Merawat Hewan Peliharaan, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Anjing Dikenal Sebagai Hewan Setia

Rabu, 05 Oktober 2022 | 06:08
Freepik

Merawat hewan peliharaan, ternyata ada penelitian anjing hewan yang setia. Simak penjelasannya

WIKEN.ID-Ketika memutuskan untuk merawat hewan peliharaan anjing, kamu tentunya tahu jika anjing merupakan hewan yang setia.

Anjing bahkan bisa begitu protektif pada pemiliknya.

Anjing juga dikenal sebagai hewan yang bisa memahami emosi dan perasaan manusia.

Ternyata kesetiaan merupakan perilaku alami dari seekor anjing, hal ini berkembang sejak lama.

Dilansir dari Psychology Today, anjing mengembangkan kemampuan berempati dari interaksinya dengan manusia.

Anjing bahkan bisa memahami bahasa tubuh dan ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia dan menjadi cara anjing untuk bisa berkomunikasi dengan manusia di dekatnya.

Anjing adalah hewan yang secara alami punya sifat penyayang dan punya naluri untuk terikat dengan hal-hal di sekitarnya.

Sama halnya seperti manusia, anjing diketahui punya keinginan untuk mencintai dan dicintai oleh orang atau kelompok di dekatnya.

Anjing dan sifat protektifnya juga menjadi bentuk sifat penyayang alami yang dimilikki anjing.

Baca Juga: Berikan Makanan Selama Bertahun-tahun, Pria Ini Dapatkan Hadiah Terima Kasih dari Kawanan Burung Ini

Anjing memberikan kasih sayang sebesar kasih sayang yang diterimanya dalam bentuk kesetiaan juga kepatuhan.

Jika dulunya anjing banyak dimanfaatkan sebagai teman berburu, kini ketika manusia modern tak lagi terlalu sering berburu dan banyak menetap, proses domestikasi anjing lalu berubah jadi hubungan persahabatan.

Ikatan sosial yang terbentuk dari interaksi setiap hari antara anjing dan manusia terjadi lewat belaian, dialog, hingga tatapan.

Ketika interaksi ini terjadi maka akan dihasilkan hormon oksitosin yaitu sebuah hormon bahagia yang baik tak hanya untuk manusia tapi juga berdampak sama pada anjing.

Hormon oksitosin berperan dalam proses menjinakkan anjing dan menumbuhkan perasaan terikat dan rasa percaya dalam diri anjing sehingga hewan ini jadi setia dan penyayang pada pemiliknya.

Ternyata kesetiaan anjing bisa dijelaskan secara ilmiah dan merupakan hasil dari interaksinya dengan manusia dari waktu ke waktu.

Anjing yang ditumbuhkan dengan kasih sayang akan membalas kembali kasih sayang yang diberikan padanya dengan setia pada pemiliknya.(*)

Baca Juga: Demi Konten dan Viewers Rela Lakukan Apapun, Pria Ini Tewas Saat Siarang Langsung Usai Memakan Hewan Ini Hidup-hidup

Editor : Agnes

Baca Lainnya