Demi Hindari Predator, Kodok dari Afrika Tengah Bisa Menyamar Sebagai Ular Berbisa

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 12:30
Konrad Mebert

Kodok dari Afrika Tengah ini Menyamar Sebagai Ular Berbisa Mematikan untuk Menghindari Predator

WIKEN.ID -Para ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan contoh pertama dari amfibi yang meniru seekor ular berbisa untuk mencegah calon pemangsa.

Ada sejumlah contoh hewan tidak berbahaya yang menyamar sebagai hewan berbahaya atau berbahaya, yang dikenal sebagai Mimikri Batesian.

Istilah ini pertama kali mengacu pada Henry Walter Bates, yang mengumpulkan ratusan spesies kupu-kupu di Amazon pada pertengahan abad ke-19.

Baca Juga: Meski Menjijikkan, Satu Hirupan Lendir Kodok Ternyata Manfaatnya Sangat Baik Bagi Kesehatan, Begini Cara Kerjanya!

Pada saat itu, ia menemukan bahwa ada banyak kupu-kupu tidak beracun yang meniru spesies beracun.

Sejak itu, para ilmuwan telah menemukan kadal yang meniru kaki seribu beracun, hiu yang meniru ular laut berbisa, dan kadal tanpa kaki yang mampu menularkan diri sebagai ular berbisa.

Baca Juga: Ngeri, Bocah 11 Tahun Suka Gigit Kodok dan Ular hingga Mati, Kebiasaan Muncul Setelah Sakit, Simak Video Kisahnya

Tetapi kodok raksasa Kongo (Sclerophrys Channingi) adalah kodok pertama yang ditemukan meniru ular berbahaya.

Dalam hal ini, ular berbisa yang ditiru adalah jenis Gaboon yang sangat berbisa (Bitis Gabonica).

Ular berbisa ini memiliki taring terpanjang dan menghasilkan lebih banyak racun daripada spesies ular lain yang dikenal.

Baca Juga: Berukuran Sebesar Anjing Bulldog, Pria Ini Pamerkan Kodok Raksasa Tangkapannya yang Berbobot 13 Kilogram

Sebuah tim peneliti yang menghabiskan sepuluh tahun di lapangan mengamati kodok raksasa Kongo dan perilaku mimikrinya, mempublikasikan temuan mereka dalam Journal of Natural History minggu ini.

“Kami yakin bahwa ini adalah contoh Mimikri Batesian, di mana spesies yang tidak berbahaya menghindari predator dengan berpura-pura menjadi spesies yang berbahaya atau beracun,” kata rekan penulis studi, Eli Greenbaum, dari University of Texas di El Paso dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Gara-gara Diajak Mengerjakan Tugas, Mahasiswi Ini Dibunuh Kodok yang Telah Menjadi Pacarnya Sejak SMP

Sepenuhnya menguji hipotesis ini akan menunjukkan bahwa predator sebenarnya ditipu oleh mimikri kodok, yang akan sangat sulit dilakukan di alam liar karena pertemuan dengan kodok jarang terjadi.

"Berdasarkan banyak sumber bukti yang disediakan dalam penelitian kami, kami yakin bahwa hipotesis mimikri kami didukung dengan baik." ucap Greenbaum.

Baca Juga: Pecinta Binatang, Jokowi Sempat Minta Dicarikan Kodok Raksasa Untuk Dipelihara di Kolam Istana Bogor

Para peneliti menggunakan spesies hidup yang ditangkap di alam liar.

Terdiri dari spesies aktif dan spesies yang diawetkan dari museum untuk membandingkan kodok dan ular berbisa itu.

Colin Tilbury

Kodok dari Afrika Tengah ini Menyamar Sebagai Ular Berbisa Mematikan untuk Menghindari Predator

Mereka menemukan bahwa bentuk segitiga tubuh kodok, kulitnya yang sangat halus untuk seekor kodok, dan pola warnanya - kecokelatan, sisi-sisi berwarna cokelat gelap, dan dua bintik-bintik cokelat gelap dan garis-garis coklat tua di punggungnya - menyebabkan amfibi terlihat seperti kepala ular sendok.

Baca Juga: Dicium Orang Asing, Bocah Berusia Setahun Tertular Herpes dan Nyaris Meninggal, Sang Ibu Bagikan Momen Mengerikan

Dengan kata lain, keduanya cukup mirip secara visual sehingga setiap pemangsa yang mencari makan mungkin lebih baik untuk melewati kodok raksasa Kongo daripada mengambil risiko gigitan mematikan dari ular sendok Gaboon.

Tapi hanya untuk sedikit info tambahan, kodok raksasa Kongo bahkan melangkah lebih jauh dari sekadar mimikri visual.

Ketika terancam, ular berbisa Gaboon diketahui memiringkan kepala mereka dan melepaskan desisan peringatan panjang sebelum menyerang calon pemangsa.

Baca Juga: Terpopuler, Istri Pelawak Ikut Program Bayi Tabung dan Kehilangan Anaknya Hingga Pernikahan Gaib Dengan Ular

Seorang ahli herpetologi dari Centre de Recherche en Sciences, Republik Demokratik Kongo, Chifundera Kusamba, dan rekan penulis penelitian, secara pribadi mengamati kodok yang mengeluarkan suara mendesis yang serupa.

Kodok juga dikenal untuk melakukan tampilan busur, di mana anggota tubuhnya tidak digunakan untuk menopang tubuhnya, memberikan penampilan yang mirip dengan ular yang memiringkan kepalanya dan bersiap untuk menyerang.

Baca Juga: Tekan Penularan Virus Rabies, Dinas Pertanian dan Peternakan Lakukan Vaksinasi

Sebuah perbandingan dari distribusi geografis kodok raksasa Kongo dan ular berbisa Gaboon di Republik Demokratik Kongo menemukan hal yang signifikan.

kata para peneliti, perbandingan itu mengungkapkan bahwa kodok tampaknya tidak ada di daerah-daerah di mana ular berbisa itu tinggal.

Terlebih lagi, kodok raksasa Kongo dan ular berbisa Gaboon keduanya pertama kali berevolusi pada waktu yang sama di Zaman Pliosen awal, sekitar 4 hingga 5 juta tahun yang lalu.

Mengingat penampilan dan perilaku mereka yang serupa, serta rentang yang sama, kemungkinan kodok dan ular berbisa bersama- sama.

Para peneliti menyimpulkan, lebih lanjut mendukung hipotesis mereka bahwa kodok berevolusi untuk meniru ular berbisa sebagai strategi bertahan hidup.

"Mengingat ukurannya yang relatif besar dan karenanya memiliki nilai kalor katak ini dibandingkan dengan spesies lain, itu akan membuat mangsa yang menggoda bagi berbagai macam predator generalis, termasuk primata dan mamalia lain, kadal, ular, dan burung," kata Kusamba.

(Mega Khaerani)

Editor : Rebi

Baca Lainnya