Terbuat Dari Kecap, Satpol PP Beserta Polri dan TNI Gerebek Pembuat Madu Palsu, Sudah Dijual Ke Instansi Pemerintahan

Kamis, 12 Maret 2020 | 14:00
foto : BBCgoodfood.com

Ilustrasi Madu

WIKEN.ID - Ada-ada saja cara seseorang untuk mencari keuntungan dengan hal yang tak wajar.

Sama seperti seseorang di Kalimantan Barat ini, dirinya sampai meracik madu palsu demi mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja, Polri, dan TNI, menggerebek tempat pembuatan madu palsu dalam indekos di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Selasa (10/3/2020) malam.

Baca Juga: Keliling Dunia Selama 4 Bulan dan Habiskan Dana Miliaran, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Bongkar Sosok yang Biayai Perjalanannya

Baca Juga: Demi Temani Anak Sunat, Pria Ini Paksakan Diri Dua Hari Menyetir Mobil Hingga Akhirnya Tabrak 6 Orang, 4 di Antaranya Meninggal Dunia

Kepala Bidang Penyidikan dan Penegakan Peraturan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Kayong Utara, Ismail Usman Jefri, mengungkapkan madu palsu itu dibuat dari gula, kecap manis, soda kue, dan pengembang.

Dilansir oleh Kompas.com, Dalam penggerebekan tersebut, tim gabungan juga menemukan sejumlah peralatan berupa kompor, baskom, dan panci.

Madu tersebut sekilas memang mirip madu asli.

"Setelah kami tanya kepada yang bersangkutan itu untuk kepentingan selai roti katanya," kata Jefri di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kayong Utara, Sukadana, Rabu (11/3/2020).

Dalam penggerebekan ini, petugas menemukan lebih dari 100 kantong madu palsu, yang sudah dikemas.

Baca Juga: Dipenjara 14 Tahun Lantaran Bunuh Pacarnya, Artis Ini Putuskan Jadi Mualaf Usai Bermimpi Saksikan Baitullah

Baca Juga: Sejak Usia 9 Tahun, Siswi SMP di Kupang Dijadikan Budak Pamannya, Wajahnya Lebam Karena Sering Dipukuli dan Tak dikasih Makan

Pelaku mengaku menjual madu-madu tersebut ke kantor-kantor instansi pemerintahan dan di jalanan, dengan harga Rp 150.000 per kantong

"Dan terbukti di Satpol PP ini pun pernah ditawari juga. Anggota Pol PP ini tidak tahu mereka jual madu palsu, madu sintetis, atau madu buatan," ungkap Ismail Usman Jefri.

Jefri mengatakan, kasus ini telah ditangani oleh pihak Polres Kayong Utara.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembuat Madu Palsu dalam Indekos Ditangkap"

Editor : Pipit