Tak Ingin Tetangganya Kelaparan Selama Lockdown, Wanita Ini Rela Tukar Sepatu dan Celananya Demi Persediaan Makanan untuk Dapur Umum

Kamis, 21 Mei 2020 | 18:00
AFP | Jekesai Njikizan via The Guardian

Antrian di luar rumah Samantha Murozoki di Chitungwiza pada 5 Mei 2020.

WIKEN.ID-Pemberlakuan lockdown di Zimbabwe menyisakan satu cerita.

Masyarakat disana menunggu seorang wanita bernama Samantha Murozoki untuk membagikan makanan ke bak plastik, gelas timah atau kotak kardus.

Mereka menunggu Samantha sejak jam 7 pagi dengan masker yang menutupi wajah mereka.

Antrian ini menjadi tanda keputusasaan yang mencengkram kota padat penduduk Chitungwiza, di pinggiran Harare, Zimabwe.

Antrian telah menjadi pemandangan umum di Seke Unit A, di mana Murozoki menyiapkan bubur di pagi hari untuk anak-anak dan makan malam untuk keluarga yang lapar.

Dengan kompor darurat, beberapa panci besar dan peralatan masak, Samantha yang merupakan ibu dua anak ini mendapatkan rasa hormat dari ribuan orang yang datang ke dapurnya tiap hari.

Baca Juga: Sempat Dituduh Jadi Orang Ketiga dalam Hubungannya dengan Yuni Shara, Raffi Ahmad Blak-blakan Sebut Sosok Aktris Ini Pernah Hadir di Hatinya

“Saya mulai dengan paket beras 2 kg dan 500 g kacang. Jumlah orang yang membutuhkan makanan meningkat dua kali lipat sejak itu. Itu bukan sesuatu yang saya kira," kata Murozoki kepada Guardian.

Ketika persediaan makanan mulai menipis, dia menjual beberapa barang pribadinya untuk mendapatkan lebih banyak.

"Ketika uang saya habis, saya mulai menukar persediaan makanan dengan celana jins dan sepatu saya," katanya.

Murozoki mengatakan program makannya didorong ketika tetangga memberi tahu bagaimana keluarganya tidur dengan lapar, karena pekerjaan dan perdagangan tidak ada selama lockdown.

Baca Juga: Sakit Hati Diselingkuhi, Anang Hermansyah Ternyata Datang ke Resepsi Pernikahan Krisdayanti dan Raul Lemos Hingga Sumbangkan Lagu: Pestanya Bagus

AFP | Jekesai Njikizana via The Guradian

Samantha Murozoki (kanan) memberikan makanan gratis kepada seorang anak pada 5 Mei 2020. Dengan bantuan sukarelawan, Murozoki menyajikan lebih dari 100 makanan per hari.

“Setelah saya memposting gambar apa yang saya lakukan di WhatsApp, teman dan keluarga saya menyumbang untuk membantu.

Seorang kolega juga memutuskan untuk membagikan cerita saya di Twitter dan Facebook, begitulah komunitas Zimbabwe mulai membantu.

Mereka telah menyumbangkan bahan makanan dan beberapa bahkan mengirimkan uang dari luar negeri,” katanya.

Dia mengatakan penerima manfaat dari program ini diwajibkan untuk mendaftar sebelum menerima bantuan makanan.

Baca Juga: Punya Tubuh Aduhai Hingga Dijuluki Pemersatu Bangsa, Kini Tante Ernie Sukses Bikin Hotman Paris Klepek-klepek

“Kami hanya meminta orang-orang datang untuk mendaftarkan keluarga mereka, jadi kami tidak memisahkan. Kami tidak memilih, karena semua orang membutuhkan makanan,” kata Murozoki.

Presiden Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa, telah membuka sebagian ekonomi untuk sektor manufaktur dan pertambangan.

Tetapi jutaan pekerja informal tetap merasakan lockdown dan stok makanan terus menipis.

Baca Juga: Putri Sulungnya Beranjak Remaja, Nikita Mirzani Ajak Ngobrol Soal Cinta Hingga Standar Laki-laki untuk Putrinya

AFP | Jekesai Njikizana via The Guardian

Murozoki saat memeriksa antrian di luar rumahnya.

Dengan bayi diikat di punggungnya, Anastencia Hove (35), datang ke dapur Murozoki untuk sarapan dan juga menjadi relawan sebagai juru masak.

“Saya tersentuh oleh cintanya. Jarang menemukan orang yang memikirkan orang lain. Jadi saya katakan sebagai bentuk penghargaan saya atas dukungannya, saya harus menjadi sukarelawan.”

“Lockdown ini sama sekali tidak membuat kami selamat, jadi orang-orang menderita. Jumlah orang yang saya lihat di sini menunjukkan bahwa banyak yang lapar,” kata Hove.

Baca Juga: Menikah Diam-diam di Usia 21 Tahun, Mantan Kekasih Marshanda Ini Alami KDRT Ditusuk Gunting Hingga Disiram Air Panas Oleh Istrinya

Zimbabwe mengalami panen buruk lagi tahun ini, menyebabkan hampir setengah dari populasi membutuhkan bantuan pangan mendesak, dengan orang-orang yang paling rentan di daerah pedesaan sudah di ambang kelaparan.

Di daerah perkotaan, 2,2 juta orang sangat membutuhkan bantuan makanan.

Karena lebih banyak orang Zimbabwe perkotaan yang kelaparan setiap hari, Murozoki melihat dirinya memberi makan lebih banyak orang, terutama saat lockdown.

“Bahkan jika lockdown selesai, saya mungkin akan melanjutkan selama sekitar satu bulan sampai semua orang bangkit kembali. Selama Zimbabwe membantu saya, saya akan dapat melanjutkan pekerjaan saya,” katanya.(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya