Video Tentang Klaim Obat Antibodi Covid-19 Berujung Pelaporan ke Pihak Berwajib, Anji: Maaf Atas Kegaduhan yang Terjadi

Rabu, 05 Agustus 2020 | 11:30
Instagram

Anji Manji

WIKEN.ID -Belum lama ini, Anji menjadi sorotan hingga trending topic di media sosial.

Pasalnya, video Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang diklaim sebagai profesor dan pakar mikrobiologi membuat heboh publik.

Dalam video tersebut Hadi Pranoto menyatakan telah menemukan obat Covid-19 yang dapat menyembuhkan ribuan orang.

Selain itu, Hadi Pranoto juga mengungkapkan jika ia mampu menyembuhkan pasien terinfeksi hanya dalam kurun waktu sekitar 3 hari saja.

Baca Juga: Dikenal Dermawan Bak Malaikat, Baim Wong Geram dan Merasa Risih Setelah Lihat Ibu-ibu Gak Mau Pulang Sebelum Dikasih 10 Juta: Bener Enggak Sih?

Namun, usai dapat hujatan dan kritikan dari publik, video tersebut telah dihapus dari YouTube.

Anji dan Hadi Pranoto dalam waktu dekat diringkus pihak kepolisian.

Rencana pemanggilan itu terkait dengan laporan bahwa keduanya telah menyebarkan berita bohong atau hoaks melalui Youtube soal klaim temuan obat Covid-19.

Kali ini Aji bertemu dengan dokter Tirta.

Baca Juga: Pernah Terciduk Jalan Bareng Wanita Lain, Reaksi Richard Kyle saat Disinggung Soal Sosok Pacar Baru, Hanya Tertawa dan Mengaku Tak Kenal

Pertemuan itu diadakan di Gunung Puntang, Banjaran, Bandung, tempat Anji mengadakan kegiatan alam dalam beberapa hari ke depan.

"Saya sedang ada acara Bebersih Puntang bersama komunitas Pecinta Alam.

Acaranya sendiri sudah direncanakan sejak jauh hari," tulis Anji dalam keterangan tertulis unggahan Instagram-nya, dikutip pada Rabu (5/8/2020).

Diskusi yang digelar Anji dan dokter Tirta ini setelah pelantun lagu "Dia" itu menuai kontroversi perihal tayangan YouTube dunia MANJI yang membicarakan obat antibodi Covid-19.

Baca Juga: Viral Fetish Kain Jarik, Guru SMA Gilang 'Bungkus' Angkat Bicara Terkait Penyimpangan Seksual: Beda dengan yang Lain

Akibat hal tersebut, tidak sedikit orang yang membicarakan Anji dan Hadi Pranoto di media sosial.

Menyadari hal itu, Anji meminta maaf lantaran kembali menuai kontroversi berkaitan soal Covid-19.

Permintaan maaf itu disampaikan oleh Anji melalui akun Instagram pribadianya, seperti dikutip Kompas.com pada Rabu (5/8/2020).

"Maaf atas kegaduhan yang terjadi. Hasil pertemuan (dengan Dokter Tirta) akan segera saya post," tulis Anji.

Baca Juga: Dituding Jual Diri Hingga Biduan Esek-esek, Dewi Perssik Naik Pitam dan Bungkap Mulut Netizen: Nggak Pernah Jualan Apem!

Adapun Hadi Pranoto mengklaim sudah berhasil menemukan antibodi Covid-19 yang bisa mencegah dan menyembuhkan pasien yang telah terinfeksi.

Hadi Pranoto juga mengklaim antibodi Covid-19 berbahan herbal itu telah disalurkan di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Dalam wawancara yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Hadi juga memperkenalkan dirinya sebagai profesor sekaligus kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

Sontak namanya kemudian menjadi yang paling dicari di dunia maya saat ini lantaran gelarnya diragukan dan pernyataannya mengenai obat herbal itu dipertanyakan uji klinisnya.

Baca Juga: Kerap Pamer Kemesraan, Iis Dahlia Sentil Ulah Pengantin Baru Rizki DA dan Nadya Mustika, Sebut Harus Jaga Perasaan Seseorang, Siapa?

Merasa resah dengan konten YouTube dunia MANJI, Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid melaporkan Anji dan Hadi Pranoto ke Polda Metro Jaya pada Senin, 3 Agustus 2020.

Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tertanda tanggal 3 Agustus 2020.

Dalam laporan tersebut, Pasal yang disangkakan yakni Pasal 28 Ayat (1) Jo Pasal 15A UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atau Pasal 11 dan 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.(*)

Baca Juga: Terancan Penjara Atas Penyebaran Berita Bohong, Anji Siap Balas Dendam pad Teman yang Mengkritiknya, Netizen: Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Editor : Amel

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya