Follow Us

Kisah Jet Tempur dari Israel, Diduga Ada Kekuatan Lain, Sudah Diperbaiki Namun Masih Tak Berfungsing Pak Komandan Akhirnya Gunakan Kepala Kerbau

Pipit - Rabu, 01 Juli 2020 | 10:45
A-4-Skyhawk
Wikipedia

A-4-Skyhawk

WIKEN.ID - Pada 1980-an para personel Komando Pemeliharaan Materiil TNI AU (Koharmatau) khususnya Depo Pemeliharaan (Depohar) 30 yang bermarkas di Malang, Jawa Timur menjalankan program untuk meningkatkan kemampuan teknologi (refurbhising) jet-jet tempur A-4 Skyhwak.

Baca Juga: Tembok Rumah Sampai Gosong dan Mobilnya Meledak, Sosok Orang yang Diduga Membakar Mobil Via Vallen Malah Pura-pura Gila

Puluhan jet tempur yang dikirim dari Israel secara rahasia dan aslinya merupakan produksi AS itu ketika tiba di Indonesia sejumlah komponennya ternyata sudah banyak dimodifikasi oleh Israel.

Akibat modifikasi yang dilakukan ada sejumlah komponen yang tidak tertera dalam buku panduan A-4 yang tebalnya ribuan halaman itu.

Ketika berupaya melakukan refurbishing itu para teknisi Depohar 30 harus memutar otak dan mengerahkan semua kemampuannya.

Suatu kali ada satu jet tempur A-4 yang sudah lama digarap tetapi tidak selesai-selesai juga.

Anehnya ketika dilakukan pemeriksaan kondisi A-4 yang sudah menjalani program refurbishing baik-baik saja.

Baca Juga: Ivan Gunawan Ngaku Sudah Setahun Lebih Menikah dengan Ayu Ting Ting, Respon Ibunda Bilqis Ini Jadi Perhatian

Namun setelah akan dilakukan tes mesin di darat dalam kondisi statis (ground run) selalu timbul masalah teknis yang sering berulang.

Komandan Depohar 30 yang merasa gerah dengan perbaikan jet tempur A-4 yang tak kunjung kelar pun mulai curiga adanya "kekuatan lain" yang mempengaruhi kinerja para anak buahnya.

Pak Komandan Depohar 30 pun diam-diam berinisiatif melakukan upaya tradisional berupa penanaman kepala kerbau yang lokasinya berada di depan hangar pesawat Satuan Pemeliharaan 32.

Editor : Pipit

Latest