Follow Us

Sedih! Ternyata Lebih dari 50 Persen Pekerja Indonesia Kehilangan Pekerjaan Saat Pandemi

None - Kamis, 08 Oktober 2020 | 10:40
ilustrasi wawancara kerja
foto: freepik.com

ilustrasi wawancara kerja

Wiken.id - Pandemi corona (covid-19) diduga berdampak pada kelangsungan pekerjaan para pekerja di Indonesia.

Dugaan ini berdasar pada temuan survei yang disampaikan ke publik pada acara bincang virtual, Rabu (7/10).

Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim mengatakan, berdasarkan hasil survei Jobstreet, sebanyak lebih dari 50% responden kehilangan pekerjaan atau pun diberhentikan sementara dari pekerjaan mereka.

Sementara 43% dari responden mengalami pengurangan gaji hingga lebih dari 30%.

Baca Juga: Google Web Stories, Fitur Pencarian Terbaru Dari Stories Instagram

“Dari survei ini juga, terlihat bahwa industri yang paling terdampak oleh pandemi adalah perhotelan/catering, pariwisata, pakaian, makanan dan minuman, serta arsitektur dan konstruksi,” imbuh Faridah sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/10).

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan terhadap sebanyak 5.000 responden yang terdiri atas karyawan, pencari kerja, dan perekrut di Indonesia. Survei tersebut dilakukan pada Mei 2020 lalu.

Dampak pandemi terhadap kelangsungan pekerjaan juga tergambar dalam temuan survei Jobstreet sejalan dengan hasil survei persepsi yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Berpartisipasi dalam acara yang sama, Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan Badan Pusat Statistik, Nurma Midayanti mengungkapkan bahwa saat ini hanya 56,40% responden yang masih tetap bekerja.

Halaman selanjutnya >>>

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest