Kisah Aksi Anjing Pemberani Penerima Medali Penghargaan, 9 Tahun Menyelamatkan Orang

Selasa, 09 April 2019 | 12:30
SWNS

Anjing polisi Ozzy mendapatkan medali Emas PDSA

WIKEN.ID - Anjing polisi yang bernama Ozzy menerima Medali Emas PDSA atas keberaniannya dan tindakan menyelamatkan nyawa manusia.

PDSA (People's Dispensary for Sick Animals) adalah sebuah lembaga kemanusian.

Anjing Ozzy bahkan pernah menyergap seorang penyerang bersenjata yang mengancam akan meledakkan satu blok apartemen.

Sebelum pensiun, anjiing Ozzy yang berusia sembilan tahun telah bekerja untuk Polisi Skotlandia.

Pada tahun 2015, Ozzy dan pawangnya, polisi Constable Brian Tennant, dipanggil ke sebuah insiden di sebuah flat di Falkirk.

Baca Juga : Miris, Ditinggal Suami dan Tak Punya Uang, Wanita Tua Ini Hidup dengan 11 Anjing dan Hanya Memberi Mereka Makan Roti

Di flat itu ada seorang pria telah menyerang dua orang dengan menggunakan pisau.

Setibanya di sana, polisi dan anjing Ozzy mendapati pria itu telah memutus pipa gas dan mengancam akan meledakkan gedung.

Penghuni flat kemudian dievakuasi dan meninggalkan gedung.

Setelah itu anjing Ozzy memasuki gedung.

Baca Juga : Serupa dengan Kisah Hachiko, Anjing Ini Setia Meringkuk Disamping Jenazah Majikannya yang Tewas, Intip Video Mengharukannya!

Pria penyerang yang bersenjata kemudian menyerang polisi dan anjing Ozzy.

Ia meneriaki ancaman sambil mencoba menyalakan gas dengan korek api.

Setelah memperingatkan si penyerang, polisi dan pawang melepaskan Ozzy.

Anjing Ozzy lalu yang menjerat pria penyerang itu ke tanah dan kemudian ditangkap.

Atas hasil kerja keras ini, anjing Ozzy bisa mencegah pria penyerang melukai dirinya sendiri dan orang lain melalui aksi peledakan bangunan.

Baca Juga : Orangtua Ini Tak Percaya Saat Melihat Kelakuan Anjing Mereka Lewat CCTV, Terlalu Menggemaskan!Ozzy sekarang telah pensiun dari kepolisian dan PC Tennant mengatakan kehormatannya adalah penghormatan yang pantas untuk layanan garis depannya.Ozzy telah menjadi anjing polisi yang setia dan patut dicontoh sepanjang karirnya.

"Dia telah membantu dengan menangkap banyak penjahat, menyelamatkan nyawa dan mencegah cedera yang tak terhitung jumlahnya kepada anggota masyarakat dan sesama petugas polisi.""Menerima Medali Emas PDSA adalah akhir yang pas untuk karirnya yang terhormat, aku sangat bangga padanya," ujar polisi yang menjadi pawang Ozzy, Constable Brian Tennant yang dikutip dari express.co.uk.

Baca Juga : Inilah Aksi Ken-kun, Anjing Penunggu Kedai Ubi Panggang di Jepang

Selain Ozzy, ada juga anjing lain yang berprestasi.

Pada 2012, Sweep menjadi satu-satunya anjing pendeteksi racun di Inggris.

Anjing ini dilatih untuk menemukan carbofuran, racun terlarang mematikan yang digunakan untuk mengincar burung pemangsa.

Anjing Sweep pensiun pada tahun 2015.

Selama dinasnya, anjing Sweep telah menyelesaikan sekitar 100 pencarian, menemukan senjata berbahaya, obat-obatan, dan racun dari jalanan.

Baca Juga : Pelihara Anjing, Satu Keluarga Malah Digigit Saat Memandikannya

Mengomentari penghargaan, Direktur Jenderal PDSA Jan McLoughlin mengatakan, “Di antara mereka, ketiga anjing yang luar biasa ini telah menunjukkan dedikasi, keberanian, dan karakter yang luar biasa.

Mengomentari penghargaan yang diterima Ozzy, Direktur Jenderal PDSA Jan McLoughlin mengatakan, “Di antara mereka, ketiga anjing yang luar biasa ini telah menunjukkan dedikasi, keberanian, dan karakter yang luar biasa.

"Mereka unggul dengan cara yang berbeda tetapi setiap kisah menunjukkan kontribusi besar yang diberikan hewan pada kehidupan kita.“Saya merasa sangat bangga memberikan Ozzy, Sweep, dan Sabby, tiga anjing yang benar-benar luar biasa dengan Medali PDSA mereka.

Baca Juga : Inspiratif! Awalnya Mengira Bayi Anjing Laut, Para Nelayan Selamatkan Hewan yang Kelaparan dan Ketakutan dari Atas Gunung Es

"Setiap kisah mereka unik dan istimewa, tetapi mereka semua telah membuat dampak positif yang sangat besar pada kehidupan orang-orang di Skotlandia."

Polisi Skotlandia, Asisten Kepala Polisi Bernard Higgin, menambahkan, "Anjing polisi memainkan peran penting dalam mendukung petugas kami dalam menjaga orang-orang agar tetap aman, seperti yang ditunjukkan oleh penghargaan ini""Anjing-anjing kami dan para pawangnya melakukan banyak peran, apakah itu mencari orang hilang, mencari obat-obatan terlarang, uang, racun atau bahan peledak. Jelas bahwa mereka adalah tim yang berani dan tak kenal takut dan penghargaan untuk Ozzy dan Sweep cukup menunjukkan itu," ujarnya.

Baca Juga : Viral, Foto Sampah Plastik Bungkus Indomie Berusia 19 Tahun

Anjng Ozzy adalah anjing berjenis German shepherd atau dikenal anjing herder.

Sebagai anjing gembala ia dikenal cerdas namun penurut.

Anjing ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar anjing paling cerdas versi American Kennel Club.

Anjing ini relatif tidak memiliki variasi warna, yaitu coklat dengan variasi hitam.

Dahulu, anjing Gembala Jerman sering digunakan untuk menggembalakan domba.

Secara fisik, anjing German shepherd memiliki bobot antara 30-40 kg dengan tinggi badan 55-60 cm. (*)

Baca Juga : Viral Hingga India, Lihat Kreatifnya Orang Indonesia yang Mengcover Video Klip Kuch Kuch Hota Hai

Editor : Alfa