Tagar #AmplopLuhutAdaMaunya Trending, Ini Video Saat Luhut Panjaitan Beri Amplop untuk Kyai di Madura

Rabu, 03 April 2019 | 13:13
Tribunnews

Penjelasan GP Ansor terkait video Luhut beri amplop pada Kyai Zubair

WIKEN.ID - Tagar #AmplopLuhutAdaMaunya menjadi trending di Twitter pada Rabu, (3/4/2019).

Pada pukul 09.00 WIB saja, sudah hampir 30 ribu cuitan yang ditulikan di media sosial Twitter.Tagar ini dimulai setelah beredar video Luhut Panjaitan yang memberikan amplop putih pada Kyai Zubair Muntasor di Madura.

Kolase Tribunnews
Kolase Tribunnews

Tagar AmplopLuhutAdaMaunya Trending Twitter pada Rabu (3/4/2019)

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @andiarief__ yang menampilkan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, sedang sowan ke kyai Zubair Muntasor di Madura, Jawa Timur.

Baca Juga : Viral Video Bayi Baru Lahir Langsung Berusaha Jalan, Dokter Sampai Kaget!

Video itu kemudian diberi keterangan "ini cara Jokowi membeli suara".

Pemilik akun Twitter itu ternyata adalah Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief.

Dua politisi pendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno Fadli Zon dan Priyo Budi Santoso juga ikut berkicau tentang tagar ini.

Video itu menjadi viral lantaran Luhut melakukan salam tempel berupa amplop kepada kyai.

Baca Juga : Mengingat Kembali Deepwater Horizon, Bencana Lingkungan Terbesar Abad Ini Luhut meminta dukungan Kyai untuk mendukung pasangan calon nomor urut 01, Jokowi - Amin untuk pilpres 2019.

Namun, ia menjelaskan tujuannya berkunjung pada Kyai adalah untuk bersilaturahmi.Lebih lanjut pada video tersebut, Luhut sempat memberikan amplop berwarna putih.

Warganet pun mempertanyakan maksud dan tujuan Luhut memberikan amplop pada Kyai Zubair.

Baca Juga : Mengingat Kembali Deepwater Horizon, Bencana Lingkungan Terbesar Abad IniSedangkan Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim menegaskan jika pemberian amplop tersebut jangan disangkutkan pada politik atau dipolitisir.Dikutip dari Surya Malang, Husnul Hakim menjelaskan jika pemberian 'salam tempel' saat berkunjung ke kyai sudah menjadi tradisi.

Biasanya, pemberian amplop diniatkan santri untuk titip pada kyai dalam perjuangan.

Husnul meminta agar pihak-pihak lain tidak memanfaatkan situasi dengan mempolitisir silaturahmi yang dilakukan Luhut ke kediaman Kyai Zubair Muntasor.

Baca Juga : Sempat Jadi Pasangan Serasi, Video 10 Tahun Silam Ini Bukti Luna Maya Tak Malu Minta Dicium Ariel Noah di Depan Umum"Jangan dipolitisir, kasihan marwah kyai apalagi kyai Zubair Muntasor adalah kyai sepuh Madura. Apa yang dilakukan Pak Luhut mungkin hanya sekadar sedikit membantu biaya perawatan beliau, dan pak Luhut paham dengan tradisi santri Jawa Timur," jelasnya.Lebih lanjut, Husnul mengungkapkan bahwa selama ini Luhut memang dekat dengan para kyai di Jawa Timur.Kedekatan itu kata dia, tidak hanya terjalin dengan kyai tetapi juga dengan lembaga di bawah NU seperti Muslimat dan Ansor.

(*)

Editor : Hikmah

Baca Lainnya