Bikin Geger Warga Satu Kampung, Janda Muda Asal Cianjur Ngaku Dihamili Oleh Angin, Dokter Langsung Syok Saat Ketahui Fakta Ini!

Selasa, 14 Desember 2021 | 09:09
Pixabay/sasint

Ilustrasi melahirkan tanpa dijahit

Bikin Geger Warga Satu Kampung, Janda Muda Asal Cianjur Ngaku Dihamili Oleh Angin, Dokter Langsung Syok Saat Ketahui Fakta Ini!

WIKEN.ID -Kehadiran seorang anak biasanya hal yang paling dinanti-nantikan oleh pasangan yang sudah menikah.

Namun, apa jadinya jika hal itu dialami oleh seorang janda yang sudah lama cerai dari suaminya.

Aneh bin ajaib memang, namun janda di Cianjur ini benar-benar melahirkan seorang anak tanpa merasakan hamil seperti wanita pada umumnya.

Wanita bernama Siti Jainah itu pun kaget dengan apa yang dialami lantaran ia mengaku masih rutin haid dan tidak melakukan hubungan badan dengan siapapun.

Baca Juga: Keluarga Ahmad Dhani dan Mulan Jameela Diduga Kabur Karantina, Statusnya Sebagai Anggota DPR Langsung Jadi Sorotan, Adam Deni: Kejadian Part 2..

Atas kejadian ini, Kapolsek Cidaun, AKP Sumardi mengatakan pihaknya telah mendatangi kediaman janda yang baru 4 bulan lalu cerai ini.

"Jadi terkait kabar ini kami sudah melakukan pengecekan ke rumah tempat sang ibu tersebut melahirkan. Kami akan melakukan pengecekan dari kabar yang masih simpang siur ini," ujarnya seperti yang dikutip dari Tribunnews.com.

Siti Jainah sendiri mengaku tidak pernah merasakan tanda-tanda kehamilan.

Dirinya hanya merasakan seperti ada angin yang masuk lewat organ kewanitaannya saat sedang bersantai di rumah.

Baca Juga: Padahal Sudah Dibelikan Cincin Kawin, Agnez Mo Harus Kubur Keinginannya Tak Jadi Menikah dengan Deddy Corbuzier: Akhirnya Bubar!

Setelah itu, ia merasakan perutnya sakit dan perlahan membuncit.

Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama, karena perutnya kembali ke bentuk semula.

"Waktu itu saya mengira (perut membuncit) penyakit lambung saya kambuh," kata Siti Jainah.

Sementara itu, bidan desa Riska Setiani mengatakan, Siti Jainah yang mengeluh sakit perut dinyatakan hamil setelah diperiksa.

"Kondisinya pun sudah waktunya melahirkan," kata Riska kepada wartawan, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga: Istri Pertamanya Disebut Tak Kuat Puaskan Nafsu Limbad, Sang Pesulap Ternyata Harus Bayar Rp 30 Miliar Demi Bisa Kawin Lagi!

Menurut Riska, kasus yang dialami Siti Jainah merupakan yang pertama kali terjadi di wilayah itu.

"Namun, secara medis memang ada kasus kehamilan yang tidak disadari," kata Riska.

Pelaksana tugas Dinas Kesehatan Cianjur Irvan Nur Fauzi mengaku telah menerima kabar tentang ibu muda yang tiba-tiba bersalin di Puskesmas Cidaun.

Dalam kaca mata medis, dia menyebut, kasus yang dialami Siti Jainah dikenal sebagai cryptic pregnancy atau kehamilan samar.

"Mengapa itu bisa terjadi. Penyebabnya dua hal, faktor fisik atau faktor psikis. Bisa salah satu di antaranya atau bisa keduanya," kata Irvan seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Artis Ini Pernah Jadi Bintang Tamu Podcastnya, Deddy Corbuzier Ngaku Dibuat Emosi Saat Wawancarai Sosok Ini: Gue Pengen Tempeleng!

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi sekaligus konsultan fertilitas endokrinologi dan reproduksi di RS Pondok Indah, Jakarta, dr Yassin Yanuar Mohammad, SpOG-KFER, menduga, kasus yang terjadi di Cianjur itu sama dengan fenomena yang pernah terjadi di Ciamis, Jawa Barat, pada Januari 2021.

Seperti diberitakan Kompas.com pada 14 Januari 2021, seorang wanita bernama Dedeh (33), warga Dusun Pangligaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tiba-tiba melahirkan bayi tanpa menyadari bahwa dirinya hamil.

Yassin mengatakan, cryptic pregnancy bukanlah fenomena baru.

Dia mengatakan, fenomena itu adalah suatu kondisi ketika seseorang tidak menyadari atau tidak merasa dirinya hamil.

Baca Juga: Kehidupan Asmaranya Tak Semoncer Kariernya, Ariel NOAH blak-blakan Alasannya Masih Betah Sendiri, Masih Nunggu Luna Maya?

"Cryptic pregnancy itu kondisi 'merasa tidak hamil', bukan tidak hamil," kata Yassin saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Kasus-kasus tersebut telah beberapa kali ditemukan, seperti yang terjadi di Ciamis pada Januari lalu, dan yang baru-baru ini terjadi di Cianjur.

Akan tetapi, menurut Yassin, kasus cryptic pregnancy sangat jarang terjadi.

"Faktor risiko cryptic pregnancy belum jelas. Namun hal ini bisa saja terjadi pada yang memiliki siklus haid yang jarang, sehingga merasa bahwa bila tidak haid adalah hal yang wajar, dan ketika hamil tidak menyadarinya," kata Yassin lebih lanjut. (*)

Artikel ini telah tayang di GridPop.ID, dengan judul "Ngaku Dihamili Angin, Janda Muda Ini Bikin Geger Warga Sekampung Saat Benar-benar Melahirkan Anak, Dokter dan Polisi Sampai Turun Tangan Ungkap Fakta Sebenarnya"

Editor : Hafidh