Sebelum Meninggal, Bocah Penghafal Al-Quran ini Lantunkan Ayat Suci hingga Beri Pesan Menyentuh untuk Orangtuanya: Baim Sudah Ikhlas, Ayah Ibu Harus Kuat

Jumat, 02 Oktober 2020 | 16:30
TRIBUNJAKARTA.COM

Suasana haru saat pemakaman Baim di Makam Keluarga dekat rumah duka di Jalan Raya Seroja, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Rabu, (30/9/2020).

Sebelum Meninggal, Bocah Penghafal Al-Quran ini Lantunkan Ayat Suci hingga Beri Pesan Menyentuh untuk Orangtuanya: Baim Sudah Ikhlas, Ayah Ibu Harus Kuat

WIKEN.ID -Baim wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, (30/9/2020) sekira pukul 02.30 WIB.

Baim, bocah berusia 10 tahun itu viral karena mengigau sambil lantunkan Al-Quran saat terbaring di rumah sakit.

Baim menderita tumor ganas bernama tumor wilms dan tumor PNET setelah hasil diagnosa dokter selama perawatan intensif.

Penyakit yang diderita Baim baru benar-benar ketahuan sejak Mei 2020 lalu.

Baca Juga: Berawal dari Foto dan Surat yang Viral, Inilah Nasib Bocah 10 Tahun Korban Kekerasan

Kini setelah berjuang melawan sakitnya, Baim tutup usia dan telah dimakamkan.

Keikhlasan hati Baim

Abu Umar (27), guru mengaji Baim di Rumah Quran Az-Zahra Kavling Perwira Jaya, Jalan Bintara IV Rt 04/12, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, menjenguk Baim sebulan lalu di kediamannya.

"Bulan kemarin kami silaturahmi jenguk Baim pas lagi di rumah, alhamdulillah (waktu itu) dia kondisinya membaik dan dia pulang, nah itu alhamdulillah kita bisa ketemu beliau," kata Umar, Jumat, (25/9/2020).

Baca Juga: Usai Hunian di Atas Awan, Kini Kembali Viral Rumah di Atas Mall, Sebelum Membeli Cek Status Hukumnya!

Bocah berusia 10 tahun itu merupakan pribadi yang dewasa, saking dewasanya ia bahkan mengaku sudah ikhlas menerima ujian berat menderita sakit.

"Pas kemarin ketemu yang kondisi dia udah sakit nah itu dia bilang dia ikhlas nerima itu semua," ungkapnya.

Bahkan, kedua orangtuanya juga dipesan oleh Baim agar tetap tegar dan kuat memghadapi ujian putra pertamanya menderita sakit parah.

"Dia bilang ke orang tuanya 'ayah dan ibu, Baim sudah ikhlas, ayah dan ibu juga harus ikhlas dan kuat', malah dia yang menguatkan ayah dan ibunya," tutur Umar.

Baca Juga: Rekening Jenius Dibobol Rp 50 Juta, Inilah Yang Terjadi Menurut Pakar Sekuriti

Ibunda lihat benjolan di perut

"Hasil diagnosa tumor wilsm atau tumor ginjal, lalu setelah beberapa kemoterapi ada benjolan lagi di bagian perut hasil lab-nya mengatakan di tumor PNET," kata Ika Meinawati (35).

Tumor yang diderita Baim baru benar-benar ketahuan sejak Mei 2020 lalu.

Awalnya Ika mencoba memandikan Baim ketika mengalami sakit cacar.

Baca Juga: Bikin Geger Jagat Media Sosial, Sebuah Chat WhatsApp Berisi Ajakan Sebarkan Virus Corona Viral di Semarang, Begini Nasib Satu Keluarga yang Positif Covid-19!

"Ketahuannya waktu itu dia abis cacar, saya mandiin dia terus saya lihat perutnya besar sebelah di bagian kiri," ungkap Ika.

Dari situ, Ika langsung mengantarkan Baim ke Rumah Sakit Awal Bros Bekasi untuk dilakukan CT Scan.

Hasilnya, Baim didiagnosa menderita tumor yang kondisinya cukup parah yakni, stadium tiga.

"Hasil CT scan dia ada tumor wilms, di benjolan sebelah kiri perutnya itu, kata dokter tumornya sudah stadium tiga," ungkap Ika.

Baca Juga: Bukti Virus Corona Tak Main-main, Satu Keluarga Terpapar Covid-19 Bersamaan, Ayah dan Ibunya Meninggal Hanya Berselang 30 Menit Saja, Intip Kisahnya!

Selama ini, Baim tidak pernah cerita ke orangtuanya terkait benjolan yang ada pada perutnya.

Sosok Baim memang dikenal pendiam dan tidak pernah mengeluh walaupun sedang dalam keadaan sakit.

"Enggak, anaknya enggak pernah mengeluh, diam aja dia, merasakan sakit juga enggak pernah selama ini, baru ketahuan pas bulan Mei itu aja," tutur Ika.

Tumor yang berkembang di tubuh Baim diduga sudah ada sejak lama, bocah berusia 10 tahun ini berusaha melawan hingga kondisi fisiknya melamah.

Baca Juga: Viral Video Emak-emak Gunting Bendera Merah Putih Sambil Tertawa Tak Berdosa, Ajudan Prabowo Subianto Geram: Saya Kejar Sampai Neraka Sekalipun!

"Kalau untuk tumor itu bawaan dari bayi. Di usia 2-3 tahun. Paling waktu itu hanya sebesar menirlah," ucapnya.

"Belum terdeteksi karena kecil, kan dengan pertumbuhan, badannya membesar, tumornya juga ikut membesar," tambahnya.

Tanda-tanda penurunan kondisi fisik Baim terlihat dari nafsu makamnya yang menurun, lemas dan sering merasa mual.

"Akhir Mei bulan puasa sudah keliatan nggak nafsu makam badannya lebih kurus dari biasanya, lemes terus sering mual," kata Ika.

Baca Juga: Beredar Video Viral Ibu Metong bendera Merah Putih, inilah Fakta yang terjadi

Videonya viral

Abu Umar (27), guru mengaji Baim mengatakan, video yang viral ketika Baim tengah melantunkan ayat suci Al-Quran terjadi saat kondisi bocah berusia 10 tahun tengah mengigau.

"Baim pada saat bacakan itu (seperti di video) dia sedang mengigau," ucap Umar.

Baca Juga: Nggak Pernah Potong Rambut Sejak Lahir, Penampakan Seorang Gadis Berambut Panjang Bak Putri Rapunzel Ini Viral di Media Sosial, Singgung Soal Tradisi Keluarga

"Jadi kalau memang kita sedang mengingat suatu hal kemudian dikondisi mengigau kita nah itulah yang kita keluarkan karena kita terbiasa," kata Umar.

Bocah yang saat ini duduk di bangku kelas lima sekolah dasar merupakan penghafal Al-Quran.

Sejauh ini, ia sudah mengusai juz ke 30 dan sudah diwisuda sejak 2019 lalu.

"Untuk tahun kemarin Baim sudah hafal juz ke 30 dan sudah diwisuda, untuk tahun ini 2020 beliau masuk ke juzz 29-nya," tuturnya.

Baca Juga: Pesta Pernikahan Geger! Pengantin Pria Nampak Ketakutan Lihat Istrinya di Pelaminan, Tamu Undangan Duga soal Guna-guna: Pengantin Wanita Banyak yang Naksir

Video yang viral di media sosial itu lanjut Umar, merupakan bacaan Al-Quran Surah Al-Mulk pembuka dari juz ke 29 yang tengah dihafal Baim.

"Itu (bacaan di video yang viral) surah Al-Mulk, untuk hafalan dia itu sudah sampai Al-Haqqah tiga surah di juz 29," terang Umar.

Sakit yang diderita Baim membuat aktivitasnya di Rumah Quran Az-Zahra terhenti, dia terpaksa harus menjalani perawatan serius di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

"Kurang lebih tiga atau empat bulan terakhir (sudah tidak mengaji di Rumah Quran Az-Zahra), awal awal pandemilah ya kira-kira," terang Umar.

Baca Juga: Dikabarkan Sudah Resmi Menikah dengan Dory Harsa, Beredar Foto Cantik Nella Kharisma Menggunakan Hijab, Putuskan Mualaf?

Adapun Baim menekuni ilmu menghafal Al-Quran sejak kurang lebih empat tahun terkahir, kegiatannya di Rumah Quran Az-Zahra dilakukan setiap akhir pekan.

"Baim itu dari kecil dari TK-nya di sini kemudian dia lanjut ke rumah quran-nya untuk tahfidz, sekitar tiga atau empat tahunan kira-kira," tuturnya.

"Memang kegiatan kita Sabtu dan Ahad, untuk Senin sampai Jumatnya Baim sekolah di tempat lain di sekokah formal," terang Umar.(*)

Baca Juga: Merasa Tenar Seantero Indonesia, Lutfi Agizal Tak Terima Dirinya Tak Masuk Kategori Artis Top, Nikita Mirzani: Artis Viral Ga Akan Terkenal Lama

Artikel ini telah tayang di TRIBUNJAKARTA.COM dengan judul Bocah yang Viral Lantukan Ayat Al-Quran saat Terbaring di RS: Baim Sudah Ikhlas, Ayah Ibu Harus Kuat

Editor : Agnes

Sumber : TribunJakarta.com

Baca Lainnya