Gunakan Inseminasi Buatan, Kebun Binatang Cincinnati Sambut Kelahiran 3 Anak Kucing Ocelot yang Terancam Punah

Jumat, 03 Mei 2019 | 19:30
El Paso

Gunakan Inseminasi Buatan, Kebun Binatang Cincinnati Sambut Kelahiran 3 Anak Kucing Ocelot yang Terancam Punah

WIKEN.ID -Ahli zoologi dan masyarakat umum di seluruh dunia sangat khawatir dengan meningkatnya jumlah spesies hewan yang terancam punah.

Ada data yang menunjukkan korelasi antara populasi manusia dan spesies yang terancam dan hampir punah, menunjukkan bahwa populasi manusia yang terus meningkat berbahaya bagi seluruh ekosistem.

Selain itu, efek berbahaya dari aktivitas manusia juga mendorong hewan keluar dari habitat alami mereka.

Salah satu cara yang para ilmuwan coba untuk mencegah beberapa spesies punah adalah dengan menerapkan penangkaran.

Baru-baru ini, tiga anak kucing ocelot yang luar biasa menggemaskan disambut ke dunia ini mengikuti prosedur inseminasi buatan (AI) menggunakanair mani beku.

Baca Juga : Penasaran dengan Kelakuan Kucingnya di Malam Hari, Pria Ini Pasang CCTV dan Inilah yang Ia Temukan

Triokucing ocelot kecil lahir melalui inseminasi buatan di Cincinnati Zoo & Botanical Garden di Ohio Maret ini.

Di alam liar, hanya ada beberapa lusin ocelot tetapi para ilmuwan berharap bahwa menggunakan teknologi modern dan inseminasi buatan dapat membantu melestarikan banyak spesies yang terancam punah.

Anak kucing semuanya adalah keturunan ocelot jantan yang dianggap paling berharga secara genetik di kebun binatang Amerika Utara mana pun.

Jack, seekor ocelot berusia 16 tahun, tinggal di kebun binatang Houston tetapi dibawa dari Brasil pada 2006 ke Kebun Binatang Cleveland di mana air mani kemudian dikumpulkan dan dibekukan.

Sebanyak lima anak kucing ocelot lahir antara 1 Maret dan 2 Maret. N

amun, hanya tiga dari mereka yang selamat dan saat ini dibesarkan oleh ibu mereka masing-masing (Lindy dan Arieta) di fasilitas zoologi.

El Paso

Gunakan Inseminasi Buatan, Kebun Binatang Cincinnati Sambut Kelahiran 3 Anak Kucing Ocelot yang Terancam Punah

Baca Juga : Dihadiahi Ruangan Dipenuhi Tisu Toilet, Video Tingkah Lucu Kucing Ini Jadi Viral!

“Kelahiran ini sangat signifikan karena ini adalah pertama kalinya dalam 24 tahun bahwa AI dengan air mani beku telah berhasil di ocelot. Karena berhasil, ini membuka kemungkinan bagi kebun binatang lain untuk meningkatkan keanekaragaman genetik menggunakan prosedur yang sama, ”kata Pengawas Area Kebun Binatang di Kebun Binatang El Paso, Amanda Stansbury.

Hanya sedikit populasi yang terdiri dari 60 hingga 80 ocelot liar yang masih hidup di Texas Selatan, kucing ini telah dimasukkan dalam daftar spesies langka A.S. selama lebih dari 40 tahun sekarang.

Proyeksi populasi menunjukkan bahwa beberapa spesies kucing kecil, termasuk Ocelot, akan mengalami pengurangan keanekaragaman genetik di kebun binatang selama 50 tahun ke depan.

Teknik penangkaran seperti inseminasi buatan sekarang memainkan peran utama dalam membantu melestarikan keanekaragaman kucing kecil di kebun binatang dan mudah-mudahan dalam waktu dekat, di alam liar juga.

Ocelot adalah kucing liar kecil asli Amerika Serikat bagian barat daya, Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan.

El Paso

Gunakan Inseminasi Buatan, Kebun Binatang Cincinnati Sambut Kelahiran 3 Anak Kucing Ocelot yang Terancam Punah

Baca Juga : Menggemaskan, Dua Kucing Ini Berpergian ke Keliling Jepang dan Diabadikan Lewat Instagram

Ancaman utama terhadap kelangsungan hidup ocelot adalah perusakan habitat mereka karena aktivitas manusia (banyak ocelot mati dalam kecelakaan mobil) dan meningkatnya populasi.

Selain itu, kucing-kucing kecil ini dicari oleh pemburu liar untuk perdagangan ilegal bagian tubuh dan bulu.

Editor : Rebi

Baca Lainnya