Bak Buah Jatuh Tak Jauh dari pohonnya, Anaknya Kini Jadi Buron, Orangtua YouTuber Ferdian Paleka Malah Ikutan Prank Polisi, Temukan Fakta Ini

Kamis, 07 Mei 2020 | 11:20
Tangkap layar instagram.com/ferdianpalekaa

YouTuber Ferdian Paleka menjadi buronan polisi karena aksi prank sembako sampah

WIKEN.ID -Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Kalimat tersebut bisa menjadi ungkapan bagi Ferdian Paleka dan ayahnya yang berinisial F.

Ternyata, F yang merupakan bapak kandung Ferdian si YouTuber prank sembako isi sampah, yang diduga ikut menyembunyikan keberadaan Ferdian Paleka.

Belakangan ini, seorang YouTuber bernama Ferdian Paleka tengah menjadi sorotan di masyarakat.

Baca Juga: Kisah Agen Ganda Menjadi Buronan Paling Dicari Selama 54 Tahun, Mulai dari Menjadi Mata-mata Perang Dunia II Hingga Lolos dari Penjara

Pasalnya, di tengah pandemi corona ini, ia dan teman-temannya justru melakukan aksi prank pada waria dengan memberikan bantuan berisikan sampah.

Aksinya tersebut pun sontak menjadi viral dan mendapat kecaman dari banyak orang.

Hingga kini status Ferdian Paleka masih menjadi buronan polisi.

Namun, kini satu orang pelaku yang merupakan temannya telah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Mendadak Diam Seribu Bahasa ketika Ditanya Aurel Hermansyah, Pakar Mikro Ekpresi Beberkan Bahasa Tubuh Atta Halilintar

Mengutip dari Kompas.com, polisi menduga orangtua Ferdian Paleka ikut membantu pelarian sang anak tersebut.

Hal tersebut terungkap dari pengejaran yang dilakukan tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri mengatakan, pelarian Ferdian sendiri diketahui warga yang melihat mobil pelaku berada di daerah Cileungsi, Bogor.

Mendapatkan informasi itu, tim Satreskrim langsung melakukan pengejaran dan membuntuti mobil tersebut.

Baca Juga: Berhasil Dapatkan Barang Curian, Bukannya Dijual untuk Mendapat Keuntungan, Seorang Pria Diduga Pencuri Malah Lakukan Ini

Namun saat akan ditangkap, ternyata yang mengendarai mobil itu bukanlah Ferdian.

"Jadi tim kita yang sudah membuntuti dan melakukan penangkapan yang kami kira yang bersangkutan (pelaku F), namun demikian ternyata orangtua (bapak kandung) dari saudara F," ujar Galih di Mapolrestabes Bandung, Rabu (6/5/2020).

Namun orangtua Ferdian sendiri seakan enggan menjelaskan secara spesifik keberadaan anaknya tersebut.

"Menurut keterangan dari yang bersangkutan dia tidak menyampaikan secara spesifik. Intinya orangtuanya tetap melindungi anaknya, jadi tidak memberitahukan keberadaan anaknya," ujar Galih.

Baca Juga: Mantan Suaminya Sempat Meminta Izin pada Sang Putri Ketika Akan Menikahi Zaskia Gotik, Imel Putri: Anakku Dewasa Banget

Polisi pun akhirnya memeriksa lebih lanjut orangtua Ferdian terkait keberadaan anaknya itu.

Galih menilai, orangtua Ferdian ini tak kooperatif lantaran seakan menyembunyikan anaknya yang tengah dalam pencarian kepolisian.

"Sementara masih saksi kita periksa secara intensif terkait apa yang dia ketahui terkait apa yang anaknya lakukan," kata Galih.

"Ya, sudah pasti (tak kooperatif) kalau kita melihat dari kronologi dari awal kita amankan yang pertama, kemudian kita amankan mobilnya, di mana mobil tersebut milik saudara F yang dibeli dari dia (bapak kandung) sendiri, itu dikuasai oleh orangtuanya," sambungnya.

Baca Juga: Awalnya Pesimis, Angka Pemudik Kini Alami Penurunan, Bukti Warga Patuh Anjuran Pemerintah?

Hingga kini, pihak kepolisian masih terus mencari keberadaan Ferdian Paleka.

Sebelumnya, Ferdian Paleka membuat video tipuan atau prank memberikan sembako dalam kardus kepada trans perempuan (transpuan) di Bandung.

Ferdian berdalih, meski Ramadan dan PSBB tidak ada waria yang mangkal di jalanan.

Ia pun mengisi kardus yang disamarkan sebagai sembako dengan batu bata dan sampah busuk, lalu diberikan kepada para waria dan anak kecil di jalanan. (*)

Baca Juga: Kejadian Mistis Kembali Berulang, Ruben Onsu Ungkap Betrand Peto Alami Hal Aneh: Tiba-tiba Keluar Darah dari Paha

Editor : Pipit

Sumber : Kompas.com