Brmodalkan Lakban, Ternyata Kutil Bisa Hilang Seketika, Berani Coba?

Jumat, 15 November 2019 | 20:00

Brmodalkan Lakban, Ternyata Kutil Bisa Hilang Seketika, Berani Coba?

WIKEN.ID -Rasanya hampir semua orang mengenali masalah kulit yang satu ini.

Biasa disebut kutil bagian tersebut merupakan potongan kecil kulit yang biasa tumbuh di lipatan.

Biasanya mucul pada bagian-bagian kulit yang bergesekan dengan kulit lain atau bisa juga dengan pakaian.

Bagian yang sering muncul antara lain kelopak mata, leher, ketiak, bagian bawah payudara dan pangkal paha.

Baca Juga: 6 Tahun Ditinggal Ustadz Kondang, Istri Cantiknya Justru Dituding Jadi Selingkuhan Hingga Nikah Siri dengan Vokalis Band, Sang Anak Akhinya Angkat Bicara!

Baca Juga: Ngaku Selingkuh dengan Wanita Lain, Ternyata Zack Lee Masih Suka Menginap di Rumah Nafa Urbach, Ngapain Ya?

Dikutip dari webMD, pertumbuhan kutil disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human papillomavirus (HPV).

HPV menginfeksi lapisan atas kulit, biasanya memasuki tubuh di area kulit yang pecah. Virus ini menyebabkan lapisan atas kulit tumbuh dengan cepat, membentuk benjolan kasar pada permukaan kulit.

Kutil dapat hilang sendiri dalam beberapa bulan atau tahun. Tapi sebagian orang yang memilikinya merasa tidak nyaman sehingga mencari cara agar dapat menghilangkannya.

Baca Juga: Bikin Mantan Suami Kapok Nikah, Sophia Latjuba Beberkan Kriteria Calon Pendampingnya, Deddy Corbuzier Justru Suruh Sama Microwave Saja!

Baca Juga: Sadap Rekaman Ayah Kandungnya yang Asyik Berselingkuh, Sang Anak Sampai Ditodong Pedang Panjang: Tak Pulang-pulang Lagi!

Ternyata ada metode yang cukup aneh untuk menghilangkan kutil, yaitu dengan cara membungkusnya dengan selotip atau lakban.

Meskipun hasil penelitian ini mengatakan lebih efektif digunakan untuk anak-anak dan remaja, daripada digunakan untuk orang dewasa.

"Penggunaan selotip/lakban tampak menjanjikan sebagai perawatan yang aman dan tidak mengancam untuk anak-anak," tulis penulis Dean R. Focht III, MD, seorang peneliti pediatrik dengan Pusat Kesehatan Angkatan Darat Madigan, Tacoma, Washington.

Baca Juga: Meski Tak Berjodoh dengan Deswita yang Mengaku Dulu Dikhianati, Kini Taufiq Hidayat Bahagia Bersama Ami Gumelar, Intip Potret Keluarganya!

Baca Juga: Dituding Selingkuhan Hingga Menikah Siri di ICU, Artis Cantik Ini Justru Ditinggalkan Pebulutangkis Tampan Meski Sudah 3 Tahun Tunangan!

Dalam studinya, Focht membandingkan terapi menggunakan krioterapi dan terapi menggunakan lakban pada 51 pasien antara usia 3 dan 22 tahun.

Sementara 26 pasien diobati dengan selotip, 25 diberi krioterapi.

Hasilnya, lakban memenangkan krioterapi, 85% pasien selotip bebas wart, dibandingkan dengan 60% kelompok krioterapi.

Baca Juga: Nagita Slavina Tampak Cantik dengan Balutan Scraf di Lehernya, Tampilannya Justru Bikin Heboh Netizen: Ngalungin Motor!

Baca Juga: Berkali-kali Sukses Nikahi Brondong, Fadel Islami Justru Dibuat Kaget dengan Ritual Muzdalifah Sebelum Tidur

Faktanya, sebagian besar kutil yang dibungkus lakban ini hilang dalam waktu 28 hari, sementara sebagian besar kutil yang diobati dengan krioterapi membutuhkan dua perawatan, berjarak setidaknya dua minggu.

Tapi ingat penanganan kutil dengan lakban ini tidak untuk kutil di daerah genital.

Cara menerapkan metode 'lakban' ini juga cukup mudah.

Baca Juga: Krisdayanti Ngaku Hamil Duluan Hingga Sang Suami Dulu Disebut Selingkuhan, Raul Lemos Justru Ungkap Kata Sesal: Jangan Ambil Hak Orang Lain, Tidak Berkah!

Baca Juga: Tak Hanya Elma Theana, Penyanyi Kondang Ini Juga Blak-blakan Mengakui Telah Mengonsumsi 'Asap Nikmat' dari Guru Spiritualnya

- Potong selembar lakban dan tutupi kutil dengan lakban.

- Diamkan perban lakban pada kutil itu selama 6 hari. Jika lakban terlepas, pasang lagi dengan yang baru.

- Setelah 6 hari lepaskan lakban, lalu rendam daerah kutil di dalam air.

- Kemudian gosok perlahan permukaan kutil dengan kain kasar atau batu apung. Diamkan terbuka selama sehari.

- Keesokannya, ulangi proses ini sampai kutil hilang, tapi tidak lebih dari 2 bulan.

Baca Juga: 6 Tahun Hotman Paris Terbuai Kelembutannya, Artis Lawas Ini Rela Lakukan Ritual 'Menyakitkan' Demi Tampil Awet Muda

Baca Juga: 9 Tahun Ikuti Ajaran Sesat di Pedepokan Gatot Brajamusti, Artis Cantik Ini Disuruh 'Makan' Makanan Jin, Untuk Beribadah?

Sementara menggunakan metode 'lakban' bisa membuat kutil hilang, penelitian tidak menunjukkan bukti nyata menggunakan lakban mampu menghilangkan kutil lebih cepat daripada jika dibiarkan sendiri hilang dengan sendirinya.

Menggunakan lakban untuk kutil mungkin aman.

Tapi jika kulit sangat tipis atau rapuh, berhati-hatilah saat melepaskan lakban.

Baca Juga: Gunakan Celupan Celana Dalam Hingga Kaki yang Berkoreng, Begini Ciri Makanan yang Pakai Jin Penglaris Diungkap Habis-habisan Oleh Paranormal Kondang Ini

Baca Juga: Miliki Kekayaan Hingga Rp 72 Miliar, Intip Rumah Mewah Aktor Tampan Ini, Masih Simpan Barang Mantan!

Perlu diingat, jika tidak yakin dengan metode ini, atau tidak yakin apa yang menonjol di kulit, kutil atau bukan, sebaiknya periksakan ke dokter kulit.

Begitu pula jika "terapi" lakban untuk kutil ini tidak hilang dalam waktu 8 hari atau 2 minggu, sebaiknya segera menghubungi dokter kulit.

Untuk kutil di daerah genital, langsung memeriksakan ke dokter kulit dan kelamin, jangan coba-coba melakukan penanganan sendiri, termasuk dengan cara ini.

(Artikel ini sudah tayang di Nakita.grid.id dengan judul "Ternyata Kutil Dapat Dihilangkan Dengan Lakban, Ini Caranya. Buktikan!")

Editor : Amel