Sering Salah Kaprah, Jangan Campurkan Madu dengan Bahan Ini, Khasiatnya akan Hilang Seketika!

Sabtu, 05 Desember 2020 | 20:00
freepik

Cara menyimpan madu

Dikenal baik untuk tubuh, madu nyatanya tak boleh dicampurkan dengan bahan ini karena akan hilang manfaatnya

WIKEN.ID-Madu memiliki sederet manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Bahkan madu juga disebut lebih sehat dan baik dibandingkan gula.

Madu juga dikena baik untuk kulit dan berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Menjadi salah satu makanan paling menyehatkan, nyatanya madu justru akan hilang khasiatnya jika dicampurkan dengan bahan satu ini.

Bahan ini adalah air panas.

Baca Juga: Minta Ampun Usai Wajahya Dicelupkan ke Baskom Air Es, Ayu Ting Ting Malah Tak Sengaja Bocorkan Pernikahannya dengan Adit Jayusman

Seperti yang diketahui, terkadang ada orang yang mengonsumsi madu dengan dicampurkannya ke air panas atau air hangat.

Namun tahu tidak, begitu kita mencampurkan madu ke dalam air panas atau hangat, madu justru akan merugikan untuk kita, lho!

Benarkah?

Baca Juga: Kantongi Restu Netizen Seantero Negeri, Denny Darko Terawang BCL Bakal 'Ketiban Rejeki Nompok' Jika Menikah dengan Ariel NOAH: Bikin Hoki!

Madu sendiri memang punya banyak manfaat pada tubuh.

Namun banyak orang yang enggak sadar apa yang sebenarnya terjadi pada madu ketika dicampurkan dengan air panas.

Madu sendiri punya kandungan gula alami di dalamnya.

Ketika gula tersebut diberi panas, madu bakalan mengeluarkan kimia bernama 5-hydroxymethylfurfural yang dipercaya mengandung karsinogen atau beracun!

Baca Juga: Pernah Kirim Surat Cinta untuk Luna Maya, Tabiat Asli Reino Barack Terungkap Lewat Tulisan Tangannya: Punya Rasa Bersalah

Walaupun katanya bisa mengeluarkan kandungan karsinogen yang beracun, tapi tidak langsung berpengaruh sama kesehatan kita, kok.

Sebenarnya yang terjadi adalah ketika kita memasukkan madu ke dalam air hangat atau memanaskan madu, bentuk madu dan enzim terbaik madu akan menjadi rusak.

Dengan begitu, madu bakalan lebih mudah kehilangan manfaatnya, seperti kehilangan enzim, vitamin, dan mineral yang berharga untuk tubuh.

Baca Juga: Bikin Puluhan Wanita Klepek-klepek, Sosok Ini Justru Berani Tolak Mentah-mentah Lamaran Vicky Prasetyo: Gak Mau Jadi Gimmick!

Jadi, bolehkah mencampurkan madu ke air panas?

Sebenarnya boleh saja, karena terkadang madu yang terlalu keras juga enggak enak ketika dikonsumsi.

Asalkan, kita harus pastikan suhu air hangat kita sesuai dengan suhu yang berada di dalam sarang lebah, yaitu tepat di kisaran 35 derajat celcius.

Baca Juga: Baru Usia 6 Tahun, Wendy Cagur Ungkap Anaknya Sudah Bisa Ramalkan Masa Depan Jokowi Jauh Sebelum Pilpres: Tuh Kan Dede Bilang!

Kalau lebih dari itu, biasanya madu bakalan lebih cair, tapi khasiatnya akan berkurang!

Intinya, kita boleh banget mencampurkan madu ke dalam air panas selama air tersebut bersuhu kisaran 35 derajat celcius, ya!(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya