Selain Koala, Sekitar 480 Juta Makhluk Hidup Diperkirakan Telah Mati Akibat Kebakaran Hutan Australia

Kamis, 02 Januari 2020 | 10:00
Eden Hills Country Fire Service/Facebook

Rangkuman Penyelamatan Hewan Dalam Kebakaran yang Melanda Australia

WIKEN.ID -Hampir setengah miliar hewan dikhawatirkan telah mati akibat kebakaran hutan yang menghancurkan hutan-hutan di Australia.

Para ahli ekologi dari University of Sydney mengatakan sekitar 480 juta makhluk hidup telah mati dalam kobaran api yang meluas.

Sebelumnya, para ahli hanya memperkirakan jumlah koala yang mati, namun, selain koala hewan lain juga diyakini telah mati akibat kebakaran itu.

Baca Juga: Dehidrasi Akibat Kebakaran di Hutan, Koala ini Mengejar Pesepeda untuk Meminta Minum

Di antara sejumlah besar reptil, burung dan mamalia adalah sekitar 8.000 koala, diyakini telah mati terbakar di Queensland dan New South Wales.

Lebih dari lima juta hektar lahan telah dikonsumsi oleh lebih dari 100 kebakaran.

Sembilan orang, termasuk petugas pemadam kebakaran sukarela Geoffrey Keaton dan Andrew O'Dwyer dipastikan tewas.

Baca Juga: Terkurung di Dalam Apartemen yang Dilalap Si Jago Merah, Kucing Ini Akhirnya Berhasil Diselamatkan Pemadam Kebakaran, Intip Aksinya!

Menteri Lingkungan Federal, Sussan Ley mengatakan kepada ABC bahwa hingga 30% koala di wilayah itu dapat terbunuh.

"Kami akan tahu lebih banyak ketika api sudah tenang dan penilaian yang tepat dapat dilakukan," ucapnya.

Pada hari Natal, staf di Rumah Sakit Port Macquarie Koala yang menyediakan perawatan penting bagi hewan-hewan yang terluka merawat 72 koala yang terbakar parah.

Baca Juga: Rangkuman Penyelamatan Hewan dalam Kebakaran yang Melanda Australia

Direktur klinis, Cheyne Flanagan, mengatakan kepada Reuters. kami memiliki tim-tim dalam daftar untuk membantu jika ada yang bermasalah dan mereka tersedia dalam 24 jam sehari.

Ekologis, Mark Graham, mengatakan kepada parlemen Australia awal bulan ini bahwa koala benar-benar tidak memiliki kapasitas untuk bergerak cukup cepat untuk melarikan diri ketika api menyebar.

Ia menambahkan, kebakaran telah begitu cepat menyebar sehingga ada banyak kematian hewan di pepohonan.

Reuters

Selain Koala, Sekitar 480 Juta Makhluk Hidup Diperkirakan Telah Mati Akibat Kebakaran Hutan Australia

Baca Juga: Lebih dari 2.000 Koala Mati Setelah Kebakaran Hebat yang Melanda Negara di Belahan Selatan

Ditambah sekarang ada area yang begitu luas yang masih terbakar sehingga mungkin tidak akan pernah menemukan mayat-mayat.

“Kami telah kehilangan begitu banyak habitat koala yang sudah dikenal sehingga saya pikir kami dapat mengatakan tanpa keraguan akan ada penurunan populasi koala yang sedang berlangsung sejak saat ini,” ucap Mark.

Para pencinta lingkungan kini menyerukan agar koala direklasifikasi sebagai terancam punah dari status mereka saat ini sebagai rentan.

Baca Juga: Akibat Kebakaran Hutan di Australia, Diperkirakan 1000 Koala Mati dan Menyebabkan Kepunahan Secara Fungsional

Hutan semak Australia adalah rumah bagi beragam fauna asli, termasuk kanguru, koala, walabi, possum, wombat, dan echidna.

Tracy Burgess, seorang sukarelawan di Layanan Informasi, Penyelamatan dan Pendidikan Margasatwa Australia (WIRES), mengatakan sangat mengkhawatirkan bahwa penyelamat tidak menerima sebanyak mungkin pasien hewan seperti yang mereka harapkan.

"Kami tidak mendapatkan banyak hewan yang dirawat," kata Burgess kepada Reuters saat ia memegang possum brushtail yang terluka.

Baca Juga: Jadi Pahlawan, Anjing Ini Berhasil Selamatkan Koala dari Kebakaran Hutan Australia yang Menelan Banyak Korban!

Ahli reptil, Neville Burns, yang merawat ular hitam berperut merah yang diselamatkan di Blue Mountains, khawatir populasi satwa liar tidak akan pulih selama bertahun-tahun.

"Saya melihat bahwa akan ada kehancuran besar pada populasi reptil di daerah itu dan itu berlaku untuk burung, mamalia, semuanya. Saya pikir kerusakan akan terlihat selama bertahun-tahun," katanya.

Sekitar 1.000 rumah hancur dalam kobaran api.

Reuters

Selain Koala, Sekitar 480 Juta Makhluk Hidup Diperkirakan Telah Mati Akibat Kebakaran Hutan Australia

Baca Juga: Habitatnya Alami Kebakaran Hutan, Koala Kecil Ini Jadi yang Pertama Diselamatkan Meski Alami Dehidrasi dan Cedera

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, dikecam karena berangkat ke Hawaii pada hari libur ketika kehancuran itu terjadi.

Dia kemudian mengatakan dia menyesali pelanggaran apa pun yang disebabkan oleh mengambil cuti dan mengatakan dia akan kembali sesegera mungkin.

Baca Juga: Australia Kebakaran Alami Kebakaran Hutan, Ratusan Koala Dikhawatirkan Terbakar Hidup-hidup

(Mega Khaerani)

Editor : Rebi

Baca Lainnya