Bikin Geger Warga Dunia, Virus Corona Ternyata Punya Kelemahan, Wajib Tahu untuk Menghindarinya

Sabtu, 05 September 2020 | 09:00
Freepik.com

Ilustrasi covid-19.

Bikin geger warga dunia, virus corona ternyata punya kelemahan, wajib tahu untuk menghindarinya! Apa itu

WIKEN.ID-Pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia masih belum mereda

Bahkan di Indonesia sendiri angka kasus makin meningkat.

Beberapa daerah juga masuk dalam zona merah.

Terhitung sudah 6 bulan, pemerintah dan jajarannya telah melakukan berbagai cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan kegiatan belajar, bekerja dan ibadah dari rumah.

Namun, wabah satu ini menyebar dengan sangat cepat dan mudah menular antar manusia.

Makanya kita diminta untuk tetap di rumah aja untuk sementara waktu demi menghindari infeksi.

Baca Juga: Uang Bulanannya Rp 40 Juta Sebulan, Sarwendah Rela Lakukan Ini Demi Suami dan Anak-anaknya Sampai Tengah Malam Hingga Buat Warganet Kagum

Akan sampai kapan virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini terus ada dan mengancam kesehatan kita, ya? Kapan pandemi virus corona ini mereda?

Ilmuwan dan para ahli terus meneliti dan mencari tahu lebih banyak terkait fenomena wabah ini.

Di samping itu, vaksin dan obat juga sedang dikembangkan oleh berbagai pihak.

Namun, sebenarnya virus corona memiliki sejumlah kelemahan yang sebaiknya kita ketahui, lo.

Baca Juga: Klaim Telah Capai Semua Cita-cita dalam Hidupnya Sejak Nikahi Mulan Jameela, Ahmad Dhani Ungkap Kenikmatan Hidup: Lihat Istri Seksi, Anak Lucu, Apalagi yang Kurang?

Kelemahan tersebut dapat kita gunakan untuk membantu memutus rantai penyebaran virus corona, yuk, kita simak!

Pelarut Lemak Mudah Matikan Virus Corona

Salah satu jenis pelarut lemak adalah sabun yang biasa kita pakai sehari-hari.

Sabun cuci tangan bisa menghancurkan virus corona dengan mudah, lo.

Hal itu dikarenakan susunan virus corona yang terdiri dari DNA atau RNA (inti virus), protein (bahan baku virus untuk menggandakan diri), dan lapisan lemak (pelindung luar).

Nah, ketiga lapisan tersebut sebenarnya enggak terikat dengan kuat. Jadi, saat lapisan lemak hancur karena sabun, maka virus pun akan ikut mati.

Baca Juga: Viral Video Revi Mariska Sengaja Sebut Luna Maya sebagai Artis Porno, Netizen: Gangguan Jiwa Nggak Sih?

Makanya, kita diimbau untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Soalnya, kalau enggak sengaja ada virus corona yang menempel di tangan kita, enggak akan berpindah ke dalam tubuh karena segera kita basmi pakai sabun dan air tersebut.

Cuci tangan yang benar menjadi cara efektif untuk mematikan virus corona biar enggak sampai menginfeksi tubuh kita. Jadi, mulai sekarang jangan malas, ya!

Baca Juga: Bersiap Malam Pertama, Pria Ini Kaget Lihat Keanehan pada Perut Istrinya Hingga Ditampar 2 Kali Rumah Tangganya pun Terancam Hancur karena Ulahnya

Virus Corona Lemah dengan Disinfektan

Keluarga virus corona sejauh ini telah menyebabkan beberapa infeksi penyakit seperti, SARS, MERS, dan Covid-19 yang sekarang menjadi pandemi.

Nah, secara umum karakter keluarga virus corona memiliki kemiripan karena diketahui lemah terhadap disinfektan.

Virus corona bisa menjadi nonaktif jika dihadapkan dengan disinfektan seperti alkohol dengan kadar 60-70%, hidrogen peroksida 0,5%, atau sodium hipoklorit 0,1% dalam waktu 1 menit.

Baca Juga: Astaga, Wanita Ini Jadi Korban Persekusi, Diarak Warga Sambil Bugil, Berbuat Mesum dan Videonya Beredar di Medsos

Maka dari itu sebaiknya, kita rajin membersihkan berbagai permukaan benda yang sering disentuh seperti HP, meja, gagang pintu, saklar lampu, dan lain sebagainya.

O iya, virus corona juga diketahui bisa bertahan beberapa waktu bahkan hari, di permukaan benda seperti metal, kaca, plastik, kardus, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, virus corona disebut enggak akan lagi cukup kuat untuk bisa menimbulkan infeksi, makanya pengiriman paket enggak dilarang.

Soalnya, penulaan dengan media pengantaran paket disebut rendah. Tapi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya tetap bersihkan paket dengan disinfektan terlebih dahulu saat menerima kiriman, ya.

Baca Juga: Canggih, Pelindung kaca Ponsel Ini Diklaim Anti Virus Mikroba, Begini Kata Pembuatnya

Antibodi Bisa Kalahkan Infeksi Virus Corona

Antibodi adalah zat yang dibentuk dalam darah untuk memusnahkan bakteri, virus atau untuk melawan toksinyang dihasilkan bakteri.

Tubuh yang terinfeksi virus corona bisa menunjukkan beberapa gejala. Ada yang tanpa gejala, gejala ringan hingga parah.

Pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan, infeksi virus corona bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Sebuah penelitian di Australia diketahui bahwa salah satu kelemahan virus corona ialah saat berhadapan dengan antibodi yang sehat.

Baca Juga: Aplikasi Joox Hadirkan Fitur Quick Sing Untuk Karaoke Bareng, Lengkap dengan Liriknya

Antibodi yang terbentuk di dalam tubuh seseorang menjadi senjata untuk bisa melawan bahkan mengalahkan virus corona yang menginfeksi tubuh manusia.

Daya tahan tubuh memang sangat penting untuk kita jaga dan terus tingkatkan setiap harinya demi membentengi diri dari sejumlah penyakit seperti Covid-19 ini.

Nah, itu dia beberapa kelemahan virus corona yang wajib kita ketahui supaya kita bisa lebih menjaga diri.

Nah, mulai sekarang, terapkan gaya hidup dan pola hidup sehat, yuk!(*)

Artikel ini pernah tayang di Grid Kids dengan judul: Bikin Heboh Dunia, Ternyata Virus Corona Punya Kelemahan, Wajib Tahu untuk Menghindarinya

Editor : Agnes

Sumber : Grid Kids

Baca Lainnya