Pemenang Indonesia Coffee Roasting Championship 2022, Wisnu Aji Dari Pratter Coffee Roaster Solo

Kamis, 27 Januari 2022 | 19:33
John Diez dari Pexels

Ilustrasi kopi

WIKEN.ID - Roasting merupakan proses penting paling utama dalam mengolah biji kopi.

Proses ini tujuannya untuk menjamin kualitas dan rasa dari biji kopi.

Mulai dari kombinasi teknik, komposisi temperatur, dan aspek lain dalam proses roasting melahirkan keunikan dan kenikmatan tersendiri.

Sehingga, membuat para pecinta kopi mengadakan ajang kompetisi roasting biji kopi untuk lebih mengeksplorasi rasa, mendapatkan pengetahuan, dan menghasilkan rasa kopi yang semakin beragam.

Indonesia Coffee Roasting Championship (ICRC) 2022 yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) menjadi yang pertama merujuk pada aturan dan regulasi World Coffee Roasting Championship.

Baca Juga: Walaupun Sama-sama Kopi, Cappucino, Latte, dan Flat White Itu Berbeda Lho!

Puncak dari kompetisi Indonesia Coffee Roasting Championship (ICRC) 2022 digelar pada Jumat (21/1/2022).

Instagram/@aksi_scai
Instagram/@aksi_scai

Wisnu Aji juara pertama di ICRC 2022

Wisnu Aji dari Pratter Coffee Roaster Solo berhasil meraih gelar juara 1 di kompetisi ICRC 2022.

"bener-bener ngga nyangka bisa menang kaya mimpi, ini pertama aku ikut kompetisi" kata Wisnu sambil tersenyum senang ketika ditemui WIKEN.ID saat di Solo (26/1/2022).

Harapan awalnya, Wisnu hanya ingin menambah teman baru, pengalaman baru, dan juga link di industri ini.

"kita ikut kompetisinya ini goalnya bukan buat menang sih.. kita cuman pengen punya pengalaman baru di industri ini, nambah temen, nambah relasi dan link di industri ini." tambahnya.

Baca Juga: Jarang Ada yang Tahu, Ini Dia Jarak Waktu Yang Pas Untuk Minum Kopi Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Kejuaraan di kompetisi Indonesia Coffee Roasting Championship (ICRC) menerangkan bahwa para pemenang berkesempatan untuk berlaga di World Coffee Roasting Championship di Polandia bulan Juni 2022 mendatang.

Nantinya mereka akan melanjutkan kompetisi roasting internasional World Coffee Roasting Championship (WCRC) mewakili Indonesia.

Instagram/@snama.coffee
Instagram/@snama.coffee

Wisnu Aji

"iya kita ke Poland bulan Juni, rencana dari bulan Februari kita ambil kelas di Bali dan sekalian latihan disana. Kemudian nyiapin paspor, visa, dan mulai sekarang ikut les bahasa Inggris juga sih." ujar Wisnu Aji.

Wisnu Aji menduduki peringkat pertama dari dua belas peserta dan mendapatkan jumlah skor 477,75 lalu diposisi kedua ada Taufan Mokoginta (Four Goods Coffee) dengan jumlah skor 475,00 dan posisi ketiga Oki Herusatmoko (PT Pabrik Produksi Kopi) dengan jumlah skor 472,75.

(*)

Baca Juga: Putra Adjie Massaid Kini Banting Tulang Jualan Makanan, Keanu Pendam Rindu pada Angelina Sondakh: Baca Al Quran dengan Ibu

Editor : Agnes

Baca Lainnya