Ingin Panjang Umur, Tekuni Hobi Berlari, Ini Manfaatnya Lainnya

Selasa, 15 Februari 2022 | 07:40
https://unsplash.com

Hobi berlari adalah kegiatan yang kaya manfaat.

WIKEN.ID – Hobi berlari adalah kegiatan yang kaya manfaat. Selain itu hobi berlari adalah salah satu jenis olah raga yang simpel tak memerlukan peralatan. a banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan tanpa harus repot, salah satunya yakni berlari. Selain gampang diterapkan, lari juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, baik kesehatan fisik maupun kesehatan menta

Semua orang ingin hidup sehat dan panjang umur.

Namun, banyak yang beralasan bahwa hal tersebut sangat sulit untuk didapatkan.

Sejatinya, hidup sehat sangat mudah untuk didapatkan, salah satunya dengan rutin melakukan hobi berlari.

Dikutip dari laman huffpost.com, sebuah studi di Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa berlari lima menit sehari dapat meningkatkan kesehatan dan umur hampir sebanyak 150 menit seminggu.

Dalam sebuah artikel New York Times,baru-baru ini berfokus pada penelitian gerakan Dr. James Levine.

Artikel tersebut mengatakan bahwa berjalan di lingkungan sekitar selama dua menit sebanyak tiga kali dalam satu jam lebih bermanfaat dalam mengembalikan kesehatan yang akibat buruknya gaya hidup sehari-hari, ketimbang menghabiskan waktu di gym center setelah kerja selama satu

Lebih jelasnya, berikut manfaat yang didapat dari rutin berlari 5 menit setiap hari

Mengurangi kemungkinan terserang penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat.

Menyisihkan waktu lima menit per hari untuk berolahraga aerobik sedang dapat mengurangi risiko kematian bahkan sampai 50%.

Sebuah studi yang meneliti lebih dari 55.000 orang dewasa, mengamati kebiasaan olahraga mereka selama 15 tahun, dan menemukan bahwa orang yang cukup aktif bergerak justru memiliki hati dan paru-paru yang lebih kuat.

Mengurangi risiko semua penyebab kematian

Studi yang sama juga menemukan bahwa risiko seseorang meninggal karena sebab apa pun berkurang hampir sepertiganya, jika ia berolahraga kurang dari 51 menit per minggu, dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga sama sekali.

Hidup tiga tahun lebih lama

Olahraga tidak hanya dapat mengurangi risiko kematian, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan hidup.

Dari sampel 55.000 yang berpartisipasi dalam studi yang disebutkan di atas, mereka yang berolahraga secara teratur hidup rata-rata tiga tahun lebih lama.

Peningkatan tekanan darah

Mengingat kebugaran kardiovaskular yang meningkat seiring dengan olahraga, seharusnya tidak mengejutkan bahwa berolahraga secara teratur akan meningkatkan tekanan darah.

Para peneliti menerbitkan studi tentang latihan interval aerobik yang mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi miokard pada pasien hipertensi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventative Cardiology.

Studi ini menunjukkan bahwa semakin banyak olahraga jantung, hal tersebut semakin baik dalam mengatur tekanan darah.

Tekanan darah yang sehat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Mengurangi sensitivitas gula darah

Ketika tubuh Moms terlalu sensitif terhadap penurunan dan kenaikan gula darah, Moms bisa berisiko lebih tinggi terkena diabetes.

Diabetes membunuh lebih dari 71.000 orang setiap tahun di Amerika Serikat saja.

Penelitian dari Kowsar Medical Institute menunjukkan bahwa berlari secara teratur dapat membantu mengurangi sensitivitas gula darah bahkan pada orang yang sudah menderita diabetes.

Suasana hati yang lebih baik

Berlari terbukti dapat meningkatkan mood setelah kita melakukannya.

Bayangkan jika Moms bisa rutin berlari selama lima menit setiap pagi, hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan bahwa Moms akan berada dalam suasana hati yang menyenangkan sepanjang hari.

Tidur yang lebih baik

Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur daripada pil tidur sekalipun, dan bahkan tanpa adanya efek samping.

Sebuah studi tahun 2012 tentang lari pagi setiap hari, yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health, menemukan bahwa lari pagi setiap hari menyebabkan tidur yang lebih baik secara signifikan pada sekelompok remaja yang sehat.

Meningkatkan fungsi mental

Sbuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry, menunjukkan bahwa rutin berlari dapat meningkatkan fungsi mental, terutama ketika belajar.

Maka dari itu, kini beberapa sekolah mulai menerapkan olahraga di pagi hari untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar.

Yuk galakan hobi berlari. (*)

Editor : Alfa