Rumah Terdakwa Kasus Penipuan Jamaah Umroh Tak Terurus, Sosok Misterius Sekelebat Terlihat oleh Warga

Rabu, 16 Oktober 2019 | 07:45
Ramdhan Triyadi Bempah / KOMPAS.com

Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari Hasibuan, tersangka kasus dugaan penipuan calon jemaah umroh, di kawasan elit, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

WIKEN.ID - Masih ingat dengan pasangan suami istri Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari Hasibuan, tersangka kasus dugaan penipuan calon jemaah umrah?

First Travel menjanjikan calon jemaah diberangkatkan satu tahun setelah pembayaran dilunasi.

Akan tetapi, pada kenyataannya, hingga dua tahun berlalu, para korban tak kunjung diberangkatkan.

Tersangka kasus First Travel akhirnya dijatuhi vonis oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018).

Baca Juga: Rumah Tangganya Diambang Perceraian, Istri Pelawak Ini Hampir Nekat Bunuh Diri Hingga Kehilangan Kembali Calon Buah Hatinya

Direktur Utama First Travel Andika Surachman dijatuhi hukuman penjara 20 tahun dan istri Andika, Anniesa Hasibuan, dijatuhi hukuman penjara 18 tahun.

Keduanya pun diharuskan membayar denda sebesar Rp 10 miliar.

Mereka didakwa atas tindak pidana pencucian uang.

Karena perbuatan mereka, sebanyak lebih dari 60.000 orang calon jemaah tidak diberangkatkan umrah dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 905,33 miliar.

Baca Juga: Usai Didatangi Awkarin di Rumah Kontrakan, Akhirnya Terkuak Sosok Sebenarnya Pengemudi Ojek Online yang Motornya Hilang dan Kena Tipu Rp 660 Ribu

Rumah pasangan Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari Hasibuan, tinggal di kawasan elit, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Rumah mereka tampak mewah dengan gaya arsitektur bangunan rumah yang bergaya eropa klasik.

Sederet pohon pinus menjulang tinggi menghiasi halaman depan rumah.

Rumah itu lebih besar dan mewah daripada rumah tetangga sekitarnya.

Baca Juga: Tak Kuasa Menahan Kesedihan, Anjing Ini Menangis Hingga Menolak Makan Ketika Dipisahkan dengan Ibu Asuhnya

Bagian atap rumah dihiasi kubah.

Pilar-pilar berukuran besar berbalut dinding warna putih mendominasi hampir seluruh rumah itu.

Namun, rumah bak istana itu tampak sepi dan tak terlihat sedikit pun aktivitas di dalamnya.

Kondisi sekitar rumah juga jarang dilalui orang.

Gerbang pintu digembok rapat dan garis polisi sudah melintang tepat di pintu gerbang rumahnya saat rumah itu disita sebagai barang bukti.

Lampu-lampu yang terpasang di depan dibiarkan menyala.

Lalu bagaimana dengan kondisinya saat ini?

Baca Juga: Semenjak Jadi Pendekar Hidupnya Bergelimang Harta, Usai Pensiun Artis Ini Malah Pilih Lakukan Ini Hingga Hidupnya Berantakan

Sejak menjalani masa tahanan, rumah Anniesa Hasibuan di rumah yang berlokasi di Jalan Taman Venesia Selatan, Nomor 99, RT 01 RW 05, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, tak lagi dihuni.

Dikutip dari Tribun Bogor, warga bahkan mengaku takut jika harus melewati rumah mewah bos First Travel tersebut.

Rumput liar telah tumbuh subur di sekitar pekarangan.

Rumah mewah bernuansa klasik dengan dominasi nuansa putih ini memang terlihat sudah lagi tak terawat.

Baca Juga: Akhir Derita Lumba-Lumba yang Dipelihara 15 tahun di Sebuah Hotel di Bali, Ada yang Kehilangan Seluruh Giginya

"Saya mah keluar rumah pas habis maghrib nggak berani nengok ke rumah mewah itu, dari luar aja udah kelihatan seram," ujar salah seorang warga yang tak mau disebutkan namanya.

Tak hanya itu, kejanggalan lain disebut-sebut terdapat sosok monyet misterius yang dilihat oleh warga tengah berkeliling rumah.

"Iya waktu itu teman saya pernah lihat ada monyet siang hari, nggak tau monyet dari mana," ungkap salah seorang pria yang merupakan warga sekitar.

"Saya pernah masuk ke area rumah itu mendampingi petugas dari pengadilan yang mau memeriksa kondisi rumah, saat itu saya coba cari-cari tapi nggak ketemu monyetnya," imbuhnya. (*)

Baca Juga: Usai Didatangi Awkarin di Rumah Kontrakan, Akhirnya Terkuak Sosok Sebenarnya Pengemudi Ojek Online yang Motornya Hilang dan Kena Tipu Rp 660 Ribu

Editor : Alfa