19 Tahun Mengapung di Lautan, Viral Foto Bungkus Indomie Kuah Jadul Tahun 2000an Ditemukan di Pinggir Pantai

Senin, 18 Mei 2020 | 11:00
Twitter

Foto sampah plastik bungkus Indomie bertuliskan

WIKEN.ID -Foto sampah plastik bungkus Indomie bertuliskan "Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku" yang ditemukan di Pantai Sendang Biru di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, sempat viral di media sosial.

Foto sampah plastik itu ramai diperbincangkan karena diduga berusia sekitar 19 tahun. Foto tersebut diunggah oleh Fianisa Tiara Pradani, pemilik akun Twitter @selfeeani.

Beberapa jam kemudian, postingan itu menuai banyak perhatian warganet.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER HARI INI: Tengku Firmanyah Bagikan Kenangan 20 Tahun Pernikahannya dengan Cindy Fatikasari Hingga Permintaan Maaf Youtuber Indira Kalistha

Bahkan, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti juga merespons dengan me-retweet melalui akun Twitter @susipudjiastuti.

Dalam postingan itu, mahasiswa semester VIII Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (UB) itu menuliskan bahwa sampah plastik bungkus Indomie itu sudah berusia sekitar 19 tahun.

Hal itu ditunjukkan dengan tulisan 55 Tahun Dirgahayu Indonesiaku yang tertera di bungkus plastiknya.

Sementara itu, pada 2019 ini Indonesia akan merayakan HUT ke-74.

Fia mengatakan, sampah itu ditemukan saat mengambil sampel air dan sedimentasi di Sendang Biru bersama teman-temannya.

Namun, pagi ini saya menemukan bungkus indomie yang bertuliskan dirgahayu indonesia ke-55.

"Menemukannya itu sudah selesai ambil sampel air, nunggu surut. Ada sampah banyak, ya sudahlah, sekalian bersihin sampah," kata mahasiswa angkatan 2015 itu melalui sambungan telepon kepada Kompas.com, Minggu (7/4/2019) malam.

Baca Juga: Hinaan Membawa Berkah, Walau Sempat Marah di Olok-olok, Mantan Anak Band Ini Kini Makin Ngetop Hingga Mampu Beli Banyak Rumah dan Mobil

"Masak saya penelitian tidak bersihin sampah juga. Pikir saya seperti itu. Ambil-ambillah sampah plastiknya," lanjutnya kemudian.

Menurut Fia, sampel itu untuk penelitian skripsi yang menganalisis makro dan mikro plastik. "Tadi pengambilan sampel yang ketiga.

Maret saya sudah ke sana, Februari bahkan sudah survei," katanya. Meski begitu, Fia menilai bahwa kondisi sampah di Pantai Sendang Biru tidak sebanyak di pantai-pantai lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara belum bisa dimintai tanggapan terkait sampah plastik bungkus Indomie itu.

"Itu sebenarnya Dinas Lingkungan Hidup. Nanti saya telepon lagi. Saya masih ada acara," katanya.

Plt Bupati Malang M Sanusi juga belum merespons ketika dihubungi untuk diminta tanggapan soal sampah di pantai.

(*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Foto Sampah Plastik Bungkus Indomie Berusia 19 Tahun di Sendang Biru, Malang", pada Senin 8 April 2019.

Editor : Pipit