanah seluas 527 m2 dan bangunan selebar 510 m2 dengan harga jual per September 2016 sebesar Rp 10,9 miliar.(*)

Editor : Amel