Trik Tetap Aktif saat Puasa hingga Atasi Tenggorokan Kering, Coba Lakukan Ini Setelah Sahur

Rabu, 13 April 2022 | 15:02
freepik.com/syarifahbrit

Ilustrasi Puasa

WIKEN.ID -Bulan ramadhankini jadi yang paling dinanti umat muslim.

Wikeners sudah tahutrik agar tetap aktif saat puasa, nih?

Tak sedikit yang harus menahan rasa haus yang tidak tertahankan.

Hal ini bisa dipicu oleh aktivitas yang padat ataupun kondisi cuaca yang kering.

Meski hal ini Anda alami, tentu Anda tidak boleh membatalkan puasa dengan meneguk air.

Jika Anda sering mengalaminya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan loh.

Hal ini bisa membantu Anda mengatasi rasa haus yang tidak tertahankan saat puasa.

Puasa Anda pun tidak akan batal karena rasa haus yang Anda alami.

Apa saja? simak ulasannya.

Baca Juga: Kehilangan Banyak Teman Saat Dipenjara, Angelina Sondakh Sebut Maia Estianty Kerap Menjenguk ke Lapas: Udah Mau Mati, Untung Lo Datang

Cara Menghilangkan Haus saat Puasa Tanpa Minum

Berikut cara menghilangkan haus tanpa harus membatalkan puasa:1. Jauhi aktivitas yang membuat berkeringat

Jika Anda merasa haus tidak tertahankan, segera jauhi aktivitas yang membuat berkeringat.Berkeringat akan membuat tubuh kita kehilangan banyak air.Akibatnya, cairan dalam tubuh berkurang dan rasa haus mulai menyerang.Saat puasa, sebaiknya Anda segera beristirahat dari aktivitas yang membuat kita banyak berkeringat.2. Sering mandiCara yang ampuh untuk mengurangi rasa haus saat berpuasa adalah mandi dengan air dingin yang menyegarkan.

Baca Juga: Kini Jadi Tersangka, Terbongkar Peran Vanessa Khong dalam Kasus Binomo, Terima Aliran Dana Miliaran Rupiah dari Indra Kenz?

Mandi dengan air dingin bisa membuat otak berpikir bahwa tubuh kita terhidrasi atau cukup air.Jika Anda tidak sempat mandi, Anda bisa juga mengelap dan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk basah untuk memberikan efek segar pada tubuh.3. Gunakan es batuSama halnya handuk basah, es batu juga akan memberikan efek segar pada tubuh selama puasa.Anda bisa coba membalut es batu dengan handuk dan meletakkannya di area leher, pergelangan tangan, dada, dan pelipis.Area-area tersebut merupakan titik nadi tempat pembuluh darah terdekat dengan permukaan kulit.Sehingga, cara ini mampu menurunkan suhu darah yang mengalir dan tubuh pun terasa lebih sejuk dan rasa haus pun berkurang.

Baca Juga: Wah Kalau Ini Sih Namanya Ngajak Perang, Dewi Perssik Mendadak Tantang Nikita Mirzani Duel di Ring Tinju: Capek Bacot-bacotan..

4. Pilih pakaian yang menyerap keringatMenggunakan pakaian tipis dan menyerap keringat bisa mencegah tubuh kehilangan banyak air akibat keluarnya keringat.Panas akan lebih mudah melewati kain berbahan serat alami seperti katun dan linen.Mengenakan kedua bahan di atas, panas tubuh akan mudah keluar dan tidak menyebabkan kita berkeringat terlalu banyak.5. Perhatikan asupan cairanSelain cara di atas, Anda harus memastikan kebutuhan cairan selama puasa terpenuhi, ya.Jangan lupa untuk memenuhi minum minimal delapan gelas air setiap hari.Saat berbuka, minumlah segelas air masing-masing sebelum dan sesudah makan.Lalu minum dua gelas air setelah shalat tarawih, dan segelas lagi saat mau tidur.Lalu minumlah dua gelas air saat bangun untuk sahur, dan segelas setelah makan sahur.Dengan memenuhi kebutuhan cairan dan memerhatikan aktivitas kita, kita akan terhindar dari rasa haus saat puasa.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: Berlapis Emas dan Swarovski, Mukena Dagangan Syahrini Laris Manis Meski Dijual Jutaan Rupiah, Ini Tampilannya

Artikel ini telah tayang di Bobo.id dengan judulBagaimana Cara Hilangkan Haus Tanpa Membatalkan Puasa? Ini 4 Tipsnya

Editor : Amel