Akibat Kebakaran Hutan di Australia, Diperkirakan 1000 Koala Mati dan Menyebabkan Kepunahan Secara Fungsional

Selasa, 26 November 2019 | 14:05
Visual China Group

Diperkirakan 1000 Koala Mati dan Menyebabkan Kepunahan Secara Fungsional Akibat Kebakaran Hutan Australia

WIKEN.ID -Para ahli kini percaya, kebakaran hutan di Australia telah membuat koala diambang kepunahan.

Diperkirakan 1.000 koala telah mati dalam kobaran api yang telah merusak hutan di bagian Australia timur selama berminggu-minggu.

Petugas pemadam telah berusaha menyelamatkan satwa liar yang terluka dari reruntuhan.

Baca Juga: Habitatnya Alami Kebakaran Hutan, Koala Kecil Ini Jadi yang Pertama Diselamatkan Meski Alami Dehidrasi dan Cedera

Namun, gambar-gambar yang muncul menunjukkan koala yang terbakar dan berlumuran darah berteriak meminta air.

Ketua Yayasan Koala Australia, Deborah Tabart, mengatakan kebakaran telah menghancurkan 80 persen habitat koala, yang telah dilanda kekeringan dan penebangan hutan yang berkepanjangan.

Baca Juga: Australia Kebakaran Alami Kebakaran Hutan, Ratusan Koala Dikhawatirkan Terbakar Hidup-hidup

Tabart mengatakan kepada Daily Mail, "Jika kita menggabungkan semua perkiraan kematian koala dalam kebakaran hutan, mungkin ada 1.000 koala yang telah terbunuh dalam dua bulan terakhir."

Tabart menambahkan mereka bisa saja mengambil pohon kayu putih -sumber utama makanan koala- selama berbulan-bulan untuk dapat menumbuhkan kembali hutan-hutan yang kebakaran.

Dia juga mendesak Perdana Menteri Australia, Scott Morrison untuk mengambil tindakan secepatnya.

Baca Juga: Usianya 150 Hari, Bayi Koala Yatim Piatu Ini Luka Setelah Jatuh dari Pohon, Intip Kisahnya!

Kabakaran yang terjadi di hutan tempat habitat koala membuatnya punah secara fungsional.

Awal bulan ini Tabart menjelaskan apa artinya suatu spesies punah secara fungsional.

Dia mengatakan kepada news.com.au, secara fungsional punah berarti bahwa koala yang hidup hari ini mungkin masih dapat berkembang biak.

Baca Juga: Dikira Kebingungan Hingga Tak Bisa Membedakan, Bayi Koala Ini Malah 'Nemplok' di Punggung Anjing Bukan di Punggung Induknya

Reuters

Diperkirakan 1000 Koala Mati dan Menyebabkan Kepunahan Secara Fungsional Akibat Kebakaran Hutan Australia

Tetapi akibat populasinya yang sedikit kelangsungan hidup mereka di masa depan akan terancam akibat perkawinan sedarah. "Kami pikir tidak ada lebih dari 16-18.000 koala di seluruh New South Wales. Jadi kehilangan populasi sebesar itu di sebuah benteng adalah bencana," ucapnya.

Dengan populasi yang begitu kecil, koala tidak dapat memainkan peran penting dalam ekosistem mereka.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Sekitar Perpustakaan Kepresidenan, Tim Justru Kerahkan 500 Kambing, Ternyata Ini Cara Inovatifnya

Ini terlihat dari penggalangan dana online untuk koala yang terluka telah menerima lebih banyak donasi daripada kampanye lainnya di platform GoFundMe di Australia tahun ini.

Halaman crowdfunding yang dibuat oleh Rumah Sakit Port Macquarie Koala untuk menyediakan stasiun air minum otomatis untuk beruang meminta $ 25.000.

Baca Juga: Kini Nasibnya Terancam Akibat Kebakaran Hutan, Momen Orangutan Pertahankan Rumahnya dari Penebang Hutan Ini Sempat Terekam dan Memilukan!

Tetapi dalam beberapa minggu sumbangan melonjak melewati $ 1 juta, menjadikannya kampanye penggalangan dana terbesar kedua di negara itu sejak GoFundme diluncurkan di sana pada tahun 2016.

Lebih dari 700 penggalangan dana terkait kebakaran hutan diluncurkan pada platform dalam 10 hari terakhir, meningkatkan gabungan total lebih dari £ 1 juta.

Sejauh ini api telah menewaskan enam orang, menghancurkan ratusan rumah dengan total sekitar 3,7 juta hektar tanah sejak Oktober.

Baca Juga: Berita Terpopuler, Wanita Muda Melahirkan di KRL Hingga Bayi Koala yang Tidur Dipelukan Golden Retriever

Reuters

Diperkirakan 1000 Koala Mati dan Menyebabkan Kepunahan Secara Fungsional Akibat Kebakaran Hutan Australia

Rumah sakit koala, di utara Sydney, telah menyelamatkan 31 koala dari kebakaran itu dalam beberapa pekan terakhir.

Pihak rumah sakit itu mengatakan telah diliputi oleh kebaikan, harapan baik dan dukungan dari komunitas baik dari Australia dan internasional.

Mereka berencana untuk menggunakan kelebihan dana untuk mengirim stasiun minum koala ke bagian lain negara bagian.

Baca Juga: Api Membakar Habis Habitat Satwa Liar, Dua Orangutan Ini Jadi Saksi Betapa Memilukannya Kebakaran Hutan, Bergelantungan di Pohon Terakhir

Mereka juga akan membeli kendaraan pengangkut air untuk mengisi kembali stasiun air itu, dan untuk membangun program pemulihan koala.

Luasnya api berarti habitat beruang koala yang tinggal di pohon telah dihancurkan.

Rumah sakit mengatakan bahwa mereka akan membangun Bahtera Koala untuk memulihkan koala sampai mereka cukup baik untuk berkembang biak dan dikembalikan ke alam liar.

AAP

Kebakaran hutan yang terjadi sejak Oktober

Baca Juga: Bosan dengan Pekerjaan Lama, Para WNI Ini Banting Setir jadi Supir Bus di Australia, Kaget Ternyata Diupah 700 Juta per Tahun

(Mega Khaerani)

Editor : Rebi

Baca Lainnya