Peduli Tubuhmu, Kenali Tanda-tanda Tubuh Menolak Gula, Sering Merasa Lapar Salah Satunya

Selasa, 01 September 2020 | 08:00
Tribun Palu - Tribunnews.com

Coba konsumsi gula dan garam sebelum tidur dan rasakan manfaatnya di pagi hari

WIKEN.ID - Tidak semua orang bermasalah dengan gula.

Banyak orang menambahkannya ke kopi mereka, atau menikmati sepotong kue, dan merasa tidak apa-apa.

Tapi kemudian ada orang yang tidak mentolerir gula dengan baik dan merasa sakit, dan bahkan mungkin mengalami keinginan kuat, setelah makan dan/atau meminumnya.

Meskipun kedengarannya agak dramatis, ini adalah reaksi yang cukup umum.

“Saat Anda mengonsumsi gula, kadar gula darah dalam tubuh meningkat, yang mengarah pada pelepasan insulin dari pankreas," Kimberly Hershenson, LCSW, terapis NYC yang mengkhususkan diri pada gangguan makan, mengatakan kepada Bustle.

Baca Juga: Bagaikan Gula dan Semut di Mana-mana Selalu Bersama, Lesty Kejora Malah Risih Saat Rizky Billar Memanggilnya Cinta, Lesty: Idih Krik Krik

Orang mendapatkan ledakan energi dan merasa baik sesaat, namun kadar gula darah menurun dengan cepat.

Inilah yang dikenal sebagai "tabrakan", dan itu bisa membuat Anda merasa tidak enak.

Selain memengaruhi kadar gula darah Anda, diet tinggi gula juga dapat menyebabkan peradangan, dan bahkan dapat mengacaukan hormon Anda. Perlu diingat, bahwa tidak semua gula dibuat sama.

Sebagian besar manusia 'sensitif' terhadap gula sederhana karena mereka mencapai aliran darah dengan sangat cepat.

Baca Juga: Wow Logo Perusahaan Raffi Ahmad Menempel di Maskapai Penerbangan di Indonesia, Kok Bisa?

Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin merasa mual atau menginginkan lebih banyak gula setelah makan cokelat atau minum kopi manis, tetapi tidak harus setelah makan sepotong buah.

Jika Anda curiga kebiasaan makan Anda saat ini mungkin berdampak negatif pada kesehatan Anda, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membatasi asupan gula Anda.

Atau berkonsultasi dengan dokter Anda tentang berapa banyak gula yang baik untuk Anda.

Berikut ini beberapa gejala yang harus diwaspadai ketika tubuh tidak bisa mentolerir gula dengan baik, menurut para ahli:

1. Kulit telah bercabang

Karena cara itu memengaruhi kadar insulin Anda, gula dapat menyebabkan kulit Anda pecah jika Anda makan terlalu banyak.

Meskipun ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat, makan banyak makanan manis sering kali menjadi salah satu penyebab utamanya.

Kulit sangat sensitif terhadap gula. Indeks glikemik tinggi atau makanan yang meningkatkan glukosa darah dengan mudah dikaitkan dengan perburukan jerawat.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh respons insulin yang menstimulasi serangkaian kejadian endokrin dan hormonal yang menyebabkan peradangan pada kulit.

Baca Juga: BJ Habibie Awalnya Tak Tertarik Ainun Saat SMA dan Akhirnya Takjub Kecantikannya Hingga Punya Sebutan Gula Jawa Jadi Gula Pasir

Tentu saja, ini tidak berarti Anda tidak bisa makan gula. Tetapi jika kulit Anda mengganggu Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apa yang Anda makan.

Jika Anda melihat bahwa kulit Anda tampak lebih meradang, Anda mengembangkan ruam atau jerawat baru, dan Anda telah membakar lilin di kedua ujungnya ini adalah indikasi kuat bahwa Anda perlu mundur, dengarkan tubuh, dan mengutamakan kesehatan Anda.

2. Tidak bisa tidur di malam hari

Sekali lagi, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan di sini, seperti asupan kafein, tingkat stres, dll.

Tetapi gaya hidup yang tinggi gula mungkin juga menjadi penyebab Anda terjaga di malam hari. Gula dapat mencegah tubuh memasuki mode tidur nyenyak.

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara tidur yang lebih pendek dan minum minuman manis.

Meskipun penelitian baru perlu dilakukan, tidak ada salahnya untuk membatasi berapa banyak gula yang Anda konsumsi sepanjang hari, tetapi terutama sebelum tidur. Seperti kafein, itu bukan sesuatu yang Anda inginkan di malam hari, khususnya.

3. Akhir-akhir ini merasa emosional

Suasana hati yang tidak stabil dapat disebabkan, dalam banyak hal, oleh fluktuasi gula darah, yang dapat memengaruhi perasaan Anda.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu;Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E dan Penyakit Akibatnya

Penelitian juga menunjukkan hubungan antara asupan makanan manis, minuman, dan gula tambahan, serta gejala depresi.

Apa yang Anda makan benar-benar dapat memainkan peran besar dalam perasaan Anda secara keseluruhan, termasuk secara mental dan emosional.

Walaupun berbicara dengan terapis akan selalu menjadi ide yang baik jika Anda tidak merasa seperti diri sendiri, memperhatikan apa yang Anda makan setiap hari juga dapat membantu.

Jika Anda mengonsumsi banyak gula, Anda mungkin melihat perbedaan besar jika Anda menyeimbangkan makanan dengan cara yang menjaga gula darah Anda tetap seimbang.

Atau dengan mengurangi asupan gula dan melihat bagaimana perasaan Anda.

4. Selalu kelelahan setelah makan

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan bagaimana perasaan Anda setelah makan makanan yang manis (atau banyak karbohidrat).

Jika Anda membutuhkan secangkir kopi atau mulai tertidur di meja kerja Anda di tempat kerja, itu mungkin karena kadar gula darah yang goyah.

Orang yang memproses gula secara normal dan cepat cenderung merasa bertenaga, kenyang, dan tenang setelah mengonsumsi gula.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; Tanda Tubuh Perlu Mendetoksifikasi Kenali Secara Alami

Orang yang lebih sensitif merasakannya merah, mudah tersinggung, dan cenderung benar-benar menginginkan lebih banyak gula (respons penarikan/kecanduan).

Keinginan inilah yang akan membuat Anda mengais-ngais meja Anda, mencari permen atau kue atau sesuatu untuk membantu Anda melewati sisa hari itu. Dan itu bisa jadi pertanda gula tidak cocok dengan tubuh Anda.

5. Gemetar atau pusing

Jika Anda menderita gula darah rendah, Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut hipoglikemia, yang dapat membuat Anda "merasa lelah, lapar, lemah, gemetar, pusing, dan cemas.

Akibatnya, mendambakan gula dan karbohidrat, karena mengira mereka akan menjemput kembali. Pada kenyataannya, mereka memulai siklus dari awal lagi.

Jadi, jika Anda berada dalam lingkaran setan karena makan camilan gula, kemudian pusing, lalu merasa lebih baik setelah makan camilan manis, beri tahu dokter.

6. Pernah bergumul dengan masalah sinus

Apakah Anda merasa sangat kaku akhir-akhir ini? Pada sebagian besar orang, gejala ini berasal dari pertumbuhan berlebih candida.

Gaya hidup yang tinggi gula dapat menyebabkan kandida, atau ragi, menjadi sedikit tidak terkendali di tubuh Anda, menyebabkan sinusitis, hidung tersumbat, dan masalah hidung kronis lainnya.

Baca Juga: Disuruh Memilih antara Hilda Vitria dan Amanda Manopo, Nikita Mirzani Berikan Jawaban Diluar Dugaan

Meskipun penelitiannya terbatas, satu penelitian mencatat bahwa konsumsi gula yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan peningkatan stres inflamasi dan gejala sinonasal.

Jika ragu, tidak ada salahnya untuk melakukan percobaan sendiri, dan lihat bagaimana perasaan Anda saat mengurangi gula.

7. Tampak kembung sepanjang waktu

Jika Anda memiliki masalah usus, seperti IBS, gas, diare, atau sembelit, hal itu juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan berlebih candida yang diinduksi gula.

Jamur tumbuh dengan memfermentasi gula, dan saat [Anda makan banyak gula], Anda menyalakan tangki fermentasi di usus Anda.

Dan fermentasi menghasilkan banyak gas. Begitu pula jika Anda minum banyak minuman manis.

Tidak masalah jika Anda tidak keberatan dengan efek samping dari asupan gula, atau ingin mengambil risiko untuk sesekali minum minuman manis.

Tapi apa yang Anda makan jelas bisa berdampak pada perasaan Anda di daerah perut, termasuk bagaimana Anda menjadi kembung akibatnya. Dan itu mungkin tidak sepadan.

Baca Juga: Cium Mesra Puput untuk Ahok Dihadapan Putra Kecilnya, Sang Istri Ucap Syukur di Hari Ulang Tahun Mantan Gubernur DKI Ini: Tuhan Yesus Selalu Melindungi

8. Merasa terganggu dan tercerai-berai sepanjang hari

Anda mungkin pernah mendengar tentang hal kecil yang disebut kabut otak, yaitu perasaan kabur yang tidak jelas yang menyebabkan Anda keluar dari tempat kerja atau lupa di mana Anda meletakkan kunci.

Gula dapat menyebabkan masalah ini, dan bahkan menyebabkan kurangnya fokus.

Dan ini terutama benar jika Anda memiliki gejala kelelahan adrenal.

Ketika Anda makan terlalu banyak gula, itu memaksa tubuh Anda untuk membuat insulin dan kortisol ekstra.

Jika Anda belum pernah merasa seperti diri Anda sendiri, check out, lelah, dan kurang motivasi, mengurangi gula mungkin sangat membantu.

9. Mengidam dan sering "lapar"

Jika Anda terus-menerus mendambakan gula, atau tidak bisa merasa "kenyang" meski makan banyak makanan, mungkin apa yang Anda makan membuat Anda berada di rollercoaster gula.

Seperti yang dikatakan Mandere, mengidam, biasanya untuk gula, bisa disebabkan oleh turunnya kadar gula darah.

Baca Juga: Anaknya Dituding Lakukan KDRT Hingga Tak Nafkahi Istri, Ibunda David NOAH Sempat Beberkan Perilaku Mantan Menantunya : Dibungkus dengan Topeng Manis

Ini bisa diterjemahkan ke dalam kopi manis sore hari, minuman, atau makanan ringan manis.

Terdengar akrab? Jika demikian, mengganti hit gula sore itu dengan sesuatu yang membuat gula darah Anda stabil, seperti protein, dapat membuat semua perbedaan.

10. Lutut sakit

Sakit dan nyeri, dan masalah kesehatan umum lainnya, sering kali disebabkan oleh peradangan dalam tubuh, yang merupakan efek samping negatif lainnya dari mengonsumsi banyak gula sepanjang hari.

Lonjakan gula darah secara teratur pada akhirnya dapat menyebabkan peradangan umum, yang kemudian dapat menyebabkan penuaan dini, kelainan pencernaan, [dan] nyeri sendi.

Pada dasarnya, jika Anda merasa berantakan, mungkin inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan.

11. Terus-menerus kehabisan motivasi

Selain menunjukkan tingkat energi yang menurun, perhatikan juga jika Anda kurang motivasi akhir-akhir ini.

Baca Juga: Lagi Asik Joget Ala Tik Tok, Bocah Ini Sampai Melotot Berusaha Keluarkan Buah Rambutan yang Tersedak di Tenggorokannya

Jika Anda merasa mengantuk dan lelah setelah makan makanan ringan yang mengandung banyak gula, maka Anda harus menyadari bahwa tubuh Anda tidak membakar atau menyimpan glukosa pada kecepatan yang Anda konsumsi.

Selain cara hidup yang buruk, ini juga merupakan indikator bahwa ada sesuatu yang salah.

Jika yang ingin Anda lakukan hanyalah tidur dan bersantai, maka inilah saatnya untuk mulai lebih sadar akan apa yang Anda konsumsi.

Mungkin makan banyak gula tidak berhasil untuk Anda, dan secara resmi sudah waktunya untuk mengurangi makan dan minum.

Butuh beberapa waktu untuk terbiasa dengan perubahan, dan itu tidak berarti Anda tidak boleh makan gula sesekali.

Tetapi terkadang hasilnya sepadan dengan fase penyesuaian awal, terutama jika menyangkut kesehatan Anda.

Halaman selanjutnya >>>

Editor : Alfa

Sumber : intisari