Video Menegangkan Detik-detik Pilot dan Penumpang Pesawat Berhasil Menyelamatkan Diri dari dalam Pesawat yang Jatuh ke Tengah Lautan

Jumat, 23 Agustus 2019 | 12:00

WIKEN.ID - Beberapa waktu lalu beredar video pilot dan penumpang pesawat kecil berhasil menyelamatkan diri usai pesawat yang ditumpanginya jatuh di lautan.

Sebelum berhasil menyelamatkan diri, dalam video tersebut juga terekam detik-detik pesawat tersebut jatuh di lautan.

Pesawat tersebut diketahui jatuh di lepas pantai California Utara, Amerika Serikat, Selasa lalu (20/8/2019).

Baca Juga: Tak Hanya Punya Empati Tinggi, Gajah Juga Ternyata Punya Kemampuan Pecahkan Masalah, Video Ini Buktinya!

Baca Juga: Anak Pertama Baginya dan Keempat Untuk Ahok, Video Ini Tangkap Perubahan Perut Puput Nastiti Devi yang Kian Membesar

Pesawat dengan jenis Beech Bonanza ini jatuh di sebuah teluk Half Moon yang berada di Selatan San Francisco, California pada pukul 18.00 waktu setempat.

Diketahui, awalnya ada dua pesawat yang terbang berdekatan.

Saat satu pesawat terjatuh, pilot pesawat lainnya segera menghubungi pengawas menara udara untuk melaporkan kejadian tersebut.

Atas laporan yang cepat dari pilot pesawat mengenai kejadian tersebut, penjaga pantai yang ada di sekitar lokasi kejadian dengan cepat menuju ke sana.

Pilot helikopter, Letnan Cmdr. Joshua Murphy mengatakan bahwa ia mengapresiasi penjaga pantai tersebut karena bisa menyelamatkan dua orang korban jatuhnya pesawat.

Reporter dari NBC Bay Area, Ian Cull juga mengunggah sebuah video yang memperlihatkan detik-detik jatuhnya pesawat di akun Twitter miliknya @NBCian pada Selasa (20/8/2019).

"UPDATE: Ini adalah video saat pesawat jatuh di teluk Half Moon. Pilot dan penumbang dalam keadaan baik, Teman saya yang merekam kejadian tersebut dari pesawat barunya," tulis @NBCian.

Baca Juga: Usai Video Tendang Kepala Sang Ibunda Anak Ini Ditahan Polisi, Begini Nasibnya!

Baca Juga: Pesawat Tabrakan dengan Kawanan Burung, Pilot Ini Berhasil Lakukan Pendaratan Darurat yang Menakjubkan dan Selamatkan Ratusan Nyawa, Lihat Videonya!

Pilot pesawat yang bernama David Lesh bersama temannya berhasil keluar saat pesawat mulai tenggelam ke dalam laut.

Menurut informasi dari penjaga pantai, dua orang penumpang pesawat berhasil diselamatkan dari lautan menggunakan helikopter.

Dua korban pesawat jatuh, satu pria dan satu wanita diinformasikan dalam kondisi yang baik.

Keduanya tidak terluka dan menolak untuk menerima perawatan medis.

David Lesh juga menceritakan mengenai kejadian pesawat jatuh tersebut.

Lesh mengatakan bahwa ia tengah terbang dan mengambil gambar dari atas saat tiba-tiba pesawat jatuh karena kehilangan tenaga di ketinggian 2.000 kaki.

"Saya tahu, kami hanya memiliki 20 sampai 30 detik sebelum pesawat tenggelam," ujar Lesh.

Setelahnya Lesh menginstruksikan temannya untuk membuka pintu dan memegang benda apapun yang bisa mengapung.

Lesh mengungkapkan mereka tidak terluka, namun kedinginan karena air laut dan juga tersengat ubur-ubur.

Menurut Lesh insiden ini terjadi karena masalah bahan bakar, ia juga mengatakan bahwa mendarat di air hanya memberikan dampak yang kecil.

Baca Juga: Pesawat Tabrakan dengan Kawanan Burung, Pilot Ini Berhasil Lakukan Pendaratan Darurat yang Menakjubkan dan Selamatkan Ratusan Nyawa, Lihat Videonya!

Baca Juga: Demi Selamatkan Balita yang Terkunci di dalam Mobil, Bocah Lelaki Ini Hancurkan Kaca Mobil, Ini Video Reka Ulangnya

Sedangkan temannya di pesawat lain, Owen Leipelt, mengatakan kepada NBC Bay Area bahwa ia sedang mengitari lokasi insiden tersebut dan menyalakan radio pesawat, saat pesawat jatuh itu mulai bermasalah.

"Kau akan terkejut saat mendengar, 'Mayday, saya tidak punya daya'. Itu adalah sesuatu yang tidak ingin kau dengar, dan dalam hitungan detik pesawat jatuh," jelas Leipelt.

Leipelt mengatakan bahwa Lesh mulai memanggilnya 10 menit kemudian setelah pesawat jatuh.

"Saya tidak pernah merasa selega itu dalam hidup saya," ujar Leipelt.

Sementara itu, Sheriff San Mateo County menyatakan, mereka tengah menyelidiki penyebab sebenarnya mengapa pesawat tersebut bisa jatuh ke laut.

(*)

Editor : Pipit