Rela Potong Gajinya Sendiri Sampai 90%, CEO Ini Berhasil Naikkan Gaji Karyawannya

Senin, 04 November 2019 | 08:40
abc news

Rela Potong Gajinya Sendiri Sampai 90%, CEO Ini Berhasil Naikkan Gaji Karyawannya

WIKEN.ID - Mendapat kenaikan gaji adalah sesuatu yang diinginkan oleh sebagian besar pekerja.

Namun, kenyataannya adalah, kebanyakan orang harus mengganti pekerjaan atau karier mereka jika mereka ingin mendapatkan lebih banyak uang.

Tapi itu tidak berlaku untuk karyawan di Gravity Payments di Seattle, Washington.Gravity Payments adalah perusahaan yang memproses pembayaran kartu kredit.

Di era di mana kompensasi finansial bagi banyak CEO ada dalam kisaran tujuh digit, Gravity Payments CEO Dan Price membuat berita di 2015 dengan keputusannya yang mengagetkan.

Ia secara signifikan memotong gajinya sendiri dari 1 juta dollar Amerika menjadi 100.000 dollar Amerika.

Baca Juga: Temukan Bayi Rusa di Tengah Hutan, Penebang Hutan Ini Malah Dikira sebagai IbunyaNamun, kejutan yang diberikan Dan tidak berhenti di situ.

Sebab ternyata, potongan gaji tersebut diberikan untuk membuat gaji karyawannya naik.

Dan mengumumkan bahwa semua orang di perusahaan akan segera mulai mendapatkan gaji minimum 70.000 dollar Amerika.

"Sebelumnya, saya menghasilkan satu juta dolar per tahun dan orang-orang yang bekerja untuk saya menghasilkan 30.000 dollar per tahun dan itu salah, saya berada masalah," katanya kepada ABC News.

Keputusan Dan ini bermula ketika karyawan Gravity entry-level bernama Jason Haley benar-benar marah.

Haley adalah karyawan berusia 32 tahun yang menghasilkan sekitar 35.000 setahun dollar, dan dia sedang dalam suasana hati yang suram.

Dan telah memperhatikannya, dan ketika dia melihat Haley di luar saat istirahat merokok, dia mendekat. "Sepertinya ada sesuatu yang mengganggumu," katanya. "Apa yang sedang kamu pikirkan?""Kau melukaiku" kata Haley padanya.

inc.com

Rela Potong Gajinya Sendiri Sampai 90%, CEO Ini Berhasil Naikkan Gaji Karyawannya

Baca Juga: Sempat Digosipkan sebagai Anak dari Pria Selingkuhan, Wajah Wanita yang Pernah Dijodohkan dengan Verrel Bramasta Sewaktu Kecil Ini Dikira Operasi PlastikDan terkejut. Haley pemalu, tidak mudah meledak. "Bayaranmu didasarkan pada kurs pasar," kata Dan. "Jika kamu memiliki data yang berbeda, tolong beri tahu aku. Aku tidak punya niat untuk menipu kamu."

Data itu tidak masalah, Haley menjawab, "Kamu sesumbar tentang betapa disiplinnya kamu secara finansial, tetapi itu hanya berarti saya tidak menghasilkan cukup uang untuk menjalani kehidupan yang layak."

Dan berjalan pergi, kaget dan terluka. Dan membanggakan dirinya memperlakukan karyawan dengan baik di Gravity, yang ia dirikan bersama pada tahun 2004 dengan saudaranya, Lucas Price.Akhirnya, dia menyadari alasannya, Haley benar, tidak hanya tentang dibayar rendah, tetapi juga tentang niat Dan.

Selama tiga tahun setelah pertemuannya dengan Haley, Dan membagikan kenaikan tahunan sebesar 20 persen.Gravity Payments baru-baru ini mengakuisisi perusahaan pemrosesan kartu kredit lain yang berkantor pusat di Idaho.

Pada saat pembelian, Dan Price mengumumkan bahwa semua karyawan Idaho yang baru akan langsung mendapat kenaikan 10.000 dollar Amerika.

Itu rencananya akan dilakuan untuk secara bertahap memindahkan mereka ke upah minimum 70.000 dollar dalam waktu lima tahun.

Bloomberg

Rela Potong Gajinya Sendiri Sampai 90%, CEO Ini Berhasil Naikkan Gaji Karyawannya

Baca Juga: Tak Berkabung, Di Afrika Kematian Justru Dirayakan dengan Pesta Pora Hingga Habiskan Biaya Ratusan Juta

Mengingat fakta bahwa sebagian besar karyawan di perusahaan yang baru diakuisisi menghasilkan sekitar 30.000 dollar per tahun, kenaikan 10.000 dollar benar-benar mengubah hidup.Dan mengatakan kepada ABC News bahwa satu karyawan telah mengatakan kepadanya bahwa kenaikan gaji akan memungkinkan mereka untuk bekerja satu pekerjaan, bukan dua.

Itu membuatnya bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka. (*)

Editor : Rebi

Baca Lainnya