Tri Suaka Ramai Dibicarakan Gegara Honornya Rp 50 Juta Hingga Minta Rokok 1 Slop, Begini Pengertian Rider Konser yang Sebenarnya!

Selasa, 26 April 2022 | 11:02
(Instagram/xdjtrisuaka)

Tri Suaka

WIKEN.ID -Nama Tri Suaka dan Zinidin Zidan belakangan ini viral di jagad media sosial buntut video parodinya yang dinilai menghina Andika Kangen Band.

Baik Tri Suaka maupun Zinidin Zidan telah meminta maaf, dan sama-sama mengaku tak ada niatan mengolok-olok Andika Kangen Band.

Usai namanya viral, baru-baru ini beredar potret rider konser penyanyi Tri Suaka.

Dilansir dari Tribunnews, Tri Suaka meminta fee sebesar Rp 50 juta per jam saat manggung.

Baca Juga: Pemerintah Kini Telah Memperbolehkan Mudik Lebaran 2022, Begini Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Agar Terhindari dari Covid-19

Tak berhenti sampai di situ, ia juga meminta untuk menginap di hotel bintang 4 atau 5 dan meminta rokok Surya satu slop, buah-buahan, snack, hingga minuman.

Selain itu, ia juga punya permintaan berupa pijat refleksi.

Twitter jawafess

Tri Suaka

Lantas, apa itu rider? Seperti apa penjelasannya?

Mengutip How to Concert, rider diberikan bersama kontrak dan berfungsi sebagai tambahan pada syarat dan ketentuan kontrak.

Baca Juga: Video Parodi Tri Suaka dan Zinidin Zidan Tirukan Gaya Nyanyi Andika Kangen Band Viral, Babang Tamvan: Banyak Artis Gak Terima

Rider dapat dianggap sebagai bagian dari kontrak, tapi tidak selalu dapat dinegosiasikan.

Menurut Music Gateaway, rider dibuat untuk mengomunikasikan pada penyelenggara acara, apa saja yang dibutuhkan oleh artis, baik di dalam ataupun luar panggung, untuk menunjang penampilan agar mereka bisa memberikan yang terbaik.

Lewat listing rider, penyelenggara dapat memperkirakan apa yang dibutuhkan artis di setiap perjalanannya (apakah itu tur atau pertunjukan satu kali).

Hal ini juga membantu menghindari gangguan selama pertunjukan, serta perselisihan sebelum, selama, dan setelah acara karena harapan yang tidak terpenuhi.

Baca Juga: Ramalan Gisel Hari Ini: Segala Hal dalam Kehidupan Percintaan Berjalan dengan Baik, Scorpio Girl Tak Perlu Merasa Takut dan Khawatir!

"Jika kamu merencanakan pertunjukan, selalu tanyakan tim artis soal rider sebelum membuat penawaran untuk memastikan kamu bisa menyediakan semua barang yang mereka minta," terang konsultan acara musik di Amerika Serikat, Jolene Chevalier.

"Jika tidak dapat memenuhi semua rider, buat daftar apa yang mungkin dan tidak mungkin pada penawaranmu, sehingga artis tahu apa yang diharapkan dari awal," imbuhnya.

Biasanya, rider terbagi menjadi dua bagian utama, rider teknis dan rider akomodasi.

Rider teknis memuat detail teknis yang diperlukan untuk pertunjukan, seperti pengaturan suara dan rencana panggung.

Baca Juga: Dua Kali Mangkir dari Panggilan Bareskrim Mabes Polri Terkait Kasus DNA Pro, Billy Syahputra Akhirnya Angkat Bicara, Begini Alasannya

Sementara, rider akomodasi mencakup informasi persyaratan non-teknis untuk mendukung penampilan artis, seperti makanan, transportasi, hotel, dan jumlah tim artis.

Berikut ini hal-hal yang mungkin termasuk dalam rider artis:

- Suara/audio- Pencahayaan- Keamanan- Backline (instrumen, amp, dan/atau peralatan DJ)- Ukuran panggung

Baca Juga: Tetap Olahraga Meski Sedang Puasa, Ternyata Berlari Memiliki Segudang Manfaat Lho, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Kematian dari Penyakit Ini!

- Plot panggung- Kebutuhan staf di tempat konser- Menu makan yang disediakan- Makanan ringan- Minuman- Jumlah pembelian makanan- Info kontak untuk personel tur. (*)

Editor : Hafidh