Tidak Tidur nyenyak, Saatnya Peduli Tubuhmu Kenali Tanda Kamu Kurang Gerak

Senin, 31 Agustus 2020 | 20:30
Huffpost

Menyantap aktivitas fisik 150 menit mingguan yang disarankan akan membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi nyenyak, melansir dari readerdigest.

WIKEN.ID -Masih banyak di antara kita kurang memiliki aktivitas fisik yang cukup setiap hari.

Banyak yang bilang, tidak ada waktu paling tidak 30 menit saja setiap harinya untuk berolahraga.

Padahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, tubuh kita harus memiliki aktivitas fisik yang cukup, perlu untuk bergerak.

Masalahnya, sulit untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup aktif dalam 20 persen atau tidak.

Baca Juga: Gagal Menikahi Wanita Idamannya,Nassar Malah Sindir Mantan Tunangan Biduan Cantik yang Dilamarnya di Acara Live TV

Kecuali, Anda mengetahui sendiri apa yang harus Anda lakukan agar cukup aktif.

Berikut ini tanda-tanda bahwa Anda perlu lebih banyak bergerak. Mulailah Peduli Tubuhmu Mengenali ttanda tubuh kurang gerak.

1. Merasa lesu

Merasa lelah dan lesu sepanjang waktu? Meskipun hanya itu yang ingin Anda lakukan, duduk dalam waktu yang lama sebenarnya dapat menguras energi Anda lebih jauh.

BBaca Juga: Disuruh Memilih antara Hilda Vitria dan Amanda Manopo, Nikita Mirzani Berikan Jawaban Diluar Dugaan

Terlibat dalam aktivitas fisik yang memompa jantung, di sisi lain, dapat memberi Anda ledakan energi yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan daftar tugas harian Anda.

2. Mengalami kesulitan menghadapi stres

Jika Anda terus-menerus merasa kewalahan dan letih, coba tambahkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda.

Berbagai penelitian telah menunjukkan manfaat penghilang stres dari aktivitas fisik.

Secara khusus, aktivitas fisik mendorong pelepasan neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, dan menurunkan tingkat kortisol yang dipompa ke seluruh tubuh Anda.

3. Tidak bisa tidur nyenyak

Melempar dan berputar, atau tidak tidur sama sekali? Sebelum meraih bantuan tidur, cobalah aktivitas fisik.

Menyantap aktivitas fisik 150 menit mingguan yang disarankan akan membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi nyenyak, melansir dari readerdigest.

Baca Juga: Nikahi Muzdalifah Karena Sebuah Surat Wasiat Hingga Dituduh Hanya Manfaatkan Harta Mendiang Suami Sang Istri, Nassar Berikan Wejangan Untuk Fadel Islami Sang Suami Baru Sang Mantan Istri: Nggak Banyak Ya

4. Merasa sedih

Merasa sedih akhir-akhir ini? Aktivitas fisik, terutama dengan intensitas yang lebih tinggi, dapat membantu meningkatkan semangat Anda.

Semakin teratur aktivitasnya, semakin besar manfaatnya bagi suasana hati dan kondisi mental Anda secara keseluruhan.

5. Menderita persendian yang kaku

Mungkin yang mengejutkan, punggung yang sakit dan lutut yang kaku sebenarnya merupakan tanda diam bahwa Anda perlu bergerak lebih banyak, bukan lebih sedikit.

Ketiadaan aktivitas dapat memperburuk nyeri sendi, sementara aktivitas rutin dapat membantu tubuh Anda mengatasi rasa sakit dan nyeri yang mengganggu dengan meningkatkan kekuatan dan stabilitas otot, tulang, dan sendi Anda.

6. Sering merasa cemas

Terus-menerus merasa tegang dan khawatir? Aktivitas fisik dengan intensitas lebih tinggi mungkin yang Anda butuhkan untuk meredakan perasaan cemas itu.

Memompa jantung secara teratur melepaskan hormon perasaan senang di otak Anda dan mengurangi respons kekebalan tubuh terhadap stres, yang dapat meredakan gejala kecemasan.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; 10 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Rambut Rontok!

Sebagai bonus tambahan, peningkatan suhu tubuh yang menyertai aktivitas berat juga dapat memberikan efek menenangkan.

7. Sulit berkonsentrasi

Obat untuk kabut otak mungkin sederhana seperti berolahraga secara teratur.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Harvard Medical School’s Men's Health Watch, saat Anda bergerak lebih banyak, otak melepaskan zat kimia yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) yang dapat meningkatkan daya ingat, ketajaman mental, dan konsentrasi.

Halaman selanjutnya.....

Editor : Alfa