Viral Ajak Ramai-ramai Warga Asing Pindah ke Bali karena Biaya Hidup Murah, Pihak Imigrasi Akui Kantongi Identitas Sang WNA

Selasa, 19 Januari 2021 | 17:30
Tangkap layar twitter/kristentootie

Akun Kristen Gray di twitter

Masuk ke Indonesia saat pandemi dan bagikan tips tinggal di Bali, WNA ini jadi viral. Pihak imigrasi sebut sudah kantongi identitas

WIKEN.ID-Baru-baru ini viral thread dalam twitter tentang seorang warga negara asing yang pindah ke Bali selama pandemi covid-19.

Tidak hanya itu, ia juga diketahui menjual buku yang berisi pengalamannya hidup di Bali dan bagaimana cara agar bisa ke Bali di masa pandemi ini.

Thread ini menyita perhatian pengguna twitter lantaran dianggap bisa menginspirasi banyak turis asing untuk memulai hidup baru mereka di Bali.

Ditambah lagi, dua warga negara asing tersebut diketahui tak memperpanjang visa kunjungan mereka yang hanya berlaku 6 bulan dan diketahui mangkir pajak.

Usai viralnya thread tersebut, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia pun diketahui sudah menemukan keberadaan wanita bernama Kristen Gray ini.

Baca Juga: Ramalannya Berbuntut Panjang, Mbak You akan Dilaporkan ke Polisi Usai Sebut Jokowi Lengser di 2021, Ini Pasal yang akan Menjeratnya

Ia disebut tinggal di Kabupate Karangasem, Bali.

"Di daerah Karangasem tinggalnya. Pihak Imigrasi di Bali sudah dapat data yang bersangkutan, data paspor, dan data ijin tinggalnya," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang kepada Tribunnews.com, Selasa (19/1/2021).

Arvin mengatakan pihak Imigrasi akan memanggil Kristen Gray untuk dimintai keterangan terkait cuitan di akun Twitter-nya yang bikin viral tersebut.

"Hari ini yang bersangkutan diminta hadir ke Imigrasi Denpasar untuk dimintai keterangan," katanya.

Baca Juga: Meski Sudah Berpisah dari Sang Suami, Eva Belisima Bongkar Pengakuan Terlarang, Akui Masih Berhubungan dengan Kiwil: Saya Sayang Beliau!

Twitter.com/kristentootie
Twitter.com/kristentootie

Unggahan Kristen Gray soal tinggal di Bali yang viral di media sosial Twitter

Di Twitter, ada screenshoot tulisan Kristen Gray di Instagram yang berkata bahwa dia memakai visa legal.

Namun, apabila Kristen memang memakai visa turis, maka Ditjen Imigrasi berkata ada risiko deportasi.

"Ya nanti lihat hasilnya dulu. Orang asing yang terbukti melakukan pelanggaran bisa di deportasi atau bahkan bisa dipidanakan," sebut Arvin.

Demi menangkal kejadian serupa, Arvin lantas menjelaskan bagaimana aturan tinggal bagi turis asing di Indonesia.

Sejak tanggal 2 April 2020, Pemerintah RI telah melakukan pembatasan perjalanan bagi orang asing ke wilayah Indonesia.

Baca Juga: Hanya Minta Bisnisnya Sukses, Reino Barack Malah Dipertemukan Oleh Sosok yang Mengubah Hidupnya, Siapa?

Kini, WNA dilarang masuk ke Indonesia hingga 25 Januari 2021. Tapi, ada beberapa pengecualian yang diberikan.

"Beberapa pengecualian, pertama, alasan kemanusiaan, kedua, pemegang visa diplomatik dan visa dinas untuk kegiatan resmi level menteri ke atas, ketiga, pemegang Ijin tinggal diplomatik dan dinas, keempat, pemegang Ijin tinggal terbatas dan ijin tinggal tetap," jelas Arvin.

Di antara alasan kemanusiaan yang dimaksudkan adalah mengunjungi orang tua atau saudara kandung yang sakit atau meninggal.

Selain itu adalah untuk keperluan medis di Indonesia.

Adapun terkait ijin tinggal turis asing, pada awal masa pandemi, kebijakan untuk WNA yang masih berada di Indonesia diberikan kelonggaran untuk tetap tinggal dengan menggunakan Izin Tinggal Keadaan Terpaksa (ITKT).

Baca Juga: Sebut Putrinya Dicuci Otak, Ibunda Indah Permatasari Rupanya Sempat Ungkap Syarat untuk Arie Kriting Demi Status Menantu: Dia Abaikan!

Youtube/@lovesaundra

Kristen Gray dan pacarnya

Kebijakan ini rencananya dilakukan hingga ada penerbangan pulang ke negara mereka.

"Kebijakan tersebut kemudian diubah dengan kebijakan visa onshore, yaitu WNA yang izin tinggalnya sudah habis bisa mengajukan visa baru secara online tanpa perlu keluar Indonesia," ujar Arvin.

Dengan penutupan gerbang dan masuknya WNA secara selektif saat pandemi virus Corona, WNA di Bali dengan nama Twiter kristen Gray (@kristentootie) justru mempromosikan ajakan kepada warga asing untuk pindah ke Pulau Dewata.

Dia juga menyebut memiliki agen visa khusus.

"Terkait dengan agen visa, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan keimigrasian berupa penerbitan visa secara online yang bisa diurus langsung oleh orang asing melalui penjaminnya, sehingga tidak ada lagi kontak antara petugas dengan pemohon secara langsung," kata Arvin.

Baca Juga: Disaksikan Keluarga Besar, Lesti Kejora dan Rizky Billar Terlibat Cekcok, Billar: Ego Kamu Besar Banget!

Seperti diketahui, seorang wanita warga negara Amerika memicu kemarahan para netizen Tanah Air setelah mengunggah sebuah thread untuk mengajak turis asing tinggal di Bali.

Thread dari akun Kristen Gray pada Sabtu (16/1/2021) berisi tentang bagaimana dirinya putus asa tinggal di Los Angeles dengan biaya hidup tinggi dan kesulitan mencari kerja lalu memutuskan pindah ke Bali.

Dia menceritakan banyak benefit yang dia rasakan selama tinggal di Bali, seperti biaya hidup yang murah, gaya hidup mewah, ramah terhadap queer (identitas seksual minoritas), dan adanya komunitas kulit hitam.

Baca Juga: Selalu Berada di Sisi Sang Istri, Terungkap Alasan Bibi Ardiansyah Tetap Temani Vanessa Angel: Setiap Masalah Kita Selesaikan Bareng

Namun, thread yang kini telah dihapus tersebut justru mendapat serangan dari warganet Indonesia. Bahkan, topik Bali tengah trending di Twitter.

Mereka menuding Gray tinggal di Bali tanpa membayar pajak dan merebut pekerjaan warga lokal.

Mengutip Kompas.com, unggahan Gray di Twitter akhirnya menjadi trending karena mendapat kecaman dari netizen. Apa yang dilakukan Grey dinilai tak bijak karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Saat ditelusuri di sistem Imigrasi, nama Kristen Gray tak terdaftar.

"Sejauh ini kami cek di data perlintasan belum ada mendapatkan nama Kristen Grey," kata Kepala Divisi Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto saat ditemui di kantornya, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Kandungannya Sudah Berusia 7 Bulan, Zaskia Sungkar Kini Harus Rela Hindari Hal yang Disuka Demi Buah Hati: Ya Allah Berat Banget

Meski begitu, Imigrasi sudah mendapatkan informasi alamat dan agen atau sponsor penjamin Grey masuk Indonesia.

“Kami sudah menurunkan beberapa tim. Tim melakukan pengecekan terhadap sponsor yang bersangkutan dan alamatnya benar di Bali,” kata Eko.

Eko menduga, pemilik akun Twitter itu tinggal di kawasan Nusa Dua, Bali.

Pihak Imigrasi masih menelusuri keberadaan Gray. Imigrasi akan memeriksa izin tinggal pemilik akun @kristentootie tersebut. Jika ditemukan pelanggaran, Imigrasi akan mengambil tindakan sesuai aturan yang berlaku.

“Sanksi kami harus mendalami dulu sejauh mana pelanggaran yang dilakukan. Kita cek dokumen Imigrasinya," jelas Eko.(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya