Banyak Kucing yang Sakit, Tempat Penampungan Hewan ini Akhirnya Ditutup, Mereka Pun Diberi Beragam Pengobatan

Selasa, 05 November 2019 | 14:00
aspca.org

Penitipan Kucing ditutup menyusul 6 kucing yang sakit.

WIKEN.ID -Midcoast Humane menutup tempat penampungan hewan yang bernama Brunswick untuk umum pada hari Selasa (15/10/19).

Penutupan ini dilakukan setelah sejumlah kucing banyak yang sakit.

"Kami telah melihat gejala (infeksi saluran pernapasan atas, demam, tidak makan) pada beberapa kucing di setiap kamar yang menampung kucing di area adopsi dan lorong. Kami ingin memastikan infeksi itu tidak menyebar lebih jauh," kata Kate McHugh-Westfall, manajer sukarelawan untuk Midcoast Humane yang dikutip WIKEN.ID dariaspca.org.

Mandie Wehr, dokter hewan yang bertanggung jawab atas operasi penampungan, mengatakan jika ada enam dari sekitar 50 kucing yang akan diadopsi di tempat penampungan Range Road memiliki tanda-tanda penyakit pernapasan bagian atas.

Penyakit ini semacam flu.

Sementara jika kucing divaksinasi terhadap infeksi pernafasan hal ini tidak efektif untuk menangkal semua jenis penyakit.

Baca Juga: Tak Kalah Nakal DIbanding Kocheng Oren, Kucing Hitam Ini Malah Berani Buat Pertandingan Sepakbola Berhenti

Dia menyamakan tempat penampungan kucing ini mirip dengan pusat penitipan anak.

Ketika ada satu anak sakit, maka penyakit itu akan segera menyebar ke seluruh ruangan.

"Bukan hal yang aneh bagi kucing untuk mendapatkan infeksi saluran pernapasan atas dan tempat penampungan melihat pilek kucing setiap tahun," kata Wehr.

Wehr menambahkan, yang tidak biasa adalah kucing sakit di keempat kamar adopsi.

Ini adalah pertama kalinya penampungan hewan ada banyak kucing jatuh sakit sekaligus dan karena itu terjadi di area adopsi.

"Kami hanya ingin berhati-hati dan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan kami mengadopsi hewan yang sehat," kata Wehr.

Baca Juga: Usai Digugat Orang Tua Murid karena Anaknya Tidak Naik Kelas dan Pernah Merokok di Kelas, Akhirnya Pihak Sekolah Lakukan Langkah Ini

Kucing dapat membawa dan menyebarkan virus dan mungkin tidak menunjukkan gejala.

"Seringkali mereka akan menunjukkan gejala ketika diperkenalkan ke lingkungan yang penuh tekanan, seperti tempat penampungan hewan atau rumah baru," kata Wehr.

Itu adalah pengingat bagi staf penitipan hewan untuk mendorong para tamu untuk menggunakan pembersih tangan di sela-sela kamar.

Ketika orang mengunjungi tempat penitipan hewan, mereka masuk dan keluar dari kamar, mengelus kucing yang dapat menyebarkan virus dan patogen.

Staf tempat poenitipan hewan akan membersihkan tempat penampungan secara teratur setiap hari Selasa dan Rabu.

Baca Juga: Kawin dengan 5 Betina Sekaligus dalam Satu Malam, Kucing Ini Kelelahan dan Kehabisan Energi Sampai Harus Diinfus

Pembersihan ini untuk melakukan disinfeksi virus atau patogen dan memindahkan hewan untuk membersihkan ruang istirahat.

"Ini juga akan memberi kita kesempatan untuk mendapatkan rencana yang lebih baik, lebih terstruktur sebelum dibuka untuk umum," kata email tersebut.

Adopsi kucing di penampungan ditangguhkan sementara sampai penampungan mengidentifikasi penyakit.

Sampel uji akan dikirim ke laboratorium pada hari Selasa untuk mengkonfirmasi bahwa hewan-hewan tersebut belum terinfeksi virus atau patogen atipikal.

Wehr mengharapkan hasil akhir pekan ini.

Baca Juga: Usai Digugat Orang Tua Murid karena Anaknya Tidak Naik Kelas dan Pernah Merokok di Kelas, Akhirnya Pihak Sekolah Lakukan Langkah Ini

Sementara itu, pengobatan kepada hewan bervariasi seperti memberi cairan, antibiotik dan obat-obatan lain untuk membantu dengan peradangan serta demam tinggi.

"Kami melihat setiap kucing secara individual dan membuat rencana untuk kucing itu," kata Wehr.

"Mahal untuk merawat setiap kucing yang sakit flu," kata Wehr.

Wehr mengharap ada sumbangan yang pasti selalu dihargai.

Wehr mendorong siapa pun yang baru saja mengadopsi kucing yang menunjukkan gejala flu untuk memanggil tempat berteduh.

Baca Juga: Baru Kenal 3 Bulan Tapi Langsung Mantap Menikah, Penyanyi Kawakan Ini Akui Alasan Terakhirnya adalah Nike Ardilla

"Kami juga bekerja untuk memisahkan hewan yang terpapar penyakit ini dari hewan baru yang masuk yang belum terpapar," menurut McHugh- Westfall.

Pengasuh kucing masih dapat menjadi sukarelawan di penampungan selama penutupan dan akan diminta untuk membantu membersihkan.

Mereka juga harus mengenakan peralatan pelindung pribadi seperti sarung tangan, penutup sepatu pelindung dan gaun medis sampai penyakit terkendali.

Semua sukarelawan diingatkan untuk mendisinfeksi tangan mereka setelah menangani setiap hewan yang ada.

Bagi para sukarelawan yang membawa kucing dari rumah, McHugh-Westfall mendesak para sukarelawan untuk mencuci tangan secara menyeluruh sebelum meninggalkan rumah dan berganti pakaian segera setelah mereka pulang dari tempat penampungan.

"Penampungan akan terbuka untuk adopsi anjing secepatnya. Tepat ketika adopsi kucing akan dibuka kembali tergantung pada bagaimana perasaan kucing dan juga hasil lab," kata Wehr. (*) (Mega Khaerani)

Baca Juga: 6 Tahun Putuskan Bercerai, Intip Kemesaraan Lydia Kandou Bersama Jamal Mirdad Hingga Rayakan Natal dan Lebaran Bersama

Editor : Alfa