Tanaman Hias yang Dapat Mempercantik Ruanganmu Ternyata Beracun Bagi Kucing Loh! Ketahui Jenis-jenisnya Apa Saja

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:01
Pawtracks

Ilustrasi kucing

WIKEN.ID - Buat kamu yang memiliki hewan peliharan di rumah terutama kucing, pastikan kamu sudah mengetahui tanaman apa saja yang beracun bagi kucing.

Memang mempunyai tanaman hias di rumah dapat mempercantik ruangan.

Namun, kamu harus benar-benar memperhatikan jenis tanaman hias yang dimiliki.

Perlu diingat bahwa ada banyak tanaman yang beracun bagi kucing.

Dilansir Taste of Home yang dikutip oleh Kompas.com, dalam kasus kecil, tanaman beracun dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau iritasi kulit, tetapi dalam kasus yang serius, dapat menyebabkan kegagalan organ, kejang atau bahkan kematian.

Perilaku kucing menggigit tanaman untuk memperoleh nutrisi dan serat tambahan.

Sayangnya, kucing tidak selalu tahu perbedaan antara tanaman yang buruk dan tanaman yang baik.

Maka dari itu, sebagai pemilik kucing kesayangan dapat memastikan bahwa mereka tidak bisa mengakses ke tanaman yang berpotensi berbahaya.

Lalu, jenis tanaman hias apa saja yang berbahaya bagi kucing ?

Berikut jenis-jenis tanaman yang berbahaya bagi kucing, mengutip dari Kompas.com.

1. Lily

Tanaman dalam ruangan ini mungkin indah, tetapi sangat beracun, bahkan mengancam jiwa, bagi kucing, kata Shelly Zacharias, seorang dokter hewan dan wakil presiden medis di Gallant.

Tanaman bunga lily mengandung kristal oksalat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal.

Jika kamu menduga kucing telah memakan atau mengunyah bunga lily, maka segera bawa kucing ke dokter hewan atau klinik hewan.

“Kucing Anda akan dibuat muntah menggunakan obat yang sesuai, diberi arang aktif dan diberi terapi cairan intravena agresif selama minimal satu hingga tiga hari,” tutur Zacharias.

“Uji laboratorium, termasuk darah dan urin, akan diperiksa di berbagai titik waktu selama beberapa hari. Tergantung pada hasil ini, dokter hewan akan mendiskusikan rencana pemantauan fungsi ginjal atau terapi jangka panjang, jika diperlukan, dari kerusakan ginjal," imbuh dia.

Sebagai pengganti bunga lily, pilihlah tanaman bunga anggrek putih yang indah.

Anggrek tidak beracun untuk hewan peliharaan, cantik dan mudah dirawat.

2. Kuping gajah

Alocasia atau kuping gajah adalah salah satu tanaman hias populer, salah satunya karena daunnya yang menarik. Sayangnya, tanaman ini beracun bagi kucing karena mengandung kalsium oksalat yang tidak larut yang menyebabkan gagal ginjal, menurut ASPCA.

Cari bantuan dokter hewan segera jika kucing kamu telah mengunyah atau mengonsumsi alocasia.

Sebagai pengganti alocasia, kamu dapat memilih untuk merawat tanaman calathea yang menawarkan getaran tropis yang sama dan dedaunan hijau yang kaya dengan alocasia, tetapi aman untuk kucing kamu.

Ini juga merupakan tanaman yang mudah dirawat.

3. Tanaman giok atau jade plant

"Mengonsumsi tanaman ini akan menyebabkan muntah, gejala neurologis seperti inkoordinasi dan terkadang bahkan depresi," ucap Zacharias.

Jika kucing atau anjing memakan daun tanaman giok, segera bawa ke dokter hewan.

"Perawatan akan terdiri dari muntah hanya jika pasien tidak mengalami gangguan neurologis, arang aktif, cairan intravena untuk membantu mendukung pasien dan membuang toksin lebih cepat dari tubuh, pemantauan dan dukungan gejala," terang Zacharias.

Meskipun tidak terlalu lebar dan berdaun, kamu dapat mengganti tanaman giok dengan haworthia retusa, yang memilik struktur daun yang sama tebal dan berair seperti tanaman giok.

4. Lidah buaya

Meskipun lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk manusia, salah satunya untuk obat, namun tanaman ini beracun bagi kucing

"Gel lidah buaya sendiri sebenarnya dianggap dapat dimakan saat diekstraksi, tetapi bahan tanaman tebal yang mengelilingi gel dapat menyebabkan gangguan pencernaan (termasuk muntah), lesu dan diare," kata ASCPA.

Meskipun tidak terlalu beracun seperti beberapa tanaman lain, sebaiknya jauhkan lidah buaya dari jangkauan hewan peliharaan.

Hubungi dokter hewan jika kamu menduga kucing telah memakan daun lidah buaya.

Sebagai ganti tanaman lidah buaya, tanaman sukulen haworthia zebra secara teknis lebih kecil, tetapi menawarkan estetika yang hampir sama dengan tanaman lidah buaya.

Kamu dapat membelinya dalam berbagai ukuran dan warna. Karena ini adalah tanaman sukulen, perawatannya juga mudah.

5. Sirih gading

Tanaman ini mengandung kalsium oksalat yang tidak larut yang menyebabkan iritasi mulut, tenggorokan, lidah dan bibir, serta rasa terbakar yang hebat, air liur berlebihan (hipersalivasi), muntah dan kesulitan menelan. Hubungi dokter hewan segera jika kucing memakan daun sirih gading.

Jangan memaksakan kucing untuk muntah, tetapi jika mata kucing terpengaruh, siram dengan air.

Adapun jika kulitnya terkena, mandikan kucing kamu.

6. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua (Sansevieria trifasciata) adalah tanaman hias indoor yang sangat populer karena perawatannya yang sangat mudah.

Namun, tanaman ini beracun bagi kucing.

Tanaman lidah mertua mengandung senyawa kimia yang disebut saponin, yang menyebabkan kucing mual, muntah dan diare jika dikonsumsi atau dikunyah.

Seperti lidah buaya, tanaman lidah mertua memiliki toksisitas yang lebih ringan pada kucing.

Jika kamu menduga kucing telah mengunyah atau memakan tanaman lidah mertua dan menunjukkan gejala, segera hubungi dokter hewan.

(*)

Baca Juga: Nyangkut di Atap Rumah Selama 4 Hari, Pemadam Kebakaran Sampai Turun Tangan Selamatkan Hewan Ini

Baca Juga: Wow Gigitan Hewan Karnivora Terkuat Ada Pada 10 Jenis Hewan Ini!

Baca Juga: Wajib Mengetahui Bagi Pemilik Kucing, Seberapa Sering Si Anabul Harus Dibawa ke Dokter Hewan?

Editor : Pipit

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya