Disukai karena Kelezatannya, Keju Ini Hanya Bisa Dibuat di Peternakan Kecil, Diduga karena Meteorit, Kok Bisa?

Senin, 02 Desember 2019 | 08:55
oddity central

keju Västerbottensost

WIKEN.ID-Sama seperti makanan lainnya, keju juga memiliki beragam jenis.

Salah satunya adalah keju Västerbottensost dikenal sebagai "Kaisar Keju" berasal dari Swedia.

Masyarakat disana sangat menyukai rasa dan tekstur krimnya yang rumit sehingga mereka menggunakannya dalam segala jenis makanan.

Namun masyarakat disana sulit mendapatkan keju itu dan sangat beruntung bila mendapatkannya.

Karena Västerbottensost otentik hanya diproduksi di sebuah pabrik kecil di desa Burträsk.

Orang-orang telah mencoba memproduksinya di tempat lain beberapa kali, tetapi hasilnya tidak sama.

Baca Juga: Raffi Ahmad Blak-blakan Ingin Rafathar Mengikuti Jejaknya Menjadi Playboy, Ternyata Ini Alasannya

Rahasia mengapa keju Västerbottensost hanya dapat diproduksi di Burträsk telah disebut sebagai salah satu misteri paling menarik di Swedia.

Selama bertahun-tahun, orang telah mencoba memperluas produksi keju terkenal ini di berbagai bagian negara utara, tetapi tidak berhasil.

Mereka mencoba membuatnya di Falkenberg, sebuah kota di Swedia selatan, di Bollnäs, sebuah pemukiman di Swedia tengah, dan bahkan di kota Umeå, dekat dengan desa Burträsk.

Baca Juga: Demi Dapatkan iPhone 11, Karyawan Anang Hermansyah dan Ashanty Sampai Nabrak Mobil Dishub, Kenapa Ya?

tetapi keju yang dihasilkan tidak terasa seperti aslinya.

Resep dan cara pembuatan tentunya dilakukan, tetapi keju Västerbottensost yang dibuat di Burträsk selalu terasa lebih enak.

Kekhasan tanah atau iklim suatu wilayah telah diketahui memengaruhi rasa atau kualitas umum makanan atau minuman tertentu.

Tetapi dalam kasus Västerbottensost kita berbicara tentang desa kecil, atau menurut beberapa orang, pabrik susu yang sangat kecil.

Baca Juga: Merantau ke Jakarta Tanpa Modal Apapun, Pelawak Ini Rela Tidur di Los Buah Hingga Jual Tas Kresek Demi Menyambung Hidup

Meskipun tidak ada yang tahu persis mengapa Västerbottensost tidak dapat diproduksi di tempat lain, teori-teori berlimpah.

Beberapa percaya bahwa itu disebabkan oleh meteorit yang melanda daerah itu sejak lama, menciptakan sebuah danau di dekat Burträsk dan memperkaya tanah dengan kalsium, yang sekarang memengaruhi susu dan keju yang dijadikannya.

Baca Juga: Cintanya Tak Direstui Saat SMA, Aktris Cantik Ini Rela Kabur Kawin Lari dengan Seorang Mahasiswa: Nggak Patut Dicontoh

Yang lain percaya bahwa rasa unik keju Västerbottensost diberikan oleh rak pohon cemara yang dibiarkan matang selama 14 bulan, atau oleh flora unik di pabrik susu.

Meskipun menggunakan teknik analisis DNA forensik untuk menguraikan hubungan antara Västerbottensost dan pabrik susu Burträsk, para ahli keju tidak dapat memberikan penjelasan yang tidak terbantahkan.

Baca Juga: Hotman Paris Sebut Galih Ginanjar Hidup Pas-pasan di Penjara, Barbie Kumalasari Justru Sudah 60 Persen Mantap Cari Penggantinya: Namanya Juga Cewek Kan!

Ketika pabrik lokal meluas, lubang-lubang besar antara bangunan lama dan yang baru dibiarkan terbuka sehingga udara bisa mengalir bebas, kalau-kalau flora pabrik memang kunci lezatnya keju.

Västerbottensost adalah keju yang matang lambat, membutuhkan setidaknya 14 bulan di rak-rak pabrik susu di Burträsk.

Rasanya yang kompleks dan teksturnya yang creamy membuatnya sangat populer di Swedia, tetapi karena selalu terbatas (sekitar 4.000 ton dibuat per tahun), harganya sekitar dua kali lipat dari keju tua lainnya.(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya