Merawat Hewan Peliharaan Jadi Pendeteksi, Anak Suka Menyiksa Binatang, Jadi Tanda Kelak akan Jadi Pembunuh?

Sabtu, 05 November 2022 | 20:11
Tribunnews

Si Kecil Suka Menyiksa Binatang, Apakah Benar Kelak Dia akan Jadi Pembunuh?

WIKEN.ID -Saat mempunyai hewan peliharaan kucing atau anjing kita merasa tidak kesepian lagi.

Namun perlu diingat, merawat hewan peliharaan di rumah dibutuhkan perhatian khusus mulai dari makanan hingga kesehatan fisik serta mentalnya.

Terlepas dari itu, tak sedikit anak-anak yang gemas dengan hewan peliharaan.

Rasanya anak di usia balita belum bisaberfikir tentang apa yang dirasakan makhluk lain termasuk binatang.

Beberapa dari anak kecil melakukan kekerasan terhadap hewan.

Nah, dilansir dari Intisari, Terganggu oleh tangisan bernada tinggi, ibu Christopher yang berusia tiga tahun berjalan ke ruang tamu dan mendapati anaknya sedang mengayunkan anak kucing dari ekornya.

Pengasuh John, 5, menyaksikan John berulang kali meniup terompet keras-keras ke telinga anjingnya, menertawakan kesedihan hewan itu.

Kakak lelaki Liam, 10, melihat adiknya memegang korek api menyala di kaki marmut peliharaan keluarga.

Ilustrasi di atas, sama halnya yang dilakukan oleh RMY (11) asal Cianjur, Jawa Barat yang memiliki kebiasaan berburu binatang di sekitar rumahnya untuk diajak bermain hingga binatang itu mati dicekik atau digigitnya.

Dikutip dari Kompas.com, ibu kandung RMY, Cucu, mengatakan kebiasaan anaknya menganiaya biantang mulai terlihat sejak ia berusia enam tahun.

Sejak 1970-an, penelitian telah secara konsisten melaporkan kekejaman terhadap binatang sebagai tanda peringatan pertama dari kenakalan, kekerasan, dan perilaku kriminal.

Faktanya, hampir semua pelaku kejahatan kekerasan memiliki sejarah kekejaman terhadap hewan di profil mereka.

Albert deSalvo, Pencekik Boston dinyatakan bersalah karena membunuh 13 wanita, menembakkan panah melalui anjing dan kucing yang ia jebak saat anak-anak.

Baca Juga:Berita Terpopuler, Terkuak Sosok Pria yang Akan Menikahi Luna Maya Hingga 4 Kisah Pengkhianatan Artis Ibu Kota yang Sempat Bikin Heboh dan Banyak Dihujat

Penembak Columbine Eric Harris dan Dylan Klebold membual tentang memotong-motong binatang untuk bersenang-senang.

Pada saat yang sama, sebagian besar orang tua kesal dengan beberapa bentuk kekejaman masa kanak-kanak terhadap hewan, apakah itu menarik kaki serangga atau duduk di atas anak anjing.

Kita selalu ingin memahami mengapa setiap anak selalu berperilaku menganiaya seekor binatang.

Lalu, kapan kita harus khawatir? Di mana garis antara pembunuh berantai pemula seperti Jeffrey Dahmer dan keingintahuan dan eksperimen yang normal?

Motivasi di balik kekejaman terhadap hewan

Paling umum, anak-anak yang menyalahgunakan hewan menyaksikan atau mengalami pelecehan sendiri.

Misalnya, statistik menunjukkan bahwa 30 persen anak-anak yang menyaksikan kekerasan dalam rumah tangga melakukan kekerasan serupa terhadap hewan peliharaan mereka.

Faktanya, hubungan antara pelecehan hewan dan kekerasan antarpribadi sudah sangat terkenal sehingga banyak komunitas A.S. sekarang melakukan lintas kereta layanan sosial dan badan pengontrol hewan dalam cara mengenali tanda-tanda pelecehan hewan sebagai indikator yang mungkin dari perilaku kasar lainnya.

Sementara motivasi masa kecil dan remaja untuk kekejaman terhadap hewan belum diteliti dengan baik, dari hasil wawancara menyatakan sejumlah motivasi tambahan yang terkait dengan hal tersebut.

Baca Juga:Bikin Ussy Sulistiawaty Teriak Allahuakbar, Ternyata Segini Uang Bulanan Nathalie Holscher dari Sule: Aku Aja Syok

Dilansir dari psychologytoday, berikut ini motivasi yang mendorong anak-anak melakukan kekejaman terhadap hewan tersebut.

- Keingintahuan atau penjelajahan (mis., Hewan itu terluka atau terbunuh dalam proses pemeriksaan, biasanya oleh anak kecil atau anak yang mengalami keterlambatan perkembangan).

- Tekanan teman (mis., teman sebaya mendorong melakukan kekejaman terhadap hewan atau mewajibkannya sebagai bagian dari ritual pengakuan diri).

- Peningkatan suasana hati (mis., Penyalahgunaan hewan digunakan untuk mengurangi kebosanan atau depresi).

- Gratifikasi seksual (mis., Bestiality).

- Pelecehan paksa (yaitu, anak dipaksa menjadi pelecehan hewan oleh individu yang lebih kuat).

- Lampiran pada seekor binatang (mis., Anak membunuh seekor binatang untuk mencegah penyiksaan oleh individu lain).

- Fobia hewan (yang menyebabkan serangan pencegahan pada hewan yang ditakuti).

- Identifikasi dengan pelaku kekerasan pada anak (mis., Anak yang menjadi korban dapat mencoba mendapatkan kembali kekuatan dengan mengorbankan hewan yang lebih rentan).

Baca Juga:Pernah Dikabarkan akan Balikan dengan Evelin, di Video Ini Aming Justru Asyik Bermesraan dengan 'Pria' Lain, Netizen: Ga Kaget!

- Permainan pasca-trauma (mis., menampilkan kembali episode kekerasan dengan korban hewan).

- Imitasi (mis., meniru "disiplin" hewan orang tua atau orang dewasa lainnya).

- melukai diri sendiri (yaitu, menggunakan hewan untuk menimbulkan cedera pada tubuh anak itu sendiri).

- Latihan untuk kekerasan interpersonal (mis., "Mempraktekkan" kekerasan pada hewan atau hewan peliharaan sebelum melakukan tindakan kekerasan terhadap orang lain).

- Kendaraan untuk pelecehan emosional (misalnya, melukai hewan peliharaan saudara kandung untuk menakuti saudara kandung),

Adakah jenis pelaku kekerasan tersebut pada anak-anak?

Tidak ada tipologi formal apa pun yang ada untuk anak-anak yang melakukan kekejaman terhadap hewan.

Namun, pedoman berikut ini mencoba menilai apakah masalahnya serius atau mudah ditangani. Perlu dicatat, ini adalah pedoman dan setiap situasi harus dievaluasi secara individual.

Baca Juga:Akhirnya! Terkuak Begini Sosok Pria yang Akan Menikah dengan Luna Maya, Marcel Wenn: Seorang Pengusaha

1. Eksperimen: (usia 1-6 atau mengalami keterlambatan perkembangan).

Ini biasanya dilakukan oleh anak prasekolah yang belum mengembangkan kematangan kognitif untuk memahami bahwa hewan memiliki perasaan dan tidak diperlakukan sebagai mainan.

Bisa jadi mungkin hewan peliharaan pertama anak atau dia tidak memiliki banyak pengalaman atau pelatihan tentang cara merawat berbagai hewan.

Apa yang harus dilakukan: Tentu saja, ini tergantung pada usia dan perkembangan anak.

Namun, secara umum, jelaskan kepada anak itu bahwa tidak boleh memukul atau menganiaya binatang, sama seperti tidak memukul atau menganiaya anak lain. Intervensi pendidikan yang manusiawi (mengajar anak-anak untuk bersikap baik hati, peduli, dan mengasuh hewan) oleh orang tua, penyedia pengasuhan anak, dan guru cenderung memadai untuk mendorong penghentian penyalahgunaan hewan pada anak-anak ini.

2. Penyalahgunaan "Cry-for-Help": (usia 6 atau 7 - 12).

Usia ini saatnya anak yang secara intelektual memahami bahwa menyakiti binatang tidak baik.

Perilaku ini bukan karena kurangnya pendidikan, sebaliknya, pelecehan hewan lebih cenderung menjadi gejala masalah psikologis yang lebih dalam.

Seperti dicatat sebelumnya, sejumlah penelitian telah mengaitkan pelecehan hewan pada masa kanak-kanak dengan kekerasan dalam rumah tangga di rumah serta kekerasan fisik atau seksual pada masa kanak-kanak.

Apa yang harus dilakukan: Mencari bantuan profesional. Kemampuan orangtua untuk menghadapi banyak pasang surut normal pengasuhan anak tanpa bantuan profesional, merupakan pengecualian.

Bukanlah hal yang "normal" bagi anak seusia ini untuk menganiaya hewan dengan sengaja.

Baca Juga:Sempat Diisukan Balikan dengan Evelin, di Video Ini Aming Justru Kepergok 'Bermesraan' dengan Pria Lain, Netizen: Kemaren Pencitraan

3. Pelaku Perilaku Gangguan: ( usia 12+)

Remaja yang menyalahgunakan hewan hampir selalu terlibat dalam perilaku antisosial lainnya, penyalahgunaan zat, aktivitas geng.

Kadang-kadang pelecehan hewan ini dilakukan bersamaan dengan kelompok teman sebaya yang menyimpang (ritual inisiasi atau sebagai akibat dari tekanan teman sebaya), sementara di waktu lain hal itu dapat digunakan sebagai cara untuk mengurangi kebosanan atau mencapai rasa kontrol.

Apa yang harus dilakukan: Dapatkan bantuan profesional segera. Jika memungkinkan, mintalah dukungan teman, anggota keluarga, bahkan guru.

Perlu diingat

Setiap tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap hewan bukanlah tanda bahwa seseorang akan berubah menjadi maniak pembunuh.

Terutama pada anak-anak kecil, yang memiliki rasa keingintahuan yang alami, yang mungkin tidak menyenangkan bagi hewan peliharaan mereka.

Meski diabaikan perilaku mereka, kita tetap terus mendidik anak tentang perawatan hewan yang manusiawi.

Namun, mengunci hewan peliharaan di dalam ruang tertutup, dengan keras menampar hewan peliharaan setelah mendapat masalah dengan orang tua, atau senang menonton binatang kesakitan adalah "tanda bahaya" yang menandakan perlunya intervensi profesional.

Ini terutama benar ketika anak memiliki kematangan kognitif untuk memahami bahwa apa yang dia lakukan salah, namun berulang kali tetap melakukannya.

Baca Juga:Jual Mobil Mewahnya, Intip Cara Arief Muhammad Gerakkan Netizen untuk Merayu Taqy Malik: Ingetin Beli BMW Gue

Artikel ini pernah tayang di Intisari dengan judulKetika Anak Suka Menyiksa Binatang, Benarkah Kelak Dia akan Jadi Maniak Pembunuh?

Editor : Amel